Sukses

Beauty

Tangan Kering dan Mengelupas? Ini 6 Tips Mudah untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Masalah kulit tangan kering tampaknya dimiliki oleh banyak orang. Hal ini bahkan bisa dibilang hal yang biasa. Tidak berbahaya memang, tapi tetap saja mengganggu.

Penyebab dari kulit tangan kering ini sangat bervariasi. Setiap orang bisa memiliki penyebab yang berbeda-beda. Ada yang disebabkan oleh kondisi lingkungan seperti cuaca, adapula yang disebabkan terlalu seringnya mencuci tangan, terpapar bahan kimia, bahkan sampai kondisi medis tertentu.

Beragamnya penyebab kulit tangan kering hingga mengelupas ini sama dengan beragam pula cara mengatasinya. Tips berikut ini adalah bagaimana cara mudah untuk mengatasi kulit tangan kering dan mengelupas seperti yang telah dirangkum dari Healthline.com (12/12/2021).

1. Gunakan pelembap

Sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab beberapa kali dalam sehari. Losion dan krim pelembab membantu mengembalikan kelembapan dan menjaga kulit agar tidak kembali kering hingga mengelupas.

2. Kenakan sarung tangan

Apabila tangan sangat mudah kering akibat terlalu sering terkena air, lebih baik gunakan sarung tangan. Misalnya seperti ketika mencuci piring. Sarung tangan berfungsi untuk mencegah air menghilangkan minyak alami kulitmu yang membuat kulit tangan menjadi kering.

3. Kurangi stres

Ada hubungan antara stress dan eksim. Itulah mengapa saat kamu memikirkan penyebab dari keringnya tangan yang disebabkan oleh eksim, ada baiknya untuk mempertimbangkan apakah kamu sedang mengalami stres atau tidak. Bisa jadi itulah penyebab utama dari eksim tersebut. Luangkan waktu untuk mengistirahatkan pikiran dari stres, seperti melakukan hal yang kamu sukai.

4. Menggunakan Obat-obatan

Obat resep dokter bisa diperlukan apabila eksim kulit yang dialami sangat parah. Obat yang diresepkan bisa berupa steroid yang dapat diaplikasikan ke kulit, ataupun antiobiotik yang diminum. Solusi satu ini sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kecantikan, untuk mengetahui apa keputusan terbaik yang harus dilakukan.

5. Oleskan krim hidrokortison

Ada kasus tertentu di mana kulit kering semakin memburuk hingga menjadi kondisi yang disebut dermatitis. Kondisi ini adalah keadaan ketika kulit meradang dan memerah. Biasanya losion yang mengandung hidrokortison menjadi solusi yang paling membantu karena hidrokortison dapat mengatasi kulit yang teriritasi.

6. Terapi sinar UV

Terapi sinar ultraviolet (UV) dapat membantu dalam beberapa kasus psoriasis parah. Tetapi perlu dilakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan terapi sinar UV. Selain perlu konsultasi untuk memutuskan, sangat disarankan melakukan terapi sinar UV ini di tempat yang tepat dan tepercaya yang sudah memenuhi standar.

 

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading