Sukses

Beauty

Penata Rias Ungkap 7 Tahapan Makeup Balik Wajah Sempurna Bintang Drama Korea dan Idol K-pop

Fimela.com, Jakarta Dalam hal kecantikan dan perawatan kulit, K-beauty memang sudah tidak diragukan lagi.  Tidaklah mengejutkan bahwa industri kecantikan global kini didominasi skincare dan makeup asal Korea Selatan.

Teknik makeup flawless dan minimalis namun terlihat bercahaya dikenal secara luas berkat idol hingga aktris yang bisa dilihat di layar kaca. Membuat banyak perempuan ingin mencobanya.

Untuk itu, melansir Vogue, penata rias Hong Hyunjeong, yang dikenal melalui saluran YouTube-nya, Hong’s MakeupPlay membagikan aturan tata rias yang dijalani oleh selebritas Korea yang bisa sahabat praktekan. Seperti apa?

1. Perawatan kulit yang tepat adalah kuncinya

Riasan Korea identik dengan warna kulit yang merata, dan Hong menegaskan bahwa perempuan Korea mengutamakan perawatan kulit wajah. 

“Saya suka menggunakan krim sebelum memulai dengan riasan untuk kulit yang cerah dan makeup puj menempel di kulit secara sempurna,” ujarnya.  

Biasanya menggunakan krim dengan bahan-bahan  seperti niacinamide, mengguanakan sunscreen yang menawarkan perlindungan terhadap sinar matahari, lalu gunakan pelembap. 

2. Tidak ada teknik kontur yang berlebihan

Tidak ada kontur yang berlebihan untuk riasan Korea karena dikenal dengan hasil akhir yang ringan. Tidak mengherankan jika rutinitas riasan biasa untuk perempuan Korea tidak melibatkan lapisan kontur atau foundation yang tebal dan berlapis-lapis.

Hong menegaskan, riasan dasar untuk kulit harus setipis mungkin untuk seluruh wajah. “Untuk memperbaiki ketidaksempurnaan kulit, jumlah concealer yang tepat digunakan hanya di area yang dibutuhkan,” papar Hong.

3. Menghindari produk kosmetik dengan kandungan berat

Meskipun K-beauty menjadi beberapa tren kecantikan yang paling didambakan dalam beberapa tahun terakhir, Hong tetap waspada menggunakan setiap kosmetik baru yang menjadi berita utama.

“Perempuan Korea sangat sensitif dengan bahan-bahan yang digunakan dalam kosmetik, dan saya cenderung menghindari nama-nama baru yang belum memberikan hasil yang terbukti dan hanya menggunakan kekuatan pemasaran dan gimmick,” ungkapnya.

Ketekunan dicerminkan oleh klien selebritasnya juga. “Beberapa dari mereka memiliki kulit sensitif dan sangat enggan menggunakan produk dengan wewangian yang kuat, bahkan jika itu adalah merek kelas atas,” tambahnya.

4. Blush on

Hong mengungkapkan, perona pipi atau blush on menjadi makeup wajib yang dikenakan. Dari tekstur powder hingga pewarna pipi cair, pilihannya banyak dan bervariasi untuk menambahkan cahaya kemerahan pada wajah.

“Perempuan Korea menyukai produk multi-fungsi yang dapat digunakan di bibir dan sebagai perona pipi untuk menambahkan rona alami pada wajah,” paparnya.

5. Dewy skin

Dewy skin sebagai salah satu K-beauty yang paling sukses ke dunia. Dewy skin seperti wajah yang berembun yang mengutamakan kemilau alami kulit, dan Hong suka mengandalkan satu alat yang ampuh untuk mendapatkan hasil akhir yang dewy skin yaitu dengan semprotan serum.

“Setelah riasan dasar selesai, saya suka menyelesaikannya dengan beberapa semprotan serum, seperti D'Alba First Spray Serum, untuk mendapatkan tekstur yang dewy dengan cepat dan mudah,” katanya.

6. Mendinginkan kulit

Mengingat Korea Selatan memiliki iklim lembap dan banyak perubahannya yang tidak terduga, ada baiknya memastikan riasan bertahan lebih lama sepanjang hari.  

Untuk menghindari menambahkan sentuhan yang sering ke jadwal selebriti yang sudah sibuk, Hong memilih untuk mendinginkan kulit mereka sebelum menerapkan riasan dasar.

“Biasanya akan menemukan saya menggunakan beberapa bantalan masker untuk mendinginkan kulit sebelum mengaplikasikan primer dan dua-tiga lapis alas bedak—lapisan yang sangat tipis,” katanya.

7. Pelembap

Tak perlu dikatakan lagi, pencarian kulit segar dewdrop tidak dimulai dan diakhiri dengan perangkat riasan—selebriti Korea sangat waspada dalam mengikuti rutinitas perawatan kulit mereka dengan fokus yang lebih tinggi pada hidrasi. 

“Krim pelembap adalah suatu keharusan bagi selebriti Korea, dan biasanya mereka menyukai formula pelembap dari Chanel, Hera Skincare dan Lagom,” paparnya.

Kesimpulan

Kesimpulannya, sebelum menggunakan kosmetik banyak selebritis Korea memastikan persiapan kulit sebelum riasan mulai dimainkan. Maka perawatan wajah sangat wajib digunakan agar wajah selalu siap menggunakan makeup.

“Urutan yang selalu saya ikuti untuk riasan dasar adalah mulai dengan pelembap diikuti oleh primer dan tabir surya untuk perlindungan matahari sepanjang hari, sebelum membiarkan alas bedak menyentuh kulit,” jelasnya.  

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Trik Aplikasikan Makeup di Kulit Kering Agar Tampil Glowing dan Natural di Hari Lebaran
Artikel Selanjutnya
Puasa tetap Tampil Prima dengan Lipstik Transferproof, Presentasikan Perempuan Aktif dan Modern