Sukses

Beauty

Tips Awet Muda Tanpa Harus ke Salon, Say Goodbye Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Usia yang terus bertambah adalah hal yang pasti dialami oleh semua orang. Tapi, terlihat tua ternyata pilihan. Faktanya, seiring usia yang terus bertambah, kulit akan mulai kehilangan elastisitas dan kelembapannya, sehingga teksturnya jadi terlihat mengendur. Kondisi ini ternyata nggak harus menunggu hingga lebih dari 30 tahun, lho. Nyatanya, banyak perempuan Indonesia yang mulai menunjukkan tanda penuaan dini bahkan di usia 20an.

Dr. Foad Nahai, ahli bedah di Atlanta, Amerika Serikat yang dilansir dari Aesthetic Surgery Journal menyebutkan bahwa perempuan mengalami proses penuaan yang jauh lebih cepat daripada laki-laki.

“Kecepatan penuaan ini disebabkan karana wanita mempunyai kelenjar peluh (sebaceous glands) yang lebih sedikit daripada lelaki,” jelasnya sebagaimana dilansir dari laman Health.

For your information, sebaceous glands atau kelenjar keringat berfungsi menghasilkan lebih banyak minyak yang membuat kulit terasa lembut. Jumlah kelenjar ini sangat sedikit pada perempuan, yang kemudian membuat mereka terlihat lebih tua dibandingkan pria.

Terlihat lebih tua dibandingkan usia jelas jadi hal yang mengganggu para perempuan. Nah, tahu nggak sih kalau ternyata ada 5 cara praktis yang bisa dilakukan untuk menghambat penuaan dini? Tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal ke salon atau klinik kecantikan, beberapa tips ini bisa dicoba.

Penuhi Kebutuhan Air Putih

Air putih dan penuaan dini, apa hubungannya sih? Ternyata ada keterkaitan erat antara keduanya, lho. Tubuh manusia didominasi kandungan air sekitar 70%-80% dari berat tubuh. Jadi, memenuhi kebutuhan air putih 8 gelas setiap hari sangat disarankan.

Air putih menjaga tubuh tetap terhidrasi yang berperan untuk melembapkan kulit, melancarkan fungsi pencernaan, sirkulasi darah, serta mengatur suhu tubuh internal. Nggak hanya itu saja, kebiasaan baik ini membuat kulit tetap bercahaya dan terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Salah satu langkah sederhana yang mudah dilakukan untuk melawan penuaan dini adalah memperhatikan pola asupan sehari-hari. Diet sehat dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi dan gizi seimbang seperti salmon, telur, tahu, buah dan sayur dapat menutrisi kulit. Selain itu, kenis makanan tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh yang menjaga kulit tetap terlihat kenyal dan sehat.

Waktu Tidur yang Cukup

Nggak hanya mendukung kondisi fisik agar tetap segar dan sehat saat beraktivitas saja. Tidur di malam hari ternyata juga memegang peranan penting untuk menunjang kulit yang sehat dan cantik. Disarankan untuk memenuhi waktu tidur ideal setiap hari, yaitu 6-8 jam setiap malam.

Hal ini disebabkan karena saat kamu tertidur, tubuh melakukan regenerasi sel, jaringan tubuh, dan kulit untuk memperbaiki sel yang rusak secara optimal. Dengan waktu tidur yang teratur setiap malamnya, kamu bisa mengalami regenerasi yang lebih baik sehingga bisa tetap kencang dan segar.

Manajemen Stres

Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa orang yang stres dan depresi akan lebih cepat tua dibandingkan mereka yang hidup bahagia. Ternyata, stres bisa mempercepat proses penuaan dini, dengan memperpendek telomere DNA. Panjang telomere ternyata memegang peranan penting yang signifikan pada proses penuaan dini.

Jadi, salah satu tips mencegah penuaan dini adalah mengelola kesehatan mental dengan baik. Hindari stres berlebihan itu sangat penting. Jika ada masalah, jangan terlalu memikirkannya biar nggak membawa perasaan yang berlarut-larut.

Konsumsi K-Link Liquid Marine Collagen Secara Rutin

Biarpun proses penuaan dini terjadi di atas usia 50 tahun, tapi kenyataannya kondisi tersebut sudah mulai terlihat saat memasuki usia 30-an. Jaringan kolagen dan elastin tubuh akan melemah, sehingga elastisitas kulit berkurang. Inilah yang kemudian memunculkan tanda penuaan seperti keriput atau kerutan.

Padahal, kolagen berperan untuk menjaga kekenyalan kulit. Kandungannya berperan sebagai protein yang membantu pembentukan jaringan. Kabar baiknya, kamu bisa menemukan kandungan kolagen dalam K-Link Liquid Marine Collagen bisa didapatkan di aplikasi Kmart. Kandungan marine collagen peptides dan triple antioxidant (glutation, vitamin c dan green tea extract) membantu kulit tetap kenyal, lembap, kencang, sehingga terlihat awet muda.

Wah, ternyata penuaan dini bisa diminimalisir dengan gaya hidup sehat kan! Jangan lupa untuk rutin mengonsumsi K-Link Liquid Marine Collagen setiap hari agar bisa menunda penuaan dini kulit dengan lebih maksimal. Selamat mencoba! (Ariyanto)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading