Sukses

Beauty

7 Cara Merawat Rambut agar Tidak Mengembang

Fimela.com, Jakarta Rambut yang mengembang sangat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri menurun. Karena rambut yang mengembang ini sangat susah untuk diatur dan susah disisir. Rambut mengembang cenderung kering dan mudah patah.

Cara merawat rambut agar tidak mengembang sangatlah mudah. Kamu bisa menggunakan melakukan perawatan rambut rutin di salon. Sahabat Fimela juga dapat menggunakan produk rambut yang tepat atau menggunakan bahan-bahan alami yang ada dirumah.

Rambut mengembang ini sering kali disebabkan karena terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan pengering rambut. Sehingga kondisi rambut menjadi kering dan mengembang. BerikutĀ cara merawat rambut agar tidak mengembang:

Penyebab Rambut Mengembang

Rambut mengembang sering terjadi pada rambut yang keriting atau ikal. Hal ini disebabkan karena kondisi rambut sangat kering. Rambut mengembang ini sangat susah untuk disisir dan diatur, sehingga harus dirawat dengan cara yang tepat.

Rambut mengembang ini juga bisa disebabkan karena terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan produk rambut, yang memiliki kandungan bahan kimia yang kuat, sepertiĀ asam sulfat. Kandungan bahan kimia ini, bisa mengikis batang rambut dan menyerap kandungan minyak alami dalam rambut. Sehingga membuat rambut kering, mengembang dan kusut.

Selain bahan kimia, rambut mengembang juga bisa disebabkan karena terlalu sering menggunakanĀ hair dryerĀ dan catokan, untuk mengeringkan rambut sehabis keramas. Alat pengering, alat pelurus dan alat pengeriting rambut ini memiliki daya panas yang kuat, yang menyebabkan rambut sangat kering. Jarang menyisir rambut juga bisa menyebabkan rambut terlihat lebih mengembang.

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mengembang Tanpa ke Salon

1. Gunakan Sampo dan Kondisioner

Cara merawat rambut agar tidak mengembang yang pertama, yaitu menggunakan sampo yang tidak mengandung bahan kimia, sepertiĀ Sodium Lauryl Sulfate atau SLS. Kandungan bahan kimia ini bisa membuat rambut kering dan mengembang. Kemudian gunakan kondisioner di ujung rambut setelah keramas, untuk membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur.

2.Ā Gunakan Masker Rambut

Untuk membuat rambut lebih lembut, mudah diatur, tetap lembap dan tidak mengembang, kamu bisa menggunakan masker rambut yang diaplikasikan setelah mencuci rambut, kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Penggunaan masker rambut ini bisa digunakan setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Hindari Pengering Rambut

Setelah keramas, hindari penggunaanĀ hair dryerĀ atau catokan. Walaupun bisa membuat rambut lebih tertata rapi, tetapi alat ini memiliki suhu yang sangat panas, yang bisa membuat rambut sangat kering dan mengembang. Kamu bisa mengeringkan rambut dengan handuk yang memiliki daya serap tinggi, untuk mengeringkan rambut.

4. Gunakan Serum atau Vitamin Rambut

Cara merawat rambut yang selanjutnya, yaitu menggunakan serum rambut atau vitamin rambut setelah keramas. Selain membuat rambut tidak mengembang, kandungan vitamin dan minyak alami di dalam serum atau vitamin rambut, bisa menutrisi rambut agar tidak kering, menguatkan akar rambut, mencegah kebotakan, tekstur rambut tetap lembap dan berkilau alami.

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mengembang dengan Bahan Alami

5. Gunakan Minyak Kelapa

Kamu juga bisa merawat rambut yang mengembang menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa bisa dioleskan ke rambut dengan cara dipijat, lalu diamkan semalaman atau 30menit sebelum keramas. Minyak kelapa ini mudah diserap rambut, sehingga rambut menjadi sangat lembut, mudah diatur dan tidak mengembang.

6. Gunakan Buah Alpukat

Menggunakan masker alami yang terbuat dari campuran daging alpukat dan minyak kelapa, bisa membantu merawat rambut agar tidak mengembang. Karena alpukat memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E, yang berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut, melembutkan dan menutrisi rambut yang kering. Aplikasikan masker alpukat ini selama 30menit setelah keramas, lalu tutup rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 30menit. Setelah itu bilas dengan air dingin sampai bersih.

7. Gunakan Telur

Cara merawat rambut agar tidak mengembang yang terakhir, yaitu bisa dilakukan menggunakan masker telur. Kandungan vitamin B7 dan omega-3 di dalam telur, bisa membantu merawat rambut yang kering dan meluruskan rambut yang mengembang. Caranya dengan mengocok dua butir telur, lalu aplikasikan ke seluruh rambut yang kering dan diamkan selama 15 menit dan tutup rambut denganĀ shower cap.Ā Kemudian bilas dengan sampo sampai bersih dan gunakan air dingin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading