Sukses

Beauty

Kandungan Sampo Penyebab Uban yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela memiliki kondisi rambut beruban? Rambut uban adalah masalah rambut yang bisa membuat rasa kepercayaan diri seseorang menurun. Rambut beruban bisa dialami segala seusia, mulai dari remaja hingga lanjut usia, yang disebabkan karena berbagai macam faktor.

Rambut beruban memiliki warna putih keabu-abuan, yang disebabkan karena pigmen rambut berkurang di dalam folikel rambut. Uban biasa muncul di rentan usia 30tahunan keatas bagi orang Asia, sedangkan untuk orang Afrika-Amerika bisa mengalami uban di usia 40tahunan keatas. Karena semakin bertambah usia, produksi pigmen rambut semakin berkurang.

Salah satu penyebab rambut uban adalah salah menggunakan produk sampo, yang memiliki kandungan kimia berbahaya untuk rambut. Berikut kandungan sampo penyebab uban yang harus dihindari:

Kandungan Sampo Penyebab Uban

Sampo adalah sabun untuk mencuci rambut dan kulit kepala, dan bisa membantu mengatasi masalah rambut. Sampo terbuat dari bahan yang alami, yang terbuat dari tumbuhan maupun buah-buahan, dan juga memiliki kandungan zat kimia. Rambut beruban bisa disebabkan karena menggunakan sampo yang memiliki kandungan zat kimia berbahaya, seperti sodium laury/laureth sulfate (SLS), paraben, formalin, isopropil alkohol, triclosan, dan parfum atau wewangian.

Kandungan zat kimia itu bisa menyebabkan folikel rambut rusak dan menghilangkan pigmen rambut. Selain itu, zat kimia berbahaya yang terkandung dalam sampo juga bisa menyebabkan rambut rusak, rambut bercabang, rambut kusut, tekstur rambut kasar, hingga rambut rontok yang berisiko menyebabkan kebotakan.

Penyebab Uban yang Lainnya

1. Faktor Keturunan

Selain menggunakan sampo yang mengandung bahan kimia berbahaya, rambut beruban juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Karena adanya keturunan rambut beruban, maka seseorang yang masih berusia muda bisa mengalami rambut beruban.

2. Kekurangan Vitamin B-12

Kekurangan vitamin B-12 bisa menyebabkan rambut berubanan, dan tubuh bisa mengalami anemia penisiosa, karena sel darah merah yang membawa oksigen ke sel rambut terhambat. Untuk itu konsumsilah vitamin B-12 yang terdapat pada makanan, seperti ikan salmon, produk olahan susu, daging sapi, ikan sarden, dan lain sebagainya.

3. Stres

Stres atau terlalu banyak pikiran memang bisa menyebabkan berbagai macam masalah untuk tubuh, bisa mengakibatkan penyakit parah, menimbulkan masalah kulit, dan membuat uban muncul di rambut. Karena saat stres, pertumbuhan rambut menjadi terhambat dan produksi pigmen rambut berkurang.

4. Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, atau sel imunitas tubuh. Penyakit autoimun seperti penyakit alopecia dan vitiligo, bisa merusak warna rambut dan hilangnya pigmen pada rambut, sehingga warna rambut berubah menjadi putih keabu-abuan.

5. Merokok

Penyebab rambut beruban yang terakhir adalah merokok. Hal ini disebabkan karena rokok mengandung racun, yang bisa merusak bagian tubuh dan mengurangi aliran darah ke folikel rambut, sehingga rambut akan rusak, mudah rontok dan mengalami uban di usia muda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading