Sukses

Beauty

Asam Kojic, Kandungan Produk Skincare Favorit Dokter Kulit untuk Atasi Noda Gelap

Fimela.com, Jakarta Asam kojic adalah asam lain, selain asam glikolat dan salisilat yang harus kamu kenal dalam rutinitas perawatan kulit. Asam kojic penting untuk membuat kulit lebih cerah merata.

Asam kojic berasal dari jamur dan sangat baik untuk memudarkan hiperpigmentasi dan perubahan warna kulit alias noda gelap. Asam kojic bisa bekerja baik sendirian, maupun dipasangkan dengan kandungan pencerah lain.

Belum lagi, asam kojic juga bertindak sebagai antioksidan. Tidak seperti asam lain yang bekerja dengan melarutkan ikatan antara sel dan pengelupasan kulit, asam kojic bekerja dengan menghambat produksi pigmen, seperti dilansir dari byrdie.com.

Asam kojic juga memiliki manfaat tambahan jika dipasangkan dengan bahan pencerah kulit lainnya, seperti hidrokuinon. Tapi, di sisi lain, asam kojic juga bekerja dengan baik jika sendirian dan merupakan alternatif yang baik bagi kamu yang tidak bisa mentolerir atau tidak ingin menggunakan hidrokuinon yang lebih kuat.

 

 

Manfaat asam kojic untuk kulit

1. Memudarkan noda gelap dan mencerahkan kulit.

2. Menghambat produksi melanin pada kulit. Jalur yang menyebabkan kelebihan melanin atau pigmen kompleks, tapi inti masalahnya adalah enzim yang dikenal sebagai tirosinase.

Asam kojic memblokir aktiviasi UV dari tirosinase, sehingga membatasi produksi melanin. Ini berarti bisa membantu menyamarkan noda gelap akibat matahari, kerusakan dari jaringan parut jerawat, dan bahkan memperbaiki melasma.

3. Bertindak sebagai antioksidan. Asam kojic bisa membantu menangkal radikal bebas yang merusak kulit yang disebabkan oleh paparan hal-hal, seperti UV dan polusi.

4. Memiliki sifat anti inflamasi dan anti virus. Tidak seperti banyak asam lainnya, asam kojic juga memiliki karakteristik unik ini.

Efek samping penggunaan asam kojic

Secara umum, asam kojic bisa diteloransi dengan baik, lebih baik daripada kebanyakan asam, tapi alergi atau iritasi tentu saja mungkin terjadi. Ruam merah, gatal, iritasi, dan rasa terbakar adalah efek samping yang paling umum, walaupun biasanya jarang terjadi jika kamu menggunakannya dalam konsetrasi rendah.

Cara menggunakan asam kojic

Jika kulitmu super sensitif, jangan gunakan asam kojic setiap hari. Gunakan saja produk berbasis asam kojic hanya sekali atau dua kali per minggu untuk memastikan bahwa kulit bisa mentolerirnya.

Penggunaan asam kojic yang berkelanjutan bisa membuat kulit lebih rentan terhadap sinar matahari. Inilah pentingnya menggunakan tabir surya setiap hari, terlebih jika kamu memasukkan asam kojic ke dalam rutinitas perawatan kulitmu.

What's On Fimela
Loading