Sukses

Beauty

5 Manfaat Chia Seed untuk Wajah dan Kecantikan, Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Chia seed disebut-sebut sebagai superfood yang baik untuk kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi secara rutin, maka mengonsumsi chia seed juga baik untik kecantikan kulit dan rambut. Hal ini berkat asam lemak natural yang terkandung di dalamnya, serta khasiat omega-3 di dalam chia seed yang mampu mengatasi inflamasi pada tubuh. 

Dilansir dari Boldsky.com, dengan rajin mengonsumsi chia seed, maka kulit wajah akan semakin sehat dan keindahan rambut juga kian terjaga. Lalu apa saja manfaat lainnya chia seed untuk wajah? 

1. Membantu mencegah jerawat

Chia seed mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Ambil beberapa sendok biji chia dan campurkan dengan yogurt ke dalam blender, lalu haluskan. Gunakan campuran ini sebagai masker alami satu minggu tiga kali untuk menyingkirkan jerawat dan sel kulit mati. Biji chia juga mampu membuat kulit wajah tetap lembap.

2. Membuat kulit tampak bercahaya

Chia seed adalah salah satu bahan terbaik yang dapat membantu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Minyak chia seed juga bisa digunakan sebagai pengganti serum yang berbahan dasar kimia. Caranya, coba oleskan minyak biji chia pada wajah. Ambil beberapa tetes minyak biji chia dan pijat wajah secara perlahan. Biarkan semalaman dan cuci dengan air bersih di pagi hari.

3. Mencegah tanda-tanda penuaan kulit 

Menurut studi, chia seed mengandung 30 persen lebih banyak antioksidan dibandingkan blueberry, yang terbukti sangat baik untuk kulit. Menggunakan biji chia dapat membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit dengan mudah. Selain itu, biji chia juga dapat menghilangkan flek hitam. 

 

4. Meningkatkan pertumbuhan rambut

 

Kandungan tembaga dan seng dengan jumlah tinggi yang terdapat didalam biji chia terbukti penting untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, biji chia juga mengandung 23 persen protein keratin yang dapat membuat rambut lebih kuat dan berkilau. Ambil beberapa sendok biji chia dan tambahkan air, biarkan semalaman. Lalu, haluskan hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada rambut sebagai hair mask, tutup menggunakan shower cap. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. 

5. Membuat rambut tampak lebih berkilau

Rendam segenggam chia seed ke dalam air. Lalu, tambahkan 4-5 sendok lemon dan aduk hingga rata. Terapkan campuran ini pada rambut, lalu bilas dan cuci dengan air hingga bersih. Ramuan alami ini dapat membantu mengembalikan kilauan pada rambut. 

#Elevate Women

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading