Sukses

Beauty

Seberapa Sering Seharusnya Kamu Cuci Muka? Simak Ini

Fimela.com, Jakarta Cuci muka adalah langkah pertama yang penting untuk setiap rutinitas perawatan kulit wajah, tapi bagaimana mengetahui apakah rutinitasmu terlalu sedikit atau berlebihan? Selain menggunakan sunscreen, cuci muka adalah aturan perawatan kulit yang utama, apapun jenis kulitmu.

Bagi kulit kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif, menghilangkan kotoran dengan cara cuci muka adalah langkah pertama yang penting untuk setiap rutinitas perawatan kulit. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam rutinitas cuci muka, tapi secara umum, cuci muka seharusnya dilakukan sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

Bagi kamu yang memiliki kulit sangat berminyak atau berjerawat, cuci muka dua kali sehari atau bahkan lebih mungkin disarankan oleh dokter kulit, terutama jika kamu telah diresepkan pembersih dengan presentase bahan aktif yang tinggi, seperti benzoil peroksida. Kondisi cuaca juga bisa menyebabkan perubahan pada kulit, seperti dilansir dari huffpost.com.

 

 

Rutinitas cuci muka

Cuaca yang kering dan dingin, serta penggunaan air panas bisa menyebabkan kulit menjadi kering, yang mungkin membuatmu lebih jarang cuci muka. Namun, cuci muka tetap disarankan dilakukan dengan pembersih lembut pagi dan malam.

Kuncinya adalah memperhatikan suhu air yang digunakan, serta menghindari pembersih yang keras, yang sebenarnya tidak perlu, karena justru akan menghilangkan minyak alami kulit. Yang terpenting adalah menjaga kekuatan penghalang kelembapan, terutama saat cuaca dingin dan kering.

Selama musim panas atau iklim sedang sangat panas dan lembap, cuci muka disarankan lebih sering, karena keringat, minyak, dan kotoran lainnya bisa menumpuk lebih cepat di kulit, menyebabkan pori tersumbat dan menjadi jerawat. Coba tingkatkan rutinitas cuci muka menjadi tiga kali sehari jika kulitmu menjadi lebih berminyak.

Rutinitas cuci muka

Mulailah rutinitas pembersihkan di pagi hari dengan menggunakan micellar water yang lembut. Micellar water akan membantu membersihkan kulit wajah dari bakteri dan kotoran yang menempel dari sarung bantal. Cuci muka dan rutinitas pembersihan di pagi hari juga akan membantu produk perawatan kulit lainnya bekerja lebih baik.

Sedangkan rutinitas pembersihan di malam hari bisa membantu menciptakan kulit yang bersih untuk produk lainnya. Malam adalah waktu paling penting untuk membersihkan kulit, terlepas dari apakah kamu memakai makeup atau tidak hari itu.

Tanda-tanda kamu cuci muka secara berlebihan adalah jika kulit terasa kering setelah dibersihkan, produksi minyak berlebih, hingga kulit mengelupas. Apakah kamu sudah menyesuaikan rutinitas pembersihanmu dengan jenis kulitmu, Sahabat FIMELA?

Loading