Sukses

Beauty

Tetap Awet Muda, Cegah Penuaan Dini dengan Microneedling

Fimela.com, Jakarta Keriput dapat membuat seseorang menjadi tak percaya diri karena kulit tampak kendur dan terlihat menua. Garis-garis pada wajah ini bisa banyak penyebabnya, tak hanya faktor usia saja. Pola makan hingga gaya hidup bisa menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan garis halus atau keriput. Mencegah maupun menghilangkan keriput bisa dilakukan, salah satunya dengan microneedling.

Microneedling atau yang disebut juga Microneedle Therapy System (MTS) adalah sebuah perawatan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dengan cara menstimulasi produksi kolagen dan elastin, dua protein penting yang membuat kulit lebih sehat dan terlihat lebih muda. Perawatan semacam ini biasanya ada pada klinik-klinik kecantikan.

Bila mencari klinik kecantikan yang menyediakan microneedling di bilangan Sunter, Jakarta Utara, ada Yugen Clinic. Saat melakukan perawatan microneeling, klinik ini akan memulai dengan facial untuk pembersihan wajah dan pemberian anestesi lokal.

Perawatan kecantikan dengan microneedling

Setelah anestesi sudah bekerja, microneedling kemudian dilakukan dengan cara menerapkan alat dengan jarum-jarum halus untuk menciptakan micro wounds atau luka-luka kecil di kulit. Kemudian diberikan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit. 

"Karena ada luka-luka kecil ini, tubuh mendapat sinyal untuk memulai proses penyembuhan yang kemudian menstimulasi produksi kolagen baru. Nah kolagen baru inilah yang membuat kulit menjadi lebih sehat dan muda," ujar Dr Fenny Ng, dokter utama Yugen Clinic.

Semakin bertambahnya usia, produksi kolagen di tubuh semakin menurun. Menjadikan kulit terlihat semakin tua, berkeriput, kusam, dan masalah kulit lebih susah ditangani. Maka, dengan merangsang kolagen dan elastin di kulit, microneedling dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti: jerawat, scarring, flek, pigmentasi, kerutan halus, kulit yang kendur, pori-pori, bopeng, dan lainnya.

Meskipun microneedling tidak lagi asing di dunia kecantikan, perawatan ini akan jauh lebih aman dan efektif jika dilakukan oleh dokter yang bersertifikasi di klinik yang berlisensi. Tentu juga dengan serum yang sudah teregistrasi di BPOM dan alat yang sudah terbukti.

Microneedling tidak disarankan untuk kulit berjerawat

"Di Yugen Clinic, kami menggunakan Dermapen 4, alat microneedling paling terkenal sedunia. Alat ini memiliki 16 jarum, berbeda dengan alat microneedling pada umumnya, yang hanya memiliki 12 jarum," jelas Dr Fenny.

"Biasanya microneedling tidak disarankan untuk kulit berjerawat karena bisa membuat semakin parah. Namun dengan Dermapen 4 dan teknik yang kami gunakan, microneedling malah menjadi salah satu solusi favorit pasien Yugen Clinic untuk mengatasi kulit berjerawat, memudarkan bekas jerawat, dan memperbaiki tekstur kulit yang kurang rata akibat bopeng dan lain-lain," imbuhnya.

Dr Fenny menyarankan, jika ingin melakukan perawatan microneedling untuk berhati-hati memilih klinik kecantikan. Juga sebaiknya konsultasi pada dokter terlebih dahulu, sehingga perawatan yang diberikan tepat. 

"Hati-hati, karena pengerjaan microneedling yang abal-abal dapat membuat masalah kulit semakin parah, atau takutnya malah menyebabkan infeksi kulit yang berkelanjutan."

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading