Sukses

Beauty

Cara Menggunakan Lulur dengan Benar agar Kulit Lembut dan Bercahaya

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin pernah melihat produk lulur di rak toko yang menjanjikan kulit yang lebih halus dan cerah. Untuk memperoleh manfaat lulur secara maksimal, cara menggunakan lulur juga berpengaruh.

Lulur bermanfaat sebagai produk pengelupasan fisik. Artinya, lulur bisa menghilangkan sel kulit mati dari lapisan luar kulitmu secara fisik. Biasanya, lulur menggunakan bahan abrasif seperti gula atau garam.

Bahan tersebut bisa merangsang pergantian sel kulit hingga menghasilkan kulit yang lebih halus dan cerah. Agar manfaatnya bisa terasa secara optimal, yuk, simak cara menggunakan body scrub yang benar berikut ini!

Cara menggunakan lulur yang benar

Menggunakan lulur relatif mudah dan aman selama kamu mengikuti beberapa langkah sederhana ini. Dikutip dari Healthline.com, Asisten Profesor Klinis Dermatologi di Yale New Haven Hospital, Deanne Mraz Robinson, menyarankan langkah berikut:

1. Bilas kulitmu dengan air hangat.

2. Taruh sedikit body scrub atau lulur di tangan kamu.

3. Gosokkan dengan lembut pada kulitmu dengan gerakan melingkar kecil menggunakan tangan atau sarung tangan khusus eksfoliasi.

4. Gosok kulit dengan lembut maksimal selama 30 detik.

5. Apabila sudah selesai menggosok, bilas kulit dengan air hangat.

6. Setelah itu, cuci kulit secara menyeluruh menggunakan pembersih atau sabun yang biasanya kamu gunakan. 

7. Setelah kulit bersih, lap dengan handuk.

8. Tepuk kulit kamu secara perlahan hingga kering.

9. Terakhir, oleskan pelembab untuk kelembapan ekstra.

Itulah beberapa langkah menggunakan lulur secaa tepat yang perlu kamu praktikkan. Yuk, mulai gunakan lulur seperti rekomendasi di atas ini!

Tips memakai lulur

1. Pilih kandungan lulur bebas minyak

Secara sementara, kandungan lulur bisa mengganggu skin barrier dan mengeringkan kulitmu. Robinson menyarankan, carilah produk dengan kandungan kelembapan bebas minyak, seperti ceramide, vitamin E, atau hyaluronic acid.

2. Lakukan satu sampai dua kali per minggu

Seberapa sering kamu harus melakukan eksfoliasi tergantung pada jenis kulitmu. Meski begitu, Robinson menyarankan, kamu bisa memulai dengan frekuensi 1 hingga 2 kali per minggu.

3. Pilih lulur dengan partikel scrub kecil

Robinson menyarankan, pilihlah lulur dengan partikel kecil yang lembut. 

"Jauhi scrub partikel besar, seperti aprikot dan kenari, yang dapat menyebabkan robekan mikro di kulit dan menyebabkan peradangan dan infeksi," ujar Robinson dikutip dari Healthline.com.

Beberapa scrub fisik juga mengandung bahan pengelupasan kimia. Oleh karenanya, carilah scrub dengan salicylic acid jika kulitmu berminyak. Bagi pemilik kulit sensitif, carilah lulur dengan kandungan glycolic acid. 

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

What's On Fimela
Loading