Sukses

Beauty

Cara Tepat Melakukan Eksfoliasi pada Bibir yang Kering dan Pecah-Pecah

Fimela.com, Jakarta Bibir kering, pecah-pecah, dan mengelupas sebenarnya juga harus mendapatkan manfaat dari eksfoliasi. Faktanya, bibir lebih rentan terhadap kekeringan, daripada bagian lain dari kulitmu dan eksfoliasi bisa meningkatkan kemampuan bibir untuk mempertahankan hidrasi dalam jangka panjang.

Tidak seperti bagian wajah lainnya, bibir tidak mengandung kelenjar sebaceous atau penghasil minyak, yang membuatnya sangat rentan terhadap kekeringan. Dilansir dari bustle.com, berikut ini adalah beberapa cara tepat melakukan eksfoliasi pada bibir yang kering dan pecah-pecah.

Mengapa bibir perlu eksfoliasi?

Kulit di bibir lebih sensitif daripada bagian wajah lainnya, Kulit bibir lebih tipis dan lebih halus, membuatnya lebih mungkin terpengaruh oleh faktor lingkungan, seperti udara kering, angin, dan matahari.

Eksfoliasi pada bibir secara lembut bisa membantu menghilangkan penumpukan kulit kering. Selain itu, bibir berada di bawah banyak tekanan mekanis dari mengunyah dan berbicara, juga terkena enzim dari air liur dan asam dalam makanan yang dikonsumsi. Paparan ini bisa mengiritasi dan mengeringkan bibir, membuatnya menjadi pecah-pecah dan kasar.

 

Cara melakukan eksfoliasi pada bibir

Kamu memiliki dua pilihan, yaitu eksfoliasi dengan scrub bibir atau buat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Tapi para pakar merekomendasikan untuk menggunakan scrub yang memang khusus untuk eksfoliasi bibir, karena produk tersebut sudah diformulasikan dengan rasio tepat dari partikel pengelupasan, minyak, dan lilin untuk manfaat eksfoliasi yang lembut.

Apapun produk yang kamu pilih, lakukan eksfoliasi dengan lembut. Karena melakukan eksfoliasi bibir secara agresif bisa menyebabkan robekan pada kulit yang meningkatkan risiko infeksi, menyebabkan peradangan, ruam, atau hiperpigmentasi.

Lakukan eksfoliasi ini jangan lebih dari sekali seminggu. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan lip balm untuk menjaga kelembapan bibir, jika perlu yang mengandung SPF minimal 30 atau lebih tinggi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading