Sukses

Beauty

4 Kebiasaan Penting untuk Menghilangkan Jerawat Punggung dan Bekasnya

Fimela.com, Jakarta Mengatasi masalah jerawat memang bukan lah hal yang mudah. Perlu kehati-hatian dan perhatian penuh untuk mengatasi jerawat. Masalah jerawat pun tak hanya dapat muncul pada wajah, tetapi di beberapa area tubuh, salah satunya di daerah punggung.

Back acne atau jerawat punggung, dikutip dari everydayhealth.com, muncul ketika daerah punggung memilki kinerja sebum yang berlebih. Hal ini yang meningkatkan kadar minyak pada punggung, sehingga menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. 

Jerawat punggung dapat muncul akibat faktor lingkungan atau aktivitas. Cuaca yang lembap dan panas, aktivitas olahraga dengan pakaian yang ketat dan keringat yang berlebih, dapat menjadi pemicu jerawat punggung. Jika tidak diatasi, masalah jerawat punggung akan semakin meningkat. Bahkan, meninggalkan bekas yang akan memengaruhi penampilan. 

Penting untuk kita menerapkan kebiasaan bersih dan sehat untuk mengatasi masalah jerawat punggung dan bekasnya. Terapkan 4 kebiasaan penting ini untuk mencegah masalah jerawat punggung.

Menerapkan hidup bersih

Tentu, penerapan gaya hidup bersih telah kita ketahui manfaat dan kepentingannya. Tidak hanya menjaga kebersihan diri dari bakteri dan kuman, kita juga dapat menjaga performa penampilan kita. 

Untuk menerapkan hidup bersih, cukup simpel untuk kita lakukan, yaitu dengan mandi dua atau tiga hari sekali. Hal ini untuk menghindari kita dari dampak cuaca dan kelembapan lingkungan, yang dapat meningkatkan tumbuhnya bakteri pada kulit. Juga, lakukan kegiatan mandi setelah selesai berolahraga. Hal ini untuk menghindari bakteri dari keringat berlebih yang menempel pada tubuh.

Tidak hanya itu, alas tidur atau sprei yang kita gunakan juga dapat menjadi sarang bakteri, jika tidak rutin dibersihkan. Ganti sprei dan alas tidur setiap dua minggu sekali. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan vacuum cleaner, untuk membersihkan kasur dan bakteri dan sisa sel kulit yang menempel pada kasur.

Gunakan pakaian yang longgar

Pakaian yang ketat seperti sport bra atau pakaian olahraga dapat menimbulkan jerawat pada punggung. Hal ini disebabkan oleh kulit yang lembab akibat sentuhan kain dan pakaian. Sehingga, kelenjar keringat dan minyak pada punggung akan semakin meningkat.

Kotoran dan keringat yang menempel setelah kita berolahraga juga dapat meningkatkan risiko jerawat punggung. Tak hanya itu, pakaian yang ketat ini akan meningkatkan risiko iritasi pada punggung, akibat dari pengumpulan bakteri.

Gunakan pakaian dengan bahan katun yang lembut untuk menuntaskan masalah jerawat punggung. Hal ini akan memberikan keleluasaan pada kulit untuk bernapas, sehingga kulit dapat terhindar dari penumpukan sebum dan minyak.

Gunakan produk yang Oil-Free

Untukmu yang memiliki masalah jerawat punggung, pastikan untuk memerhatikan kandungan pada perawatan kulit yang kita pakai. Produk dengan kandungan minyak dapat menyumbat pori-pori, sehingga menumpuk minyak dalam kulit yang akhirnya menimbulkan masalah jerawat.

Gunakan produk dengan tanda ‘noncomedogenic’ dan ‘oil-free’ untuk mencegah penyumbatan pori-pori kulit. Hindari kulit dari sabun antibakteri, kandungan alkohol dan scrub kasar yang dapat meningkatkan keparahan jerawat punggung. Hal ini hanya akan memperburuk keadaan lapisan kulit dan meninggalkan bekas yang menghitam.

Hindari paparan sinar matahari

Seperti yang kita ketahui, paparan sinar matahari dapat menimbulkan banyak masalah. Sinar UV dan radikal bebas dapat menyebabkan segudang masalah kulit, dari kulit kusam, jerawat dan kanker kulit. Meskipun tidak tertuju langsung pada area punggung, paparan sinar matahari dapat memperparah keadaan jerawat.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebih. Kenakan sunscreen untuk melindungi kulit setiap hari dari sinar matahari. Tak hanya melindungi dari paparan sinar UV, sunscreen dapat membantumu untuk menuntaskan masalah bekas jerawat yang menghitam.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading