Sukses

Beauty

5 Rekomendasi Primer untuk Menutup Pori-Pori

Fimela.com, Jakarta Memiliki pori-pori besar dan terbuka bisa mengganggu penampilan, karena membuat tekstur makeup menjadi tidak rata, sisa makeup bisa masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan berbagai masalah kulit setelah menggunakan makeup.

Untuk itu, pori-pori yang besar ini harus ditutup menggunakan primer, sebelum menggunakan makeup. Primer atau base makeup ini memiliki kandungan yang bisa membantu menutup  pori-pori besar, membuat makeup menempel, makeup lebih tahan lama dan tekstur makeup terlihat rata.

Primer untuk menutup pori-pori ini disebut dengan pore primer. Selain bisa menutup pori-pori, jenis ini juga bisa digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam di wajah. Berikut rekomendasi primer untuk menutup pori-pori, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Memilih Primer

Sebelu membeli primer, kamu bisa melihat review terlebih dahulu. Kemudian pilihlah primer yang memiliki tekstur ringan, dan bisa dioleskan tipis ke wajah untuk menutup pori-pori. Karena primer yang memiliki tekstur tebal, bisa membuat riasanmu terasa lebih berat dan tidak nyaman digunakan.

Kamu juga bisa memilih primer yang memiliki klaim awet lebih dari 12 jam, dengan hasil akhir yang matte. Karena primer ini mampu mengontrol minyak selama menggunakan makeup, dan tidak membuat makeup jadi cepat luntur.

Terakhir, pilihlah primer yang memiliki kandungan UV protection, untuk menjaga kulit wajah agar terhindar dari paparan sinar matahari. Kamu bisa memilih primer sekaligus sunscreen ini dengan kandungan minimal SPF 30 PA+++.

Kandungan Primer

Secara umum, primer terbuat dari kandungan water based atau silicone based, serta memiliki klaim non-comedogenic yang aman digunakan, untuk menutup pori-pori dan mengatur produksi minyak di wajah.

Kandungan silicone based seperti dimethicone, trimethicone, cyclopentasiloxane atau trisiloxane di dalam primer ini, bisa membantu menutup pori-pori besar dan membuat tesktur makeup menjadi rata. Cara kerja primer ini adalah mengisi bagian kosong dalam pori-pori dan membentuk lapisan baru. Karena primer ini mengandung sedikit pelembap, maka gunakan pelembap terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan primer.

Sedangkan kandungan water based ini memiliki tekstur yang ringan, dengan bentuk krim yang bisa membantu menyamarkan kekurangan di wajah, menutup pori-pori dan mengandung pelembap. Tetapi water based primer kurang cocok untuk kulit berminyak, karena kandungannya kurang mengontrol produksi minyak di wajah.

Rekomendasi Primer untuk Menutup Pori-Pori

1. Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer

Rekomendasi primer untuk menutup pori-pori yang pertama, yaitu produk dari Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer. Kandungan botanical extract dari primer ini bisa membantu mengontrol produksi minyak berlebih dan menutup pori-pori, sehingga memberikan hasil akhir glowing di wajah dan ringan digunakan. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 42ribuan.

2. Emina Pore Ranger Primer

Emina Pore Ranger Primer adalah produk primer yang sangat ringan digunakan. Silicone based yang terkandung dalam produk ini, mampu menutup pori-pori dan menyamarkan garis halus di wajah. Harga produk ini sekitar Rp 45ribuan.

3. Maybelline Baby Skin Pore Eraser

Produk dari Maybelline Baby Skin Pore Eraser memili klaim  non-comedogenic, yang diperkaya dengan kandungan cherry extract, sehingga bisa membantu menutup pori-pori dan menangkal radikal bebas yang menempel di kulit. Produk ini dijual dengan harga Rp 75ribuan.

4. E.L.F. Cosmetics Poreless Face Primer

Rekomendasi yang selanjutnya adalah E.L.F. Cosmetics Poreless Face Primer. Primer ini mampu menutup pori-pori yang besar dan memberikan hasil akhir yang matte, sehingga membuat riasan menjadi tahan lama dan tidak mudah luntur. Harga produk ini sekitar Rp 100ribuan.

5. Benefit Cosmetics The POREfessional: Hydrate Primer

Rekomendasi yang terakhir adalah Benefit Cosmetics The POREfessional: Hydrate Primer. Produk ini bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menutup pori-pori. Menggunakan primer ini juga bisa membantu makeup terlihat lebih halus dan flawless. Harga produk ini sekitar Rp 200ribuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading