Sukses

Beauty

7 Tips Menjaga Kelembapan Kulit agar Wajah Sehat Berseri

Fimela.com, Jakarta Sebagai organ tubuh manusia yang paling besar, kulit memiliki fungsi yang cukup penting untuk melindungi tubuh dari tekanan, perubahan suhu, hingga gangguan dari luar.

Fungsi kulit ini sangat erat kaitannya dengan kelembapan kulit. Saat kelembapan pada kulit hilang, maka fungsi kulit tidak dapat bekerja secara maksimal.

Hilangnya kelembapan kulit bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor usia. Seiring bertambahnya usia, fungsi kelenjar minyak alami pada kulit menurun sehingga menghasilkan kadar lipid alami yang lebih rendah.

Saat kulit mengering akibat berkurangnya kelembapan kulit, maka banyak masalah yang bisa muncul pada kulit karena karena ketidakseimbangan yang terjadi. Mulai dari skin barrier yang rusak, kulit iritasi, kemerahan, muncul jerawat hingga tanda-tanda penuaan.

“Menjaga kulit tetap lembap dapat membantu melindungi skin barrier dari iritasi,” kata dr. Ellen Marmur, dokter kulit bersertifikat dan pendiri MMSkincare, dilansir Healthline.

Oleh karena karena itu, menjaga kelembapan kulit sangat penting agar kulit wajah tetap sehat berseri dan awet muda. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelembapan kulit. Penasaran? simak berikut ini selengkapnya.

1. Beralih ke gentle cleanser

Tahukah kamu, terlalu sering mencuci wajah dapat menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kandungan di dalam facial wash yang bisa menjaga kelembapan kulit.

Dokter kulit bersertifikat, dr. Hadley King. MD menyarankan untuk beralih ke gentle cleanser. Pasalnya, pembersih wajah yang lembut dapat membersihkan sekaligus melembapkan kulit.

“Pilihlah gentle cleanser yang dapat melindungi skin barrier kamu sambil membantu menghilangkan partikel kotoran di penghujung hari,” ujar dr. Hadley, dikutip dari Mind Body Green.

2. Aplikasikan toner yang menghidrasi

Toner digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci wajah menggunakan facial wash. Seiring berjalannya waktu, toner memiliki banyak varian dengan kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Salah satunya toner yang fokus menghidrasi kulit.

Mulai dari toner yang mengandung aloe vera, glycerin, hyaluronic acid, hingga yang membantu menghidrasi kulit dan menenangkan kulit.

3. Nutrisi kulit dengan serum

Serum sangat penting untuk menutrisi kulitmu hingga lapisan terdalam. Dalam hal ini kamu bisa memilih serum sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Serum diformulasikan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi yang membantu mengoptimalkan kinerja produk-produk lainnya. Untuk meningkatkan kelembapan kulit, pilihlah serum dengan kandungan hyaluronic acid.

Kandungan ini dapat menahan air di kulit sehingga membantunya tetap kenyal sepanjang hari, meningkatkan fungsi skin barrier, membantu proses regenerasi kulit dan meredakan peradangan, meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan.

4. Jangan lewatkan pelembap

Baik yang memiliki tipe kulit wajah kering, berminyak maupun kombinasi, pelembap merupakan produk yang sangat penting dimasukkan ke dalam rutinitas skincare harian kamu.

Pelembab dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar. Selain itu, menurut ahli kulit kosmetik, dr. Heidi Waldorf, kulit yang dilembabkan dengan baik akan lebih mungkin mengontrol minyak dengan sendirinya.

"Kulit yang sehat adalah kulit yang mampu menahan kelembapan, lembut saat disentuh, dan memantulkan cahaya dengan baik. Menggunakan pelembab juga dapat mencegah penuaan dini seperti kerutan dan garis halus," kata dr. Waldorf, dikutip dari Insider.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, cobalah mencari pelembap dengan konsistensi gel karena akan terasa lebih ringan di kulit kamu. Sementara untuk kulit normal hingga kering, pelembab krim dapat membantu menyeimbangkan kulit kamu sepanjang hari.

5. Memasang humidifier

Udara dengan kelembapan yang rendah dapat menyebabkan kulit terasa kering. Oleh karena itu, memperbaiki sirkulasi udara agar tetap lembap, terutama dalam cuaca dingin dapat dilakukan dengan memasang humidifier.

Humidifier dapat menambah kelembapan kembali ke udara dan membantu kulit mempertahankan hidrasi.

6. Penuhi asupan air

Begitu sering kita mendengar bagaimana air minum adalah "rahasia" kulit sehat beberapa selebritas. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa memastikan asupan air dalam tubuh cukup dapat membuat kulit lebih terhidrasi, sehingga sehat dan bercahaya.

Oleh karena itu, pastikan setidaknya minum 2 liter atau 8 gelas air mineral setiap hari agar tubuh sehat dan kulitmu tetap terhidrasi sepanjang hari.

"Minum banyak air. Ini semudah itu. Semakin banyak kelembapan yang kita berikan ke tubuh kita dari dalam, semakin baik pelindung kita bekerja,” kata Andrea Weber, kepala penelitian dan pengembangan untuk lini perawatan kulit BABOR .

7. Menjaga pola tidur

Pergantian sel kulit dan kolagen dan mekanisme perbaikan berada pada puncaknya di malam hari, itulah sebabnya mengapa sangat penting menjaga pola tidur dan melakukan ritual skincare di malam hari.

Menurut penelitian, orang yang mendapatkan tidur berkualitas tinggi memiliki pemulihan penghalang kelembaban 30 persen lebih besar dalam 72 jam daripada orang yang kurang tidur. Usahakan untuk tidur setidaknya 8 hingga 9 jam untuk mendorong proses penyembuhan kulit.

Tertarik untuk mengulas topik ini lebih lanjut? Yuk, Jangan lewatkan acara “Solusi Multi Problem untuk Kulit” bersama dr Listya Paramita, Sp.KK dan Maria Bintang ( Brand Manager Implora) segera daftar di sini secara gratis.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading