Sukses

Beauty

5 Cara Efektif Mencegah Maskne, Jerawat akibat Pemakaian Masker

Fimela.com, Jakarta Maskne berasal dari kata "mask" atau masker dan "acne" atau jerawat, merujuk pada masalah kulit seperti munculnya jerawat karena pemakaian masker.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Arini Astasari Widodo Sp.KK menjelaskan bahwa penyebab utama timbulnya jerawat karena penggunaan masker dipicu oleh kelembapan berlebih, gesekan antara masker dan kulit, hingga penggunaan kosmetik saat memakai masker.

“Penyebab utama maskne sebenarnya banyak. Pertama, dipicu oleh kelembapan kulit yang berlebihan akibat uap air yang keluar dari mulut dan hidung. Selain itu, gesekan antara masker dan kulit ketika kita berbicara, hingga penggunaan kosmetik saat memakai masker,” kata dr. Arini dalam jumpa pers virtual Nivea, Rabu (17/11/2021).

“Dipengaruhi pula oleh penggunaan kosmetik di kulit atau iritasi dan alergi karena bahan masker tertentu,” jelas dr. Arini.

Namun, maskne dapat dicegah dengan beberapa langkah yang wajib jadi perhatian. Lebih lanjut, 5 berikut ini cara efektif mencegah maskne seperti yang dipaparkan oleh dr. Arini.

1. Rutin ganti masker setiap 4 jam

Langkah pertama untuk mencegah maskne adalah membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker. Selanjutnya, saat memakai masker kamu juga harus rutin menggantinya.

“Jika masker digunakan dalam jangka waktu panjang, sebaiknya kamu menggantinya. Misalnya, setiap 4 jam sekali,” ujar dr. Arini.

2. Pilih bahan masker yang breathable

Selanjutnya, pilihkan bahan masker yang tepat. Menggunakan masker dengan bahan yang tepat dapat mencegah timbulnya jerawat.

Bahan masker yang direkomendasikan dr. Arini adalah bahan masker yang breathable atau memudahkan kulit bernapas namun tetap dapat melindungi kita dari virus Covid-19.

“Hindari masker dengan bahan linen. Sebab, bahan linen itu renggang-renggang dan lebih kasar untuk kulit. Jadi dia menggesek-gesek kulit dan lebih meningkatkan barrier kulitnya rusak. Perhatikan pula pewarna yang digunakan pada masker,” terang dr. Arini.

3. Pastikan masker dicuci bersih

Penggunaan double mask dengan masker kain dan masker medis disarankan untuk perlindungan sempurna dari paparan virus Covid-19. Untuk itu, agar terhindar dari maskne, masker kain harus dicuci bersih.

“Pikirkan untuk membersihkan masker yang dapat dicuci hingga bersih Jangan sampai deterjen tertinggal di masker tersebut. Kemudian hindari mencuci masker menggunakan tambahan pelembut, pewangi, kemudian pelican pakaian,” katanya.

4. Pakai skincare yang melindungi kulit dari masker

Selanjutnya, dr. Arini mengingatkan para wanita untuk memilih kosmetik atau skincare yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari masker.

“Pilihlah kosmetik atau skincare yang bisa melindungi dari masker. Namun sebaiknya, hindari penggunaan makeup di bawah masker karena meningkatkan risiko jerawat,” kata dr. Arini.

5. Meminimalisir penggunaan makeup

Dia juga mengimbau untuk menghindari penggunaan makeup saat memakai masker. Penggunaan masker ditambah makeup dapat meningkatkan kelembapan. Sehingga wajahmu akan mudah mengalami maskne.

“Namun jika harus menggunakan makeup, kamu bisa perpendek durasi makeupnya. Misalnya penggunaan makeup untuk acara selama 2 jam, maka jam-jam setelahnya harus segera dibersihkan,” tandasnya.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Serum Lokal ini Buktikan Mengatasi Kulit Kusam dan Jerawat Tidak Perlu Mahal
Artikel Selanjutnya
Fungal Acne: Bagaimana Cara Mengenali dan Mengatasinya