Sukses

Beauty

7 Cara Memilih Sampo yang Sesuai Jenis Rambut

Fimela.com, Jakarta Rambut adalah bagian tubuh yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya. Sehingga rambut terlihat lebih indah dan mudah diatur. Karena rambut adalah mahkota perempuan, sehingga Sahabat Fimela harus menggunakan sampo yang tepat, untu menyuci rambut agar tetap bersih.

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Ada yang jenis rambutnya kering, bercabang, mudah rontok, berketombe, kusut dan lain sebagainya. Maka pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Selain memilih sampo berdasarkan jenis rambut, pilihlah sampo yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, agar tidak menyebabkan iritasi di kulit kepala dan rambut semakin rusak. Perawatan rambut ini harus dilakukan dengan benar. Berikut cara memilih sampo yang sesuai jenis rambut:

Cara Memilih Sampo

1. Sampo untuk Jenis Rambut Keriting dan Susah Diatur

Pemilik rambut keriting harus berhati-hati saat memilih sampo. Karena salah memilih sampo bisa menyebabkan rambut kusut, kering dan rambut semakin susah diatur. Sebaiknya rambut keriting menghindari sampo yang mengandung sulfat dan tidak mengandung banyak busa. Gunakan juga kondisioner, agar rambut lembut dan mudah diatur.

2. Sampo untuk Jenis Rambut Lurus dan Mudah Lepek

Biasanya rambut yang terlalu lurus akan mudah lepek. Untuk itu kamu perluk menggunakan sampo, yang bisa menambah volume rambut. Kamu juga bisa menggunakan dry shampoo saat rambut terasa lepek. Dry shampoo ini sangat praktis untuk digunakan dan tanpa dibilas.

3. Sampo untuk Rambut yang Kasar dan Kusut

Memiliki rambut yang kasar dan kusut akan sangat mengganggu penampilan. Kondisi rambut yang kasar dan kusut ini, disebabkan karena terlalu sering menggunakan bahan kimia untuk rambut, sering terpapar sinar matahari, dan terkena polusi. Sampo yang tepat untuk merawat rambut kasar dan kusut, yaitu sampo yang diperkaya dengan pelembap. Hindari sampo yang mengandung alkohol, parfum dan sulfat.

Cara Memilih Sampo

4. Sampo untuk Rambut yang Sering Diwarnai

Rambut yang terlalu sering diwarnai memiliki tekstur yang kering dan mudah patah. Sebaiknya gunakan sampo yang mengandung vitamin E, untuk mengembalikan kelembapan rambut setelah diwarna. Untuk menjaga cat warna rambut tetap bagus, kamu bisa menggunakan silver shampoo atau sampo ungu, yang bisa ditemukan di toko kosmetik.

5. Sampo untuk Rambut yang Berminyak

Rambut berminyak kerap kali membuat rasa percaya diri menurun. Karena produksi minyak berlebih di area rambut ini, membuat rambut terlihat kusam dan bisa memicu munculnya ketombe. Untuk menghindari rambut berminyak, kamu bisa menggunakan sampo dengan kandungan mint atau mentol, untuk memberikan sensasi dingin pada rambut dan hindari sampo yang berbahan minyak.

Cara Memilih Sampo

6. Sampo untuk Rambut Ketombe

Ketombe adalah masalah rambut yang disebabkan karena kulit kepala kering, mengalami alergi kulit, atau kulit kepala ditumbuhi jamur. Agar masalah ketombe ini segera diatasi, sebaiknya pilih sampo yang mengandung menthol, zinc pyrithione, selenium sulfide dan salicylic acid.

7. Sampo untuk Rambut yang Kutuan

Cara memilih sampo yang terakhir adalah sampo untuk rambut yang kutuan. Kutu rambut bisa menyebabkan kepala gatal, rambut kusam, terlihat kusus dan baunya tidak sedap. Sampo yang bisa menghilangkan kutu ini hampir sama dengan sampo anti ketombe, yaitu yang mengandung menthol, salicylic acid, selenium sulfide dan jangan lupa gunakan obat anti kutu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading