Sukses

Beauty

5 Penyebab Jerawat di Sekitar Mulut Akibat Pemakaian Benda yang Perlu Diperhatikan

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kelainan kulit yang terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak (sebum) dan sel kulit mati. Biasanya jerawat muncul di area dahi, pipi, dan hidung, karena area tersebut memproduksi minyak secara berlebih. Namun, tumbuhnya jerawat juga bisa dialami di area rahang, leher, punggung, hingga di sekitar mulut. lho!

Jerawat di sekitar mulut dapat terjadi karena bakteri berpindah ke wajah. Ini dikarenakan daerah dagu memiliki konsentrasi yang lebih besar dari kelenjar sebaceous (kelenjar yang mengeluarkan sebum).

Karena itu, untuk mencegahnya usahakan jangan sampai menyentuh wajah. Sayangnya, terdapat beberapa kebiasaan buruk dan benda-benda keseharian yang dapat memicu timbulnya jerawat di sekitar mulut.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab jerawat di sekitar mulut akibat pemakaian benda yang perlu diperhatikan. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Penggunaan Tali Helm

Tali dagu pada helm dapat dengan mudah menyumbat pori-pori di dekat mulutmu. Jika kamu mengenakan helm olahraga dengan tali dagu, pastikan tidak terlalu ketat. Kamu bisa membersihkan wajah dan dagu dengan lembut setelah memakai chin strap.

2. Penggunaan Alat Musik

Alat musik apa pun yang bertumpu pada dagu atau yang terus menerus menyentuh area di sekitar mulut, seperti biola dan seruling, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat di dekat mulut.

3. Penggunaan Pelembab Bibir

Perawatan harianmu bisa menjadi penyebab pori-pori tersumbat dan teriritasi di dekat mulut. Lip balm berminyak atau berminyak mungkin merupakan penyebab umum.Karena, lilin dalam lip balm dapat menyumbat pori-pori jika lip balm menyebar ke bibir dan ke kulit. Wewangian yang terdapat didalamnya juga bisa mengiritasi kulit.

4. Penggunaan Ponsel

Sama seperti benda-benda sebelumnya, ppa pun yang bersentuhan dengan dagu dapat menyumbat pori-pori. Jika kamu meletakkan ponsel di dagu saat berbicara, ini bisa menyebabkan mulut atau dagu berjerawat.

Maka dari itu, sebaiknya tidak meletakkan ponsel di dagu. Perhatikan juga kebersihan ponsel agar tidak memicu jerawat atau masalah kulit lainnya. 

5. Pengaruh Hormon

Hormon yang dikenal sebagai androgen merangsang produksi sebum, yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

 Jerawat hormonal biasanya muncul di garis rahang dan dagu. Namun, baru-baru ini penelitian mengatakan koneksi hormon-jerawat mungkin tidak dapat diandalkan seperti yang diperkirakan, setidaknya pada wanita.

Fluktuasi hormonal mungkin disebabkan oleh masa pubertas, haid, kehamilan, sindrom ovarium polikistik, dan lain-lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading