Sukses

Beauty

Apakah Kita Benar-Benar Membutuhkan Pelembap Khusus untuk setiap Bagian Tubuh?

Fimela.com, Jakarta Ya, seperti yang kamu ketahui bahwa saat ini produk pelembap banyak yang dikhususkan untuk setiap bagian tubuh. Ada untuk tangan, kaki, bahkan mata.

Pertanyaan yang sering terlintas adalah apakah boleh menggunakan pelembap tangan untuk kaki dan sebaliknya? Simak ini.

Kulit tubuh tidak semuanya sama

Meskipun kulit sering disebut sebagai satu organ tunggal, kulit sebenarnya memiliki apa yang mungkin kamu anggap sebagai iklim mikro, yang sebenarnya memerlukan perhatian khusus. Setidaknya beberapa formulasi yang berbeda, masuk akal bagi para ahli, seperti dilansir dari huffpost.com.

Kulit di bagian tubuh yang berbeda bisa memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda. Itu semua tergantung pada masalah yang kamu coba selesaikan.

Ketika bicara tentang pelembap kulit, satu ukuran tidak akan cocok untuk semua dan ada alasan bagus di baliknya. Kulit di kelopak mata, pipi, dan kaki adalah yang paling tipis, untuk memungkinkan fleksibilitas yang lebih baik.

 

 

Pelembap khusus untuk setiap bagian tubuh

Sedangkan kulit di telapak tangan, telapak kaki, dan siku adalah yang paling tebal, yang membantu mencegah kerusakan akibat sering digunakan. Ada 3 kategori dasar bahan pelembap, yaitu humektan, emolien, dan oklusif.

Humektan adalah bahan penyerap air yang membantu kulit mempertahankan tingkat kelembapan yang sehat dan terasa kenyal. Humektan, termasuk gliserin, asam hialuronat, asam laktat, dan glikol digunakan di mana-mana, tapi sangat membantu untuk area yang lebih tipis di sekitar mata, leher, dada, dan punggung tangan.

Emolien adalah zat berbasis minyak yang mengisi bagian kasar untuk memberikan perasaan halus secara instan. Carilah bahan-bahan, seperti minyak kelapa, squalene, lanolin, dan caprylic atau capric triglyceride yang bagus untuk area tubuh manapun, terutama dalam cuaca dingin dan kering.

Oklusif, yang muncul pada label sebagai petrolatum, lilin, mentega, dan silikon berat, bertugas menyegel sesuatu di dalam penghalang tahan air. Dalam balsem, mereka bagus untuk bagian kulit yang sangat kering, ditambah tangan dan kaki, tapi mereka harus dihindari pada kulit yang rawan jerawat.

Pelembap khusus untuk setiap bagian tubuh

Biasanya, lotion mengandung lebih banyak humektan yang larut dalam air dan pelembap berbasis krim mengandung lebih banyak oklusif, dengan emolien sebagai pelembap utama. Walaupun beberapa area tubuh memiliki kulit yang lebih tipis atau cenderung lebih berminyak atau lebih kering, kamu tidak perlu membeli produk yang berbeda untuk setiap bagian tubuh.

Wajah dan leher adalah 2 area yang memang membutuhkan produk yang diformulasikan secara khusus. Tapi secara umum, satu pelembap bisa digunakan di sebagian besar bagian tubuh.

Pengecualian lain biasanya untuk mata. Kulit di sekitar mata termasuk yang tertipis dan paling sensitif di tubuh, banyak produk krim mata yang mengandung bahan yang berpotensi mengiritasi, diformulasikan dengan konsentrasi lebih rendah untuk membuatnya lebih bisa ditoleransi di area ini.

Lalu, ada satu area lagi yang membutuhkan perhatian khusus, yaitu bibir. Tidak hanya karena epidermis yang jauh lebih tipis, tapi juga bibir tidak memiliki kelenjar sebaceous dan pigmen.

Sebagian besar ahli menyarankan untuk membagi produk menjadi krim wajah dan tubuh. Tapi jika kamu memiliki masalah dengan keratosis pilaris atau kulit kasar dan bergelombang, gunakan pelembap di seluruh tubuh, lalu oleskan krim khusus untuk mengatasi area bermasalah tersebut.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Lakukan Sendiri, Ini Kondisi Kulit yang Paling Sering Salah Didiagnosis
Artikel Selanjutnya
4 Tips Mengubah Rutinitas Perawatan Kulit saat Udara Terlalu Dingin