Sukses

Beauty

Si Pahit yang Kaya Khasiat, Berikut 5 Manfaat Mengejutkan Pare untuk Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Pare adalah salah satu sayuran yang mungkin tidak disukai oleh banyak orang karena rasanya yang pahit. Namun, pare ini merupakan salah satu tumbuhan merambat yang sangat mudah ditemukan, khususnya di negara tropis seperti Indonesia. 

Walau rasanya yang pahit, ternyata pare ini mengandung banyak khasiat di dalamnya, karena pare merupakan sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik, serta terkandung pula mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan zinc, dilansir dari Healthline, pada Sabtu (7/8). 

Selain kandungan-kandungannya yang beragam dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata nutrisi di dalam pare ini juga bermanfaat bagi mereka yang ingin kulit cantik alami, karena vitamin C dalam pare mampu menjaga kulit dari sinar ultraviolet, dan mencegah kerutan di wajah. 

Lalu, pare juga sangat baik sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas, sehingga dapat difungsikan untuk memperlambat penuaan dan menyegarkan kulit, serta memberikan efek mencerahkan kulit, sehingga kulit terlihat lebih bercahaya. 

Maka dari itu, agar tahu lebih lanjut mengenai manfaat pare untuk kecantikan, simak ulasan berikut ini!

Mencegah dan mengobati jerawat

Melansir dari klikdokter.com, pada Sabtu (7/8), menurut dr. Devia Irine Putri, pare dapat mencegah munculnya jerawat di wajah karena memiliki sifat antiinflamasi, vitamin C dari buah pare juga berperan sebagai penangkal radikal bebas yang bisa mencegah timbulnya jerawat.

Kamu bisa mengonsumsi pare sebagai jus, untuk membuat kulitmu terlihat muda dan sehat. Selain itu, mengonsumsi jus pare ini juga akan membantu membuat kulitmu tetap kering karena sifat antioksidannya, dan mencegah timbulnya jerawat akibat pori-pori yang tersumbat karena produksi minyak yang berlebih. 

Memiliki sifat anti-aging

Manfaat pare yang sangat baik untuk kecantikan adalah memiliki sifat anti-aging, atau membantu mencegah penuaan dini. Sayur pare mengandung vitamin C yang dapat melawan dan membuang radikal berbahaya yang berpotensi membahayakan tubuh.

Zat-zat antioksidan yang kuat ini dapat mencegah kulit menjadi keriput dan memperlambat proses penuaan.

Membantu produktivitas kolagen di dalam tubuh

Masih selaras dengan manfaat yang sebelumnya, yakni mencegah penuaan dini. Ternyata, vitamin C yang terkandung dalam pare dapat membantu kesehatan pembuluh dan peredaran darah. 

Perlu diketahui, kesehatan pembuluh darah merupakan unsur penting bagi produksi kolagen. Kolagen merupakan protein penting yang berfungsi untuk meremajakan sel kulit, sehingga tetap terjaga elastisitasnya dan terlihat segar. 

Mengobati ruam kemerahan karena sengatan UV

Manfaat selanjutnya dari pare untuk kecantikan adalah membantu mengurangi dan mengobati ruam kemerahan akibat sengatan sinar ultraviolet. Air rebusan pare atau jus pare segar merupakan pendingin kulit yang baik, dan efektif untuk menenangkan kulit yang iritasi karena terpapar sinar ultraviolet. 

Selain diminum, air rebusan pare juga bisa dicampur dengan air mandimu, sehingga kulit yang terbakar akan berangsur-angsur pulih jika dilakukan secara rutin selama beberapa hari.

Membuat rambut lebih berkilau

dr. Simran Saini dari Fortis Hospital di New Delhi menunjukkan bahwa jus pare sangat baik nutrisinya karena memiliki kandungan antioksidan yang kuat bersamaan dengan vitamin A dan C yang mencegah penuaan kulit dini, serta mengurangi kerutan, dikutip dari ndtv.com pada Sabtu (7/8). 

Selain itu, nutrisi-nutrisi tersebut juga berfungsi untuk memberikan kilau pada rambut. Dengan mengoleskan jus pare secara teratur ke kulit kepala, dapat mengurangi rambut rontok dan rambut beruban, mengatasi rambut bercabang dan kasar, menghilangkan ketombe, serta melawan rasa gatal. 

Dilansir dari Merdeka.com, kamu bisa mengoleskan jus pare langsung untuk menghentikan rambut rontok, atau mencampurkannya dengan dadih dan pijat di kulit kepala serta rambut untuk pengondisian. 

Lalu, untuk mengatasi ketombe, kamu juga bisa membuat masker rambut dengan jus pare, pasta biji jinten, dan satu sendok makan air jeruk nipis. Lalu, diamkan selama 30 menit dan bilas. 

 

*Penulis: Chrisstella Efivania.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading