Sukses

Beauty

5 Penyebab Ketombe Membandel dan Cara Mengatasi yang Efektif

Fimela.com, Jakarta Ketombe merupakan salah satu masalah rambut bagi banyak orang, seseorang yang memiliki ketombe tentu akan merasa tidak nyaman dan terus ingin menggaruk rambut mereka. Padahal, ketombe yang digaruk akan semakin menyebar dan berkembang pada sisi lain rambut.

Ketombe merupakan salah satu kondisi umum yang dapat membuat kulit kepala meradang dan sangat gatal, ketombe sangat jelas terlihat dan biasanya akan ada bekas serpihan putih berdebu di rambut mereka. Meskipun hal ini tidak berbahaya, tentu memiliki rambut ketombe dapat membuat kita tidak percaya diri.

Shampo maupun perawatan rambut lainnya bisa tentu dapat mengatasi masalah ketombe yang kita alami, ternyata seseorang yang memiliki ketombe hingga membandel perlu periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan. Berikut beberapa penyebab ketombe memandel yang mungkin kamu alami:

1. Kulit Teriritasi atau Berminyak

Kebanyakan orang menganggap bahwa ketombe yang mereka dapatkan berasal dari kulit kepala yang kering, meskipun hal ini benar tetapi kulit kepala yang kering bukanlah salah satu hal yang dapat menyebabkan rambut berketombe. Seseorang dengan kulit kepala berminyak dari peningkatan produksi sebum, ternyata dapat mengalami ketombe yang membandel.

Hal ini juga berkaitan dermatitis serboik, yang merupakan hasil eksim pada kulit kepala. Seseorang yang memiliki dermatitis serboik perlu periksa ke dokter dan membutuhkan perawatan serta pengobatan yang tepat.

2. Keramas

Beberapa orang percaya bahwa ketombe yang mereka alami dapat berkembang menjadi lebih buruk saat keramas. Faktanya, jika kamu jarang keramas saat mandi dapat memperburuk ketombe dan membuatnya semakin membandel, hal ini dikarenakan lebih banyak minyak dan kulit mati yang menempel di area kulit. Tetapi, untuk keramas kamu perlu memilih shampoo yang tepat, terutama memiliki kandungan selenium sulfie atau zinc yang dapat mengatasi ketombe dengan baik.

3. Jamur Ragi (Malassezia)

Salah satu penyebab utama dari ketombe yang kamu alami adalah jamur atau disebut sebagai Malassezia, jamur satu ini biasanya terjadi pada bagian kulit kepala orang dewasa. Beberapa orang terkadang ada yang sensitif dengan asam oleat, tubuh akan bereaksi pada asam ini dan dapat meningkatkan kecepatan pembaruan sel-sel di kulit.

4. Kulit Kering

Kulit kering sering identik dengan ketombe, seseorang yang memiliki kulit kering biasanya akan memiliki ketombe di bagian kulit kepala mereka. Saat kamu memiliki kulit kepala yang kering ada baiknya untuk memilih produk rambut yang ditujukan untuk kulit kepala kering, menggunakan masker rambut ternyata dapat menyembuhkan dan membantu menambah kelembapan pada kulit.

5. Produk Perawatan Rambut

Tidak semua orang cocok dengan produk perawatan rambut yang mereka gunakan, ternyata kulit kepala juga rentan dan dapat iritasi serta mendapatkan reaksi alergi dari produk yang mereka gunakan. Jika kulit kepala kamu kering dan sensitif menggunakan produk rambut ada baiknya untuk menghentikan, sebelum terjadi beberapa masalah rambut lainnya. Dermatitis kontak merupakan reaksi alergi terhadap kontak langsung dengan iritan dan dapat menyebabkan ketombe.  

Untuk mengetahui permasalah yang tepat dan penanganan yang baik, ada baiknya jika kamu periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. Gunakanlah produk yang mengandung nutrisi untuk perawatan rambut berketombe, jangan gunakan produk sembarang karena dapat memperburuk ketombe.

Cara Mengatasi Rambut Berketombe

  • Minyak Kelapa : Ternyata minyak kelapa dapat digunakan sebagai salah satu obat alami untuk ketombe, karena memiliki efektivitas dan meningkatkan hidrasi pada kulit serta mencegah terjadinya kekeringan.
  • Lidah Buaya : Lidah buaya merupakan sukulen yang sering ditambahkan pada beberapa produk perawatan seperti kosmetik maupun skincare. Ternyata lidah buaya sendiri dapat membantu mengatasi kondisi seperi luka bakar, psoriasis, dam melawan beberapa jenis jamur yang ada pada kuli kepala.
  • Minimalkan Tingkat Stres : Stres ternyata dapat mempengaruhi kesehatan, kondisi kronis, bahkan kesehatan mental. Meskipun hal ini tidak menyebabkan ketombe, tetapi dapat memperburuk kondisi kulit kering dan membuat seseorang mengalami gatal-gatal.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kulit kepala yang terkena ketombe membandel, beberapa hal dapat menyebabkan ketombe semakin membandel dan sulit untuk dihilangkan. Jika kamu masih ragu, ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading