Sukses

Beauty

Mengenal Manfaat Rutin Menggunakan Produk Skincare sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Bagaimana kamu biasanya melakukan rutinitas perawatan kulit selama ini? Entah itu 3 langkah di pagi hari atau 10 langkah di malam hari, urutan penggunaan produk skincare itu sendiri juga penting.

Rutinitas perawatan kulit di pagi hari adalah tentang pencegahan dan perlindungan. Wajah akan banyak terpapar lingkungan luar, jadi produk skincare dasar yang harus kamu gunakan di pagi hari adalah pembersih, pelembap, dan tabir surya, seperti dilansir dari healtline.com.

Urutan menggunakan produk skincare

1. Pembersih berbasis minyak

Produk pembersih biasanya memiliki dua bentuk, yaitu air dan minyak. Pembersih berbasis minyak dimaksudkan untuk melarutkan minyak yang diproduksi oleh kulit.

Pembersih berbasis minyak memiliki kemampuan pembersihan yang lebih tinggi. Ini bisa membuka pori-pori dan menghapus riasan yang tahan air.

2. Pembersih berbasis air

Produk pembersih ini mengandung surfaktan, yang merupakan bahan untuk memungkinkan air membilas kotoran dan keringat dari kulit. Ini juga bisa menghilangkan minyak yang telah dikumpulkan oleh pembersih berbasis minyak.

Carilah produk dengan pH netral atau rendah untuk mengurangi risiko mengiritasi kulit. Karena ringan, produk ini juga bisa membantu mencegah jerawat pada kulit berminyak atau berjerawat.

 

 

 

3. Toner

Toner dirancang untuk mengisi kembali hidrasi kulit dan mengangkat sel-sel mati, serta kotoran yang tertinggal setelah dibersihkan. Astringent adalah produk berbasis alkohol yang digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih. Toner dan astringent bisa membantu mengurangi munculnya pori-pori dan menghilangkan kotoran yang tertinggal setelah dibersihkan.

4. Serum antioksidan

Serum mengandung konsentrasi tinggi dari bahan-bahan tertentu. Serum berbasis antioksidan akan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas.

Vitamin C dan E adalah antioksidan umum yang digunakan untuk meningkatkan tekstur dan kekencangan kulit. Serum antioksidan bisa membantu mengurangi kemerahan, kerutan, dan kerusakan pada kulit.

5. Spot treatment

Jika kamu memiliki jerawat di kulit, carilah produk antiinflamasi untuk menghilangkannya, lalu beralih ke perawatan yang bisa membersihkan sisanya. Spot treatment bisa mengurangi peradangan, kemerahan, dan nyeri akibat jerawat.

6. Krim mata

Kulit di sekitar mata cenderung lebih tipis dan sensitif. Kulit di area ini juga rentan terhadap tanda-tanda penuaan, termasuk garis-garis halus, bengkak, dan gelap.

Krim mata yang baik bisa mencerahkan, menghaluskan, dan mengencangkan area tersebut. Krim mata adalah produk yang dirancang untuk kulit sensitif di sekitar mata dan bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan perubahan warna.

7. Face oil yang lebih ringan

Semakin ringan produknya, semakin awal kamu harus mengaplikasikannya. Minyak yang mudah diserap itu ringan dan karenanya harus diaplikasikan sebelum pelembap.

Face oil ini sangat berguna jika kulit menunjukkan tanda-tanda kekeringan, mengelupas, atau dehidrasi. Biarkan minyak meresap sepenuhnya terlebih dahulu sebelum kamu mengaplikasikan produk lain. Face oil membantu mengunci hidrasi dan menjaga kelembapan kulit.

8. Pelembap

Pelembap akan menenangkan dan melembutkan kulit. Jika kamu memiliki kulit kering, pilihlah krim atau balsem.

Krim yang lebih tebal bekerja paling baik pada kulit normal atau kombinasi, sedangkan cairan dan gel direkomendasikan untuk jenis kulit berminyak. Bahan pelembap yang efektif, termasuk gliserin, ceramide, antioksidan, dan peptida. Menggunakan pelembap secara teratur bisa membantu mencegah masalah kulit muncul dengan melindungi penghalang kulit.

9. Face oil yang lebih berat

Minyak yang membutuhkan waktu penyerapan lebih lama biasanya lebih kental dan termasuk dalam kategori berat. Face oil ini paling cocok untuk jenis kulit kering dan harus diaplikasikan setelah pelembap. Face oil ini akan melembapkan kulit dan menyegel hidrasi.

10. Tabir surya

Tabir surya adalah langkah penting terakhir yang harus kamu lakukan dalam rutinitas perawatan kulit di pagi hari. Tidak hanya bisa menurunkan risiko kanker kulit, tapi juga mengurangi tanda-tanda penuaan dengan menghalangi sinar UV yang merusak.

Ikuti event menarik untuk pembahasan lebih lanjut

Jika kamu memiliki kulit kering, fokuskan pada hidrasi dan membangun penghalang kulit yang sehat. Dan lakukan sedini mungkin, biasakan anak untuk mencuci muka saat bangun tidur dan sebelum tidur, serta tidak melewatkan penggunaan tabir surya di pagi hari.

Tertarik untuk mengulas topik ini lebih lanjut, Sahabat FIMELA? Yuk, Jangan lewatkan acara “PELUNCURAN SKINCARE BARU DARI OMG-OH MY GLOW #BEAUTYNEVERFADE” bersama Karina Anindita (Head of Brand Development OMG), Nanda Arsyinta (Beauty Content Creator), Dyah Fadhillah (TikTok Content Creator), dan dr Fitria Agustina, SpKK FINSDV (Skin Expert). Segera daftar di sini secara gratis.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Update Hepatitis Akut di DKI Jakarta Total jadi 24 Kasus 24, 5 Orang Meninggal
Artikel Selanjutnya
3 Posisi Hubungan Intim yang Paling Disukai Pria, Bikin Hubungan Tahan Lama