Sukses

Beauty

Lawan Tanda Penuaan Dini, 4 Kandungan Skincare Ini Bekerja Tingkatkan Produksi Kolagen

Fimela.com, Jakarta Saat sedang bercermin, tiba-tiba menemukan kondisi kulit yang terlihat mengendur hingga muncul kerutan halus yang ada di sekitar area mata? Waspada dengan tanda penuaan dini, Sahabat Fimela. Ternyata kondisi tersebut bisa muncul tanpa harus menunggu pertambahan usia. Polusi, gaya hidup sehari-hari, hingga tidak menerapkan ritual skincare yang seharusnya dilakukan bisa memicu kemunculannya di usia 20an.

Salah satu faktor penyebab penuaan dini muncul adalah berkurangnya produksi kolagen secara alami di dalam tubuh. Kolagen sendiri adalah protein yang ditemukan pada rambut, tulang, dan kulit yang berperan untuk menjaga struktur kulit. Kandungan ini juga yang menjaga kulit terlihat lebih sehat dan kencang.

Saat tanda penuaan dini mulai terlihat, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melawan masalah tersebut adalah dengan meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Gimana caranya? Ternyata 4 kandungan skincare ini bisa membantu, lho.

Vitamin C

Sudah bukan rahasia lagi kalau Vitamin C sering dianggap sebagai salah satu kandungan yang efektif melawan tanda penuaan dini. Formula tersebut bekerja dengan cara menstabilkan RNA, zat yang mendukung produksi kolagen untuk menjaga dan meregulasi jumlah kolagen yang diproduksi oleh kulit.

Kandungan anti-aging di dalamnya juga bekerja untuk melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radiasi sinar matahari. Untuk membantu melawan tanda penuaan dini, penggunaan serum yang mengandung Vitamin C bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Retinol

Kandungan yang satu ini pastinya sudah nggak asing lagi buat para beauty enthusiast kan? Dikenal sebagai kandungan ajaib dalam ritual perawatan kulit, retinol bekerja ke dalam lapisan kulit untuk membuat teksturnya tampak lebih halus, glowing, hingga melawan tanda penuaan dini.

Nah, cara kerja retinol dalam melawan tanda penuaan dini dilakukan dengan meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Selain itu, kandungannya juga menstimulasikan aliran darah di dalam kulit sehingga membuatnya tampak lebih cerah, sehat, dan bercahaya.

Jadi, penggunaan retinol disarankan bagi yang ingin melawan tanda penuaan dini pada kulit. Namun, perhatikan dos and don’ts dalam menggunakan skincare yang mengandung retinol, mulai dari cara layering skin hingga frekuensi penggunaannya agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Peptide

Salah satu kandungan yang belakangan ini naik daun dan banyak ditemukan dalam produk perawatan anti-aging adalah peptide. Formula yang satu ini sebenarnya adalah protein dalam ukuran yang lebih kecil dan berasal dari asam amino yang menyusun jenis protein tertentu yang dibutuhkan oleh kulit.

Kandungan Peptide sendiri bekerja untuk merangsang pertumbuhan kolagen yang lebih banyak di dalam tubuh. Dengan produksi kolagen yang meningkat, artinya kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan tampak awet muda. Peptide bisa ditemukan di beberapa produk serum hingga eye cream yang bisa digunakan untuk perawatan kulit secara rutin.

Produk Eksfoliasi Wajah

Tahu nggak sih kalau dengan menggunakan produk eksfoliasi wajah secara teratur juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh? Yup, eksfoliasi bekerja untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel pada permukaan kulit. Dengan gerakan memijat yang menyebabkan pengelupasan sel kulit mati, gerakan tersebut juga bisa merangsang produksi kolagen yang dapat melawan tanda penuaan dini.

Jadi, disarankan untuk melakukan eksfoliasi wajah secara rutin 1-2 kali seminggu untuk merangsang produksi kolagen secara alami pada kulit. Dengan begitu, kamu pun bisa menjaga kulit agar tetap sehat, cerah, dan melawan tanda penuaan dini.

Ingin melawan tanda penuaan dini? Beberapa rekomendasi kandungan skincare di atas bekerja efektif untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Namun, perlu diperhatikan penggunaan untuk masing-masing produk ya supaya tidak menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya!

What's On Fimela
Loading