Sukses

Beauty

5 Cara Berbeda untuk Menggunakan Tea Tree Oil, Pernah Coba?

Fimela.com, Jakarta Tea tree oil sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat, mulai dari kecantikan, hingga pembersih alami. Minyak esensial ini sebenarnya telah digunakan selama berabad-abad oleh kelompok pribumi di Australia untuk membantu penyembuhan yang ditargetkan.

Tea tree oil berasal dari daun tanaman Melaleuca Alternifolia, pohon kecil asli Australia Tenggara yang juga populer di seluruh dunia. Dilansir dari byrdie.com, berikut ini adalah beberapa cara berbeda untuk menggunakan tea tree oil yang bisa kamu coba, penasaran?

1. Menyehatkan rambut

Tea tree oil telah banyak muncul sebagai kandungan dalam produk sampo. Kandungan tea tree oil dapat mendukung kesehatan rambut, tanpa menggunakan bahan kimia, menjadikannya ideal untuk mengembalikan keindahan dan kilau alami rambut.

2. Kesehatan kulit kepala

Selain meningkatkan kesehatan rambut, tea tree oil juga bisa menjaga kesehatan kulit kepala, karena membantu mengurangi rasa gatal dan mengelupas, serta melawan penumpukan residu di permukaan kulit kepala. Tea tree oil membantu menghilangkan akumulasi lapisan dan skala kulit mati, kandungan ini juga memiliki sifat antimikroba yang kuat, sehingga menjadi agen yang efektif untuk infeksi jamur pada kulit kepala.

 

3. Meredakan peradangan

Tea tree oil bisa membantu memerangi kemerahan dan gatal yang sering menyertai reaksi alergi.

4. Pembersih tangan alami

Banyak pembersih tangan memiliki kandungan alkohol dan bahan kimia, tapi tea tree oil memiliki sifat antibakteri alaminya. Namun, sebaiknya mengikuti pedoman saat menggunakan pembersih tangan, karena CDC merekomendasikan pembersih berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol untuk mendapatkan efeknya.

5. Mengurangi jerawat

Tea tree oil membantu menjaga minyak kulit yang terjadi secara alami, yang juga dapat membantu mengurangi jerawat. Namun, penting untuk diingat bahwa kulit wajah yang sensitif dan kandungan ini bisa menyebabkan reaksi alergi yang menyebabkan kekeringan, kemerahan, dan kulit bersisik. Pastikan kamu melakukan uji tempel terlebih dahulu, sebelum benar-benar menggunakannya.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading