Sukses

Beauty

Tips Diet Tetap Sehat Saat Ngidam Makanan Tertentu di Masa PMS

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak sih ngidam makanan tertentu di masa-masa PMS alias pre menstrual syndrom atau PMS? Bukan sekadar kondisi yang dibuat-buat atau memang lagi lapar saja, keinginan menikmati makanan tertentu ini terjadi karena tubuh mengalami perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang cukup drastis ketika menjelang masa menstruasi tiba. Perubahan inilah yang memunculkan keinginan menikmati makanan manis atau yang memiliki kadar kalori tinggi.

Biarpun keinginan makanan tertentu ini sifatnya alamiah, ternyata nggak boleh dituruti begitu saja lho. Pada dasarnya, ngidam juga menjadi tanda tubuh membutuhkan lebih banyak kalori agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari. Beberapa tips diet ini bisa dilakukan ketika mulai ngidam makanan tertentu di masa PMS, gali lebih jauh yuk!

Saat Lagi Ngidam Karbo

Ada kalanya di masa PMS, kamu tiba-tiba ingin menikmati nasi padang dengan porsi nasi yang banyak atau malah makan dobel karbo, seperti kombinasi mi instan dan nasi. Kebiasaan makan tersebut memang 'Indonesia' banget, tapi sebenarnya bisa jadi tanda kalau terjadi peningkatan hormon serotonin di dalam tubuh yang membuatmu merasa letih dan lesu. Craving karbohidrat merupakan tanda tubuh membutuhkan asupan energi tambahan.

Tapi, ketahuilah kalau asupan karbo yang melimpah sebenarnya hanya bisa memberikan energi yang sifatnya sementara. Jadi, lebih baik mulai berpikir untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang dapat mengatur produksi serotonin, seperti kacang-kacangan, brown rice, atau oats.

Sedang Ingin Menikmati Makanan Manis? Pertimbangkan Hal Ini

Salah satu craving yang banyak terjadi menjelang diet adalah makanan manis. Tiba-tiba saja kamu jadi sweeth tooth yang ingin menikmati puding dengan vla manis, dessert box, atau fudgy cookies yang bikin nagih.

Tapi, terlalu banyak asupan gula bisa mempengaruhi proses metabolisme tubuh. Jadi, cobalah untuk makan 1-2 keping cookies manis, lalu ganti dengan alternatif makanan manis lain buat para sweeth tooth. Misalnya saja homemade smoothie, kombinasi buah dan yoghurt, atau ngemil buah yang dikombinasikan dengan madu. Beberapa rekomendasi makanan tersebut nggak hanya manis, tapi juga bisa membantu mengatasi sugar craving dengan cara yang lebih sehat.

Saat Lagi Ngidam Cokelat

Ngidam cokelat juga menjadi salah satu yang paling sering terjadi saat sedang PMS. Kalau ingin menikmati yang lebih bermanfaat dan membawa banyak manfaat kesehatan, dark chocolate bisa jadi pilihannya lho.

Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan dan mineral tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kabar baiknya, dark chocolate juga bisa jadi mood booster saat sedang mengalami mood swings yang rentan terjadi selama PMS.

Ngidam yang terjadi selama PMS memang dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang membutuhkan asupan nutrisi tertentu. Beberapa tips di atas bisa membantu agar dapat mewujudkan diet sehat selama masa PMS berlangsung. Selamat mencoba ya!  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading