Sukses

Beauty

7 Penyebab Garis di Bawah Mata dan Pencegahannya Secara Efektif

Fimela.com, Jakarta Pernah menemui garis yang berada di bawah mata? Apakah itu tanda adanya kerutan di area mata atau tanda penuaan dini? Seiring bertambahnya usia kita akan mengalami perubahan dalam tubuh, mulai dari kepala hingga bagian kaki, perubahan ini sangat wajar terjadi dan mungkin akan terjadi oleh setiap orang.

Tubuh akan memproduksi protein alami seperti kolagen dan elastin yang akan membantu menjaga struktur dan elastisitas kulit kita. Selain itu produksi kolagen dan elastin akhirnya akan berkurang karena faktor usia dan faktor lainnya.

Perlu kamu tahu bahwa bagian kulit di mata kita sangat tipi dan akan kehilangan elastisitas serta strukturnya dengan sangat cepat, sehingga biasanya akan membentuk garis dan kerutan secara bertahap. Tapia pa sebenarnya penyebab garis di bawah mata yang kamu alami? Berikut di bawah ini untuk tahu penjelasannya:

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari ternyata dapat menyebabkan kerutan terutama pada sekitar mata, jika kamu salah satu orang yang sering menghabiskan waktu berada di luar ruangan selama berjam-jam terutama saat panas yang cukup terik maka akan terpapar sinar matahari secara langsung.

Selain itu tanpa adanya perlindungan sinar UVA yang tepat, akan mengakibatkan kerusakan yang akan terlihat menumpuk dalam bentuk garis-garis maupun kerutan di sekitar mata.

2. Ekpresi Wajah

Mengapa ekspresi wajah dapat menjadi salah satu penyebab garis di bawah mata? Biasanya ekspresi wajah yang berulang akan menyebabkan garis dan kerutan di area mata.

Saat kamu menyipitkan mata, atau mencoba tersenyum biasanya kamu akan melihat lekukan yang berkembang di bawah kulit mata kita. Karena produksi kolagen yang melambat seiring bertambahnya usia, maka kulit di sekitar mata akhirnya akan kehilangan kemampuan untuk kembali ketempatnya, mungkin itulah penyebab terdapat lipatan atau garis di bawah mata.

3. Merokok atau Vape

Banyak dari perempuan yang menyukai merokok atau vape (vaping), seseorang yang merokok biasanya akan Nampak garis-garis halus yang akan berkembang di sekitar mulut seseorang yang vape atau merokok.

Hal ini terkadang juga akan berkontribusi pada kerutan di bawah mata. Tak hanya itu nikotin memiliki fungsi untuk menghalani aliran darah ke kulit, sehingga akan menyipitkan mata untuk mencegah asap keluar dari mata dan menghasilkan tanda-tanda penuaan.

4. Menggosok Mata

Siapa disini yang terlalu sering menggosok mata? Saat bagian mata terdapat kotoran atau setelah kamu bangun tidur biasanya akan lebih sering menggosok di area mata.

Perlu kamu ingat bahwa kulit di bawah mata itu sangat tipis dan sangat halus. Menggosok area di sekitar mata tentu akan meregangkan kulit yang terlalu banyak dan menyebabkan kerusakan elastin dan pembentukan garis-garis.

5. Tidak Tidur terlentang

Mungkin kamu kamu yang lebih suka tidur miring atau tengkurang, akan lebih sering mengalami kerutan pada kulit lebih cepat daripada yang kamu perkirakan.

Dalam sebuah studi tahun 2012 di Journal of Cosmetic and Laser Therapy menemukan bahwa tidur dengan wajah yang menghadap ke bantal biasanya akan menyebabkan ketidaksempurnaan wajah.

6. Kulit Dehidrasi

Air sangat penting untuk tubuh kita, apalagi 70% tubuh kita pasti membutuhkan air. Kulit yang dehidrasi merupakan sebuah kondisi sementara yang disebabkan oleg kekurangan air Seiring dengan pengelupasan dan perasaan sesak, gejala umum lainnya dari kulit dehidrasi adalah adanya garis-garis yang lebih menonjol, terutama pada area sekitar mata.

7. Genetika

Gen ternyata dapat menentukan awal dan tingkat keparahan penuaan fisik, tapi perlu kamu perhatikan bahwa beberapa kasus kulit akan sering terpapar dan dapat dipengaruhi oelh faktor ekstrinsik dan lingkungan.

Cara Mencegah Kerutan dan Garis di Bawah Mata

Jika kamu tidak ingin menambah jumlah kerutan di garis bawah mata, lakukan beberapa tindakah pencegahan berikut ini untuk menjaga kulit agar tetap halus dan kenyal:

  • Menggunakan Sunscreen di Bawah Mata : Sunscreen atau tabis surnya merupakan salah satu produk perawatan kulit yang sangat cocok untuk anti penuaan dan paling efektif yang bisa kamu gunakan setiap harinya. Oleskan sunscreen dengan lembut di sekitar kelopak mata, dan hindari secara langsung di area mata.
  • Menjaga Kulit agar Dehidrasi : Gunakanlah pelembab yang tepat, terutam apada area sekitar mata. Hal ini sangat baik untuk menghindari kekeringan dan garis halus yang berhubungan dengan kulit dehidrasi.
  • Istirahatkan Mata : Jika kamu terus bekerja seharian di depan layar untuk waktu yang cukup lama, pastikan untuk memberi jeda atau mengambil istirahat sejenak demi mata kamu. Tak hanya itu kamu perlu memanjakan diri dengan menggunakan masker mata sebagai pendingin agar mengurangi bengkak serta iritasi akibat ketegangan mata.
  • Terapkan Kebiasaan Baik : Apakah kamu seseorang yang merokok atau bukan? Perhatilah pola hidup sehat serta pola gaya hidup kamu selama ini. Jika kamu mencoba untuk merubahnya maka akan menghasilkan hasil yang cukup signifikan.

Tentu terkadang kita tidak akan menghapus garis halus dan kerutan yang berada di bawah mata maupun titik tertentu, tetapu kamu dapat melembutkannya dengan beberapa produk perawatan yang baik dan cocok. Perawatan yang tepat serta tindakan pencegahan akan memungkinkan kamu untuk memiliki mata yang sehat dan segar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading