Sukses

Beauty

How To: 12 Langkah Tepat Pakai Masker Rambut

Fimela.com, Jakarta Masih banyak yang menganggap masker rambut merupakan hal yang dianggap tidak penting untuk kehidupan sehari-hari. Karena, sebagian orang menilai bahwa mencuci rambut dengan sampo.

Padahal, penggunaan masker rambut cukup penting untuk menguatkan rambut lebih maksimal dan mengurangi rambut rontok. Penggunaan masker rambut dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan dan keluhan rambut masing-masing penggunanya. 

Dikutip dari healthline.com, penggunaan masker rambut berfungsi untuk meningkatkan kondisi rambut. Masker rambut juga dapat disebut sebagai perawatan deep conditioning atau kondisioner rambut intensif. Apa yang membedakannya dengan kondisioner instan adalah bahwa bahan-bahannya biasanya lebih terkonsentrasi, dan masker dibiarkan di rambut lebih lama, mulai dari 20 menit hingga beberapa jam.

Manfaat Masker Rambut

Ada banyak manfaat menggunakan masker rambut, dan manfaatnya berbeda-beda tergantung bahan dan jenis rambut Anda. Secara umum, manfaat menggunakan masker rambut meliputi:

  • Rambut lebih berkilau dan lembut
  • Menambahkan kelembapan
  • Mengurangi kerusakan dan kerusakan rambut
  • Mengurangi keriting pada rambut 
  • Kulit kepala yang lebih sehat
  • Rambut lebih kuat
  • Lebih sedikit kerusakan lingkungan dan produk

 

Cara Menggunakan Masker Rambut

  1. Untuk melindungi pakaian, gantungkan handuk di bahu kamu atau kenakan T-shirt lama.
  2. Jika rambut panjang atau tebal, mungkin membantu untuk membaginya menjadi beberapa bagian dengan jepit rambut.
  3. Kamu bisa mengaplikasikan masker dengan jari-jari, atau menggunakan kuas kecil untuk mengoleskan campuran masker rambut ke rambut.
  4. Jika rambut kering, mulailah aplikasi masker rambut di dekat kulit kepala dan kerjakan ke ujungnya. Setelah masker diterapkan ke ujung rambut, kamu dapat kembali dan mengoleskannya dengan lembut ke kulit kepala.
  5. Jika secara khusus menggunakan masker untuk mengobati ketombe, kamu dapat memulainya dari kulit kepala.
  6. Jika rambut berminyak, mulailah aplikasi masker rambut di bagian tengah dan kerjakan ke arah ujungnya.
  7. Setelah kamu selesai mengoleskan masker, sisir rambut dengan sisir bergigi jarang untuk membantu memastikan masker menyebar secara merata.
  8. Tutupi rambut dengan shower cap atau bungkus plastik. Kemudian bungkus handuk di sekitar kepala. Ini membantu melindungi masker agar tidak menetes, tetapi juga membantu menambahkan sedikit panas, yang dapat membantu bahan menyerap ke dalam rambut.
  9. Biarkan masker selama setidaknya 20 hingga 30 menit. Tergantung pada bahannya, beberapa masker dapat dibiarkan selama berjam-jam atau bahkan semalaman.
  10. Bilas sampai bersih dengan air hangat atau dingin. Hindari air panas. Air yang lebih dingin dapat membantu menyegel kutikula rambut dan membantu rambut Anda mempertahankan lebih banyak kelembapan.
  11. Setelah membilas masker kamu mungkin perlu dua kali atau lebih bilas untuk mengeluarkannya sepenuhnya, kamu dapat menambahkan produk dan mengeringkan rambut.
  12. Untuk rambut kering, keriting, atau rusak, kamu bisa mengaplikasikan masker rambut seminggu sekali. Jika rambut kamu cenderung lebih berminyak, coba gunakan setiap beberapa minggu.

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading