Sukses

Beauty

Cegah Penuaan Dini, 5 Bahan Alami Ini Bantu Kulit Tampak Lebih Muda

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya umur, keelastisitasan dan kemampuan kulit untuk meregenerasi sel baru semakin berkurang. Hal ini menyebabkan terjadinya penuaan dini, yang akan menyebabkan kurangnya hidrasi kulit. Tanda penuaan dini datang dengan tanda keriput, garis halus serta kulit yang tampak kusam.

Tidak hanya diakibatkan oleh faktor umur, tetapi penuaan dini dapat disebabkan oleh faktor lingkungan dan gaya hidup. Paparan sinar matahari dan asap rokok di sekitar kita, dapat membuat kulit wajah cepat letih dan kehilangan hidrasinya. Selain itu, dikutip dari timesnownews.com, gerakan ekspresi seperti tertawa dan menyipitkan mata juga dapat menuju kepada keriput. 

Merawat kulit wajah pun menjadi penting untuk mencegah cepatnya penuaan dini. Gaya hidup yang sehat dengan tidur yang cukup dan konsumsi makanan sehat, akan membantu menyehatkan kulitmu kembali. Selain itu, dengan merawat kulit dengan bahan-bahan alami, kita dapat mengembalikan elastisitas dan kekencangan kulit. Berikut 5 bahan alami untuk cegah penuaan dini yang dapat dengan mudah ditemukan di rumah.

Pepaya

Pepaya dikenal dengan kandungannya yang kaya akan vitamin A. Kandungan vitamin A memiliki daya antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari. Tidak hanya itu, dikutip dari thehealthsite.com, enzim yang terkandung dalam pepaya dapat mencerna sel kulit mati pada lapisan permukaan wajah. Dengan pepaya, kita dapat mengembalikan kekencangan dan keelastisitasan kulit.

Gunakan pepaya sebagai masker dengan rutin selama satu atau dua kali dalam seminggu. Potong pepaya yang telah matang dan hancurkan sampai mencapai tekstur pasta. Aplikasikan pada wajah yang bersih dan tunggu selama 15 menit, bilas dengan air hangat setelahnya.

Lemon

Vitamin C pada buah lemon telah teruji memiliki daya antioksidan yang tinggi. Semakin menua wajah, flek hitam akan muncul akibat paparan sinar matahari yang berlebih. Aksi mencerahkan pada buah lemon dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi bekas dan flek hitam pada wajah. 

Campurkan jus lemon dengan madu untuk mengurangi dampak dari penuaan dini. Tidak hanya mencegah penuaan dini, campuran jus lemon dengan madu dapat membantu untuk menenangkan dan merilekskan kulit. Campur satu sendok teh jus lemon dengan madu, lalu pijat muka dengan campuran tersebut. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Pisang

Pisang memiliki kandungan pro-vitamin mulai dari vitamin A, B, tiamin, riboflavin, niasin, C dan B6. Kandungan pro-vitamin tersebut dapat membantu untuk merawat jaringan atau sel kulit yang rusak. Tidak hanya itu, pisang dapat dengan halus membersihkan kulit wajah dari sel kulit mati, sehingga kulit dapat mengembalikan hidrasinya. 

Gunakan pisang sebagai masker untuk mengembalikan hidrasi kulit. Potong bebas satu buah pisang dan hancurkan sampai membentuk tekstur pasta. Aplikasikan pada wajah bersih dan diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Pisang akan membantu untuk memudarkan flek hitam dan bekas luka atau jerawat pada wajah.

Timun

Timun dapat membantu mengurangi bengkak dan area hitam pada bawah mata. Kandungannya yang menyegarkan juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan kesehatan kulit. Lactic acid yang terkandung pada timun dapat mengeksfoliasi kulit secara halus, sehingga mengembalikan kesegaran dan regenerasi sel kulit.

Hancurkan timun atau potong-potong mengikuti bentuk bulat timun, setelah itu aplikasikan kepada wajah yang bersih. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Dengan menggunakan masker timun selamad dua kali dalam seminggu dalam kurun waktu beberapa bulan, akan memberikan efek kulit yang muda dan sehat.

 

Air mawar

Air mawar memiliki sifat astringent yang memiliki kemampuan untuk mengencangkan kulit. Tidak hanya itu, air mawar dapat bekerja sebagai pembersih wajah, sehingga kotoran dalam pori-pori akan terangkat secara menyeluruh. Aksi mengencangkan kulit pada air mawar dapat mengembalikan kulit yang lesu dan letih.

Sahabat Fimela bisa menggunakan air mawar sebagai pembersih dan toner untuk sehari-hari. Air mawar juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk masker. Campurkan air mawar dengan bahan alami favoritmu untuk mencapai hasil yang sempurna.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menurut Penelitian, Ini 7 Penyebab Utama Wajah Terlihat Lebih Tua sebelum Waktunya
Artikel Selanjutnya
5 Kiat Perawatan Kulit Anti Penuaan Sederhana dan Mudah Diterapkan Sehari-hari