Sukses

Beauty

7 Penyebab Rambut Rusak yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Tak hanya tubuh dan kulit saja yang perlu di perhatikan. Tetapi kesehatan rambut juga perlu dijaga dan diperhatikan. Karena rambut adalah mahkota bagi setiap perempuan, dan bisa membuat penampilan terlihat lebih cantik.

Rambut rusak ditandai dengan ciri-ciri tekstur rambut yang kering, mudah patah, bercabang, kasar dan terlihat kusut. Kondisi ini bisa membuat rasa kepercayaan diri pada perempuan menjadi turun.

Rambut rusak sering kali disebabkan karena rambut jarang dirawat, dan menggunakan produk-produk berbahan kimia. Kondisi rambut rusak ini juga bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, yang terkadang tidak kita sadari. Berikut beberapa penyebab rambut rusak yang jarang diketahui:

Penyebab Rambut Rusak

1. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Penyebab rambut rusak yang pertama yaitu karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa membuat rambut terlihat kusut dan kusam. Untuk itu, sangat penting menggunakan topi atau pelindung rambut lainnya, saat berada di luar ruangan atau di lapangan.

2. Menggunakan Cat Rambut

Menggunakan cat rambut bisa membuat rambut cepat rusak, bahkan menyebabkan rambut beruban. Karena cat rambut memiliki kandungan zat kimia berbahaya, yang merusak pigmen rambut dan membuat tekstur rambut menjadi kasar.

3. Sering Mengeringkan Rambut

Proses pengeringan rambut setelah keramas, bisa membuat rambut menjadi kering, bercabang, kusut dan rusak. Karena pengering rambut memiliki suhu panas yang bisa menghilangkan keratin pada rambut. Untuk itu, hindari terlalu sering menggunakan hair dryer atau catokan. Kamu bisa mengeringkan rambut dengan handuk yang teksturnya lembut.

4. Terlalu Sering Keramas

Penyebab rambut rusak yang selanjutnya adalah karena terlalu sering keramas. Walaupun keramas bisa membantu membersihkan rambut dan mengatasi masalah rambut, tetapi terlalu sering keramas justru membuat kelembapan rambut berkurang. Kandungan yang terdapat di dalam sampo bisa mengikis folikel rambut, dan membuat rambut rusak dan terlihat kering.

Penyebab Rambut Rusak

5. Jarang Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi wajib dikonsumsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena mengonsumsi makanan yang tidak bergizi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, hingga menyebabkan kerusakan pada rambut. Untuk menjaga kesehatan rambut, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung zinc, niacin, asam lemak, selenium, vitamin D, vitamin A, vitamin E, asam folat dan asam amino.

6. Stres

Stres atau terlalu banyak pikiran ternyata bisa mengganggu pertumbuhan rambut. Saat stres, rambut akan sering rontok dan mengalami kerusakan yang disebut dengan telogen effluvium. Walaupun kondisi ini hanya sementara saja, tapi lebih baik kontrol pikiranmu agar tidak stres.

7. Penyakit Kulit

Penyebab rambut rusak yang terakhir adalah karena memiliki riwayat penyakit kulit, seperti folikulitis, tinea capitis, psoriasis kulit kepala, dan hipotiroidisme. Sebaiknya konsultasikan kesehatan kulit kepala pada dokter, agar terhindar dari rambut rusak.

Cara Mengatasi Rambut Rusak

Cara mengatasi rambut rusak cukuplah mudah. Sahabat Fimela bisa memotong ujung rambut rusak sekitar 1cm hingga 3cm saja secara rutin. Cara ini bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut baru, dan yang rusak akan hilang.

Kemudian jangan lupa untuk menggunakan sampo khusus rambut rusak, lalu gunakan kondisioner setelah keramas, untuk melembapkan rambut dan menghilangkan rambut bercabang. Gunakan hair vitamin dengan kandungan argan oil atau moroccan oil dan dilengkapi dengan UV & heat protection. 

Penggunaan vitamin rambut untuk mengatasi tanda penuaan rambut. Seperti diketahui, faktor cuaca panas (sinar UV) dan polusi yang tinggi di Indonesia, berpotensi membuat rambut menua. Benar saja, tidak hanya kulit yang bisa mengalami penuaan, tapi rambut juga bisa menua.

Masalah rambut menua sendiri bukan hanya dialami oleh wanita yang sudah dewasa tapi juga wanita usia 20-an. Adapun ciri-ciri rambut menua tidak hanya ditandai perubahan warna rambut jadi abu-abu, tapi dengan munculnya tanda permasalahan rambut seperti kering, kusam, mudah patah dan kasar. Wanita tidak menyadari bahwa permasalah rambut yang dialami merupakan penuaan rambut.

Nah, salah satu cara mengatasi rambut menua adalah rutin memakai vitamin rambut yang mengandung moroccan oil sebagai antioksidan yang bisa mengatasi tanda penuaan rambut. Selain itu, jangan lupa pilih vitamin rambut dengan kandungan UV dan heat protection, sehingga dapat melindungi rambut dari panas sinar UV dan styling tools yang bisa menjadi penyebab penuaan rambut. 

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan masker rambut setiap seminggu 2 kali, disesuaikan dengan jenis rambutmu. Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi, menggunakan topi saat di luar ruangan, gunakan sisir bergigi jarang yang terbuat dari kayu, dan tidak menggunakan alat pengering rambut terlalu sering.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading