Sukses

Beauty

7 Penyebab Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orang pasti pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi bibir kering ini sangat mengganggu penampilan, terasa nyeri dan tidak nyaman untuk makan.

Bibir kering bisa dialami segala usia, baik laki-laki maupun perempuan yang disebabkan karena berbagai macam faktor penyebab. Saat mengalami bibir kering, kulit area bibir akan pecah-pecah, mengelupas dan mengeluarkan darah.

Bibir kering ini bisa diatasi dengan cara yang mudah dan alami. Sahabat Fimela hanya perlu bersabar saat mengatasi bibir kering. Berikut beberapa penyebab bibir kering dan cara mengatasinya, dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Bibir Kering

1. Dehidrasi

Penyebab bibir kering yang pertama adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat tubuh dehidrasi, maka banyak bagian tubuh yang tidak bisa berfungsi dengan baik, seperti bibir, kulit, mata, dan organ-organ vital di dalam tubuh. Sehingga cairan di dalam tubuh harus dikontrol dengan baik, agar terhindar dari dehidrasi.

2. Paparan Sinar Matahari

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari, bisa jadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena bibir adalah bagian yang tipis, sensitif dan teksturnya halus. Untuk itu, lindungilah bibirmu dengan pelembap yang ada kandungan anti sinar UV.

3. Alergi

Saat terkena reaksi alergi, bibir akan mengering dan pecah-pecah. Alergi ini bisa muncul akibat penggunaan bahan kimia, yang terkandung dalam lipstik, pasta gigi, pelembab, obat kumur dan produk kecantikan lainnya. Jika mengalami alergi, maka bibir akan terasa bengkak, gatal, nyeri dan ruam akut di bagian bibir.

 

Penyebab Bibir Kering

4. Sering Menjilat Bibir

Kebiasaan sering menjilat bibir bisa menyebabkan bibir kering. Karena air liur mengandung zat yang bisa mengeringkan kulit, dan bisa meningkatkan produksi ragi di bibir. Menjilat bibir juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah.

5. Kekurangan Vitamin

Saat tubuh kekurangan vitamin B2, seng dan zat besi, maka tekstur bibir akan berubah menjadi kering dan pecah-pecah. Selain itu, kekurangan vitamin juga bisa membuat kulit kering, muncul jerawat, dan sistem imunitas tubuh lemah.

6. Memiliki Riwayat Penyakit Tertentu

Bibir kering juga bisa disebabkan karena kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti penyakit tiroid, penyakit radang usus, sariawan, radang tenggorokan dan lain sebagainya. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh lemah dan terjadi infeksi bakteri atau virus di dalam tubuh.

7. Efek Samping Obat-Obatan

Penyebab bibir kering yang terakhir adalah efek samping obat-obatan. Ada beberapa obat yang bisa menyebabkan bibir keringdan mulut kering, seperti antibiotik, antidepresan, obat diare, antihistamin, obat penghilang rasa sakit, dan obat diuretik. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi obat-obatan ini.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Tak perlu khawatir, kalau kamu memiliki bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi ini bisa atasi dengan cara yang sederhana. Jika bibir kering disebabkan oleh kondisi tubuh yang dehidrasi, maka perbanyaklah minum air putih minimal 2 liter sehari atau sesuai kebutuhan harianmu.

Kamu juga bisa mengatasi bibir kering dengan menggunakan scrub bibir, untuk mengangkat kulit mati di bibir. Kemudian aplikasikan pelembap bibir yang mengandung vitamin E dan UV protection.

Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau secara rutin Hindari menjilat bibir dengan air liur, dan hindari pengguaan lipstik matte.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading