Sukses

Beauty

4 Tips Mengurangi Garis Halus dan Kerutan di Wajah Tanpa Botox

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin di kulit kita pasti melemah. Akibatnya, kulit kita akan berkurang elastisitasnya, sehingga muncul tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis-garis halus, dan hiperpigmentasi.

Belum lagi beberapa kebiasaan buruk yang membuat kulit cepat mengalami kerutan. Jangan buru-buru menggunakan botox untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Sebab, ada beberapa cara alami yang bisa meminimalkan kerutan dan garis-garis halus diwajahmu. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan, seperti yang dibagikan oleh para ahli dermatologis.

1. Jangan lupa tabir surya

Baik di luar maupun di dalam ruangan, tabir surya adalah salah satu rutinitas kecantikan yang tak boleh terlewatkan. Sebab, sinar UV dari celah-celah jendela rumahmu dan sinar biru dari layar gadget bisa merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini, mulai dari garis halus, kerutan, hingga hiperpigmentasi.

Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan tabir surya.  “Tabir surya adalah produk anti-penuaan terpenting yang dapat kamu gunakan. Sembilan puluh persen penuaan pada kulit kita berasal dari matahari,” kata Robert Anolik, MD , dokter kulit bersertifikat di Pusat Bedah Kulit dan Laser New York dan asisten profesor klinis dermatologi di NYU School of Medicine di New York City, dikutip dari Everyday Health.

2. Coba skincare dengan kandungan retinol

Tak dapat dipungkiri, skincare dengan kandungan retinol belakangan ini populer dan diminati banyak orang. Betapa tidak, sebagai bentuk vitamin A paling murni retinol bekerja untuk mengatasi jerawat, menyamarkan kerutan, hingga merangsang produksi kolagen sehingga membuat wajah tampak awet muda.

Bahkan, menurut Lauren Ploch, dokter kulit bersertifikat di Aiken, Carolina Selatan, retinol dan tabir surya dapat meminimalkan tanda-tanda penuaan yang pada gilirannya mencegahmu untuk melakukan suntik botox.

Sementara untuk panduan penggunaanya, Dr. Anolik menyarankan menggunakan retinol setiap malam dan pelembab setelahnya.

3. Minum suplemen makanan

Selain melakukan perawatan kulit dari luar, kulitmu juga membutuhkan nutrisi dari dalam. Untuk itu, kamu bisa meminum suplemen kulit.

Dalam studi terkontrol plasebo double-blind yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology edisi Juli 2019, peserta yang mengonsumsi multivitamin pagi dan malam menyamarkan kerutan di wajahnya.

Suplemen tersebut berasal dari perusahaan bernama Lumity dan mengandung antioksidan vitamin A, C , D3, dan E, serta berbagai mineral, asam lemak esensial, dan asam amino.

4. Terapkan gaya hidup sehat

Dalam perjuangan untuk menjaga garis dan kerutan, kebiasaan sehari-hari kamu penting. Konsumsilah makanan bergizi, rajin olahraga, jangan merokok, dan hindari begadang.

Menurut sebuah  penelitian yang diterbitkan pada Maret 2018 di Journal of International Medical Research. Orang yang memiliki gaya hidup yang sehat memiliki sedikit kerutan di wajahnya.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menurut Dokter, Berikut Cara Benar Menggunakan Sunscreen Di Luar Maupun Dalam Ruangan
Artikel Selanjutnya
Titik Kritis Penuaan, Ini 5 Langkah Skincare yang Tepat di Usia 40-an