Sukses

Beauty

5 Penyebab Ketombe Basah yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang indah dan sehat. Munculnya ketombe basah di rambut dan kulit kepala, bisa membuat rambut tampak kusam dan kulit kepala terasa sangat gatal. Penyebab ketombe basah ini jarang disadari oleh seseorang.

Secara umum, penyebab ketombe basah adalah karena produksi minyak di kulit kepala berlebihan. Ketombe yang menempel di kulit kepala dapat terlihat dan berjatuhan di bahu. Kondisi ini bisa membuat seseorang kehilangan rasa kepercayaan dirinya.

Masalah rambut yang satu ini harus segera diatasi. Sahabat Fimela bisa menghilangkan ketombe basah dengan memilih produk sampo yang tepat, atau menggunakan bahan alami yang bisa menghilangkan ketombe. Berikut penyebab ketombe basah yang jarang disadari:

Penyebab Ketombe Basah

1. Tidur Saat Rambut Basah

Penyebab ketombe basah yang pertama adalah karena tidur saat kondisi rambut masih basah. Usahakan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu setelah keramas. Karena rambut yang basah dan terbawa tidur, bisa menyebabkan jamur tumbuh di kulit kepala. Bahkan tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan sakit kepala.

2. Jarang Keramas

Jika jarang keramas atau mencuci rambut, maka kondisi rambut akan terlihat lepek. Kondisi ini dipengaruhi oleh kadar minyak yang menumpuk di kulit kepala. Sebaiknya cucilah rambut seminggu maksimal 3 kali. Agar kesehatan rambut tetap terjaga.

3. Memiliki Riwayat Penyakit Kulit

Ketombe basah juga bisa disebabkan karena seseorang memiliki riwayat penyakit kulit tertentu, yaitu dermatitis seboroik. Penyakit kulit menyebabkan peradangan dan ruam di kulit kepala. Jika tidak segera diatasi, penyakit kulit ini bisa mengakibatkan ketombe basah, eksim seboroik, dan proriasis seboroik.

 

Penyebab Ketombe Basah

4. Infeksi Jamur

Malassezia globosa adalah jenis jamur yang bisa tumbuh di kulit kepala. Jamur ini memiliki asam oleat penyebab ketombe basah. Selain tumbuh dengan cepat di kulit kepala, infeksi jamur ini juga bisa menular ke orang lain.

5. Salah Menggunakan Produk Rambut

Penyebab ketombe basah yang terakhir adalah karena salah menggunakan produk rambut, seperti sampo. Beberapa kandungan produk yang digunakan untuk sampo, memiliki kandungan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan peradangan pada kulit kepala. Bahkan salah menggunakan produk sampo, juga bisa menyebabkan produksi minyak berlebihan di kepala dan mengakibatkan ketombe basah.

Cara Menghilangkan Ketombe Basah

Cara tepat yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe basah adalah rajin mencuci rambut. Sahabat Fimela bisa mencuci rambut seminggu tiga kali. Pastikan menggunakan sampo anti ketombe, yang mengandung zinc atau asam salisilat (selenium sulfida). Kandungan tersebut bisa menghilangkan ketombe dan mengontrol produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya untuk menghilangkan ketombe. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata di kulit kepala. Kemudian bungkus rambut dengan handuk hangat selama 1,5jam. Setelah itu bilas rambut hingga bersih.

Selain itu, gunakan obat oles antijamur atau lotion kortikosteroid yang ampuh menghilangkan ketombe. Penggunaan obat oles jamur ini harus dengan pengawasan dokter. Ada baiknya tidak berbagi handuk atau sisir dengan orang lain, untuk menghindari penularan akibat ketombe basah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading