Sukses

Beauty

Apa Itu Eksfoliasi? Mengenal Manfaatnya untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit menggunakan bahan kimia, zat granular, atau alat pengelupasan. Kulit secara alami melepaskan sel-sel kulit mati untuk memberi ruang bagi sel-sel baru setiap 30 hari atau lebih.

Terkadang, sel-sel mati tidak terlepas sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan tambalan kering, bersisik dan pori-pori tersumbat. Eksfoliasi dapat membantu mencegah hal ini.

Dikutip dari healthline.com, banyak manfaat dan aplikasi praktis untuk menghilangkan kulit mati dan kotoran menyiratkan bahwa eksfoliasi adalah produk yang sangat diinginkan dan dibutuhkan. Maka dari itu penting mengetahui apa saja manfaat dari ekfoliasi untuk kesehatan kulit wajah. 

Manfaat eksfoliasi

Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi kulit dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit topikal dengan meningkatkan penyerapan. Pengelupasan kulit secara teratur juga dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat, menghasilkan lebih sedikit jerawat.

Pengelupasan jangka panjang dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah kunci untuk kulit bercahaya dan cerah. Protein juga meningkatkan elastisitas kulit, meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kendur terkait.

Tips memilih produk eksfoliasi yang tepat

Ada scrub untuk wajah, tubuh, dan kaki. Kamu juga dapat menemukan opsi untuk berbagai jenis kulit. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih produk.

Periksa ruang lingkup penggunaannya

Anda tidak boleh menggunakan scrub yang ditujukan untuk tubuh kamu di wajah. Lulur tubuh umumnya lebih keras dan dapat merobek jaringan wajah yang halus.

Gunakan satu produk pada satu waktu

Meskipun mungkin tergoda untuk membeli satu set lengkap produk, kamu tidak boleh menggunakan lebih dari satu ekfoliasi sekaligus. Menggunakan beberapa produk pengelupasan pada area kulit yang sama dapat merusak kulit dan menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan.

Menghentikan pemakaian suatu produk jika membuat kulit bereaksi buruk

Kamu mungkin perlu menelusuri produk yang berbeda karena perawatan kulit perlu berubah. Misalnya, jka kulit kamu menjadi berminyak, pertimbangkan untuk menggunakan produk yang mengandung charcoal atau hentikan produk tersebut. 

 

*Penulis: Saffa Sabila.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading