Sukses

Beauty

Kemungkinan L'Oreal Indonesia Jajaki Kolaborasi dengan Brand Kecantikan Lokal

Fimela.com, Jakarta Lebih dari 100 tahun eksis di dunia dan 40 tahun hadir di Indonesia, L'Oreal dilabeli sebagai perusahaan kecantikan internasional nomor satu sejagat. Dari sisi bisnis, riset dan inovasi, gagasan, sumber daya manusia, termasuk teknologi semua sudah teruji dan terdepan.

Paket komplet tersebut membuat L'Oreal cukup siap dalam setiap perubahan zaman termasuk saat dunia menghadapi pandemi Covid-19. Saat semua orang dipaksa untuk beradaptasi dengan dunia digital dan L'Oreal sudah mempersiapkan diri untuk menjalani skenario ini.

Seperti yang diceritakan Fabian Prasetya, Country Digital and Media Director L’Oréal Indonesia saat berbincang dengan Fimela dan beberapa media online lainnya tentang bagaimana digital dan media mewujudkan "beauty that moves the world". Sebab perjalanan L'Oreal mencanangkan 'embracing digital' dimulai pada 2013-2014 yang menjadikan perusahaan ini sebagai Beauty-Tech company.

"Saya sendiri bergabung di L'Oreal pada 2015. Kami start lebih awal, tahu lebih banyak, gagal lebih sering, dan itu membuat kami jauh lebih siap. Perjalanan eCommerce sendiri sudah mulai sejak tahun 2016-2017," ujar Fabian saat ngobrol secara daring akhir pekan lalu.

Segala usaha yang dilakukan sejak dulu, lanjut Fabian, di masa pandemi mengkatalis akselerasi digital. Dengan digitalisasi perusahaan paling maju, L'Oreal memberikan paradigma baru 'beauty that moves the world' di mana dunia nyata berpindah ke dunia digital.

Bekerja Bersama, Maju Bersama

Pandemi tak menghentikan langkah untuk maju dan membuka kesempatan-kesempatan baru. Begitu juga kemunculan merek-merek kecantikan lokal yang semakin tak terbendung lagi.

Bagi banyak awam menganggap brand kosmetik lokal menjadi pesaing berat merek global. Namun sebaliknya, kemajuan industri kosmetik di tanah air  bagi L'Oreal adalah peluang untuk bekerja sama untuk kemajuan bersama.

"Sejak awal kami tidak menyebut sebagai kompetitor, justru semakin banyak brand semakin banyak informasi yang didapat konsumen karena semua punya diferensiasi dan menunjukkan optimistis untuk industri kecantikan," ujar Fabian.

Terlebih tren kolaborasi yang bisa saling memperkuat brand dan industrinya sendiri. L'Oreal Indonesia pun tak menutup kemungkinan untuk menjajaki kerja sama dengan merek lokal.

"Kolaborasi itu penting, kami mau bekerja sama memajukan itu lebih jauh lagi. Bisa collab dengan lokal brand yang pastinya sangat exciting," lanjut Fabian.

"Seperti kami bilang Indonesia adalah land of opportunity dan L'Oreal ada di sini juga untuk membangun Indonesia. Terus beradaptasi dengan sistem yang ada, support ekosistem untuk berkembang bersama," sambungnya.

We will never stop

Tujuh tahun bergabung bersama L'Oreal Indonesia dan sudah berada dalam industri digital kurang lebih 13 tahun, Fabian bertanggung jawab akan semua keunggulan Digital & Media pada seluruh divisi L'Oreal Indonesia.

Dalam perjalanan kariernya bersama L’Oréal, Fabian sukses memimpin transformasi pemasaran digital dalam aspek media, influencers, ekosistem agensi, search, serta membangun kemitraan eCommerce pada divisi Consumer Products Division dengan merek-merek kecantikan ternama seperti Maybelline New York, L'Oréal Paris, Garnier & NYX Professional Make Up.

Antusiasme dan semangatnya untuk mempelajari dan menerapkan strategi pemasaran, dan mengintegrasikannya dengan media digital menciptakan beragam kampanye pemasaran yang berdampak terhadap merek dan perusahaan. Tak hanya menguntungkan merek dan perusahaan, bisnis yang terus maju tetap menomorsatukan kebutuhan konsumen dan memberikan lebih dari yang bisa dibayangkan bagi semua aspek untuk keberlanjutan.

“We will never stop: in educating the consumers, giving the best products and services to the consumers, and giving back to Indonesians, through our campaign and purpose: create beauty that moves the world, moves Indonesia forward. By doing these, we believe we also build Indonesian economy, Indonesian digital landscape. And most importantly, developing Indonesian talent in digital and sharing knowledge to talents,” tutup Fabian.

#Elevate Women 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Metal DX, Solusi Terbaru Wujudkan Hasil Cat Rambut yang Sesuai Ekspektasi