Sukses

Beauty

8 Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda, dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Uban biasanya identik dengan orang yang sudah lanjut usia. Tapi, tahukah kamu jika sebenarnya uban juga bisa muncul di usia muda. Rupanya, dengan mengetahui penyebab uban, kita bisa mencegah atau mengatasinya dengan tepat. Menurut WebMD, uban yang tumbuh pada rambut adalah hal yang wajar dan tak perlu ditakutkan. Justru hal tersebut menandakan jika sel-sel penghasil warna rambut berhentu memproduksi pigmen, sehingga warnanya jadi memutih. 

Uban biasanya muncul di usia 30-an. Pada orang asia, muncul di akhir usia 30-an, bagi orang Afrika-Amerika, muncul di usia 40-an. dan ada juga yang baru mendapati uban di usia 50 tahun. Lalu sebenarnya apa sih penyebab munculnya uban di usia dini? 

 1. Stres

Faktor stres juga bisa memengaruhi tumbuhnya uban pada rambut. Pada kondisi ini, biasanya akan terjadi oenipisan sel induk di folikel rambut  memicu timbulnya uban. 

2. Genetik

Jika kamu telah beruban sejak dini, maka kemungkinan orang tua atau kakek nenek juga mengalami hal yang sama di usia muda mereka.

3. Autoimun

Autoimun juga bisa membuat seseorang mengalami uban lebih cepat dari biasanya. Biasanya sistem imun akan menyerang sel rambut dan menghilangkan pigmen. 

4. Masalah tiroid

Masalah tiroid seperti hipertiroid dan hipotiroid juga bisa menjadi penyebab munculnya uban sejak dini. Tiroid mengontrol banyak fungsi tubuh termasuk dalam memproduksi melanin. 

 

5. Kekurangan vitamin B-12

Kekurangan vitamin B-12 disebut juga dengan istilah anemia pernisiosa. Kondisi ini terjadi saat tubuh tak dapat menyerap vitamin B-12 dengan baik. Tubuh membutuhkan vitamin B-12 untuk sel darah merah yang sehat, yang membawa oksigen ke sel-sel tubuh, termasuk sel rambut. Kekurangan oksigen dapat melemahkan sel-sel rambut dan memengaruhi produksi melanin

6. Merokok

Studi menemukan, merokok juga dapat memengaruhi kesehatan rambut. Merokok menyempitkan pembuluh darah, yang mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

7. Sindrom werner

Sindrom Werner sendiri merupakan kelainan genetik yang membuat seseorang mengalami proses penuaan dengan lebih cepat.

8. Tidak cocok dengan produk rambut yang digunakan

Jika kamu menggunakan sebuah produk rambut dan muncul uban setelahnya, ini tandanya kamu  tidak cocok dengan formula produk tersebut, sehingga memicu stres oksidatif pada rambut dan membuatnya jadi beruban.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading