Sukses

Beauty

Cara Melembapkan Kulit Kering dan Ketahui Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Kulit kering adalah kondisi kulit yang kekurangan cairan atau dehidrasi. Dalam dunia medis, kulit kering disebut dengan xerosis yang biasanya dialami kulit bagian kaki, tangan maupun wajah. Kondisi kulit ini sangat mengganggu penampilan dan membuat tubuh terasa tidak nyaman.

Saat mengalami kulit kering, lapisan kulit atas atau bagian epidermis kulit, tidak mendapatkan kelembapan yang disebabkan karena berbagai faktor. Salah satu faktornya adalah karena jarang menggunakan perawatan kulit wajah. Padahal perawatan kulit sangat wajib untuk digunakan.

Kulit kering ini bisa dicegah dan diatasi dengan menggunakan perawatan kulit yang tepat, mulai dari menggunakan bahan alami atau produk skincare. Tapi perlu diingat, kalau merawat kulit harus dilakukan secara konsisten agar hasilnya maksimal. Berikut cara melembapkan kulit kering dan ketahui penyebabnya:

Gejala Kulit Kering

Kulit kering biasa ditandai dengan kulit yang sangat sensitif dan rentan terkena kerusakan. Gejala kulit kering yang paling umum adalah kulit pecah-pecah, teksturnya kasar dan mudah mengelupas. Saat kulit kering, makeup tidak akan menempel pada kulit.

Kulit kering juga bisa ditandai dan dirasakan, saat kulit tertarik dan mengencang setelah mandi. Semakin kering kondisi kulit, maka kulit akan terlihat sangat kusam, tampak bersisik dan terasa gatal-gatal. Harus berhati-hati saat menggunakan pembersih wajah, jika memiliki kulit kering.

Untuk kondisi kulit kering yang parah, kulit kering ditandai dengan adanya pengelupasan kulit dan berdarah saat digaruk. Kulit kering juga bisa ditandai dengan perbedaan warna kemerahan dan sedikit keabuan, serta muncul garis putih jika kulit kering digaruk. Sebaiknya jangan menggaruk kulit saat sedang iritasi atau mengelupas, karena bisa menyebabkan bekas luka.

Penyebab Kulit Kering

Kondisi kulit kering ini bisa dialami segala usia. Tetapi kulit kering paling sering dialami orang yang lanjut usia, karena produksi kolagen dan minyak alami dalam tubuh berkurang. Sehingga kelembapan kulit berkurang dan menjadi dehidrasi.

Kulit kering juga bisa disebabkan karena menggunakan produk yang mengandung zat aditif kimia, seperti alkohol, paraben, deterjen dan parfum. Pergantian cuaca ekstrim dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari, juga bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi kering. Bahkan sering menggunakan air hangat saat mandi, bisa memperparah kondisi kulit dan membuat kulit mengalami pengelupasan atau pecah-pecah.

Seseorang yang sering mengonsumsi obat-obatan khusus akan membuat kulit menjadi kering. Apalagi jika seseorang memiliki kondisi penyakit tertentu atau alergi. Kebiasaan jarang mengonsumsi air putih dan faktor keturunan, juga rentan mengalami kondisi kulit yang kering.

Cara Melembapkan Kulit Kering

Kulit kering bisa diatasi dengan melakukan perawatan kulit di rumah secara rutin. Sahabat Fimela bisa melembapkan kulit menggunakan pelembap yang memiliki kandungan humektan, emollient, petrolatum (petroleum jelly), silikon, minyak dan lanolin. Kandungan tersebut bisa mengembalikan kelembapan kulit dan mengunci cairan di dalam kulit.

Kamu juga bisa mengatasi kulit kering dengan menggunakan bahan alami, seperti menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat, lidah buaya dan madu. Bahan alami ini bisa dijadikan masker dan dioleskan sebelum mandi. Kemudian hindari penggunaan air hangat saat mandi dan gunakan sabun yang gentle.

Jangan lupa untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan harian. Kemudian konsumsi buah-buahan, perbanyak sayuran hijau, tidur yang cukup sebelum jam 10 malam dan hindari mengonsumsi alkohol atau merokok. Jika kondisi kulit kering semakin parah, segera konsultasikan kondisimu dengan dokter kulit. Maka dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi kulit keringmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading