Sukses

Beauty

Cara Melatih Mindfulness dengan Metode Mindful Shower untuk Lebih Sadar dan Mencintai Diri

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri adalah cara paling efektif untuk menjaga kesehatan mental. Ada banyak cara untuk mencintai diri, salah satunya adalah dengan merawat tubuh dengan baik. Dengan melakukan perawatan terbaik itu artinya kita menyayangi diri kita.

Mencoba untuk mendengar dan melihat lebih dekat apa yang ada pada diri kita akan membuat kita lebih mudah untuk mencintai diri. Hal ini seperti yang disampaikan Danti Nastiti, brand manager Garden of Na’eem PT Bina Karya Prima (BKP), beberapa waktu lalu bahwa terbiasa mindful self love, menyayangi diri dan merawat  diri dengan penuh kesadaran adalah hal yang penting.

Mencintai diri sendiri artinya kita terbebas dari stigma dan beban sosial. Kamu paham apa yang terbaik untuk dirimu sekaligus lebih fokus dengan milikmu bukan orang lain. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk lebih mencintai diri dengan sadar?

Meluangkan Waktu untuk Lebih Mengenal Diri

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memahami kebutuhan dari diri dan bagaimana cara terbaik untuk mencintai diri. Menurut Mindfulness & Well Being Coach, Raden Prisya, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa sangat penting bagi kita  untuk beristirahat di antara kesibukan dalam keseharian. 

Kamu perlu meluangkan waktu untuk jeda  di kala lelah agar dapat kembali hadir sepenuhnya dengan berenergi, sehingga apa yang dilakukan menjadi bermakna. Lebih lanjut ia mengatakan, mindfulness memiliki arti menyadari apa yang dilakukan, serta merasakan apa yang kita rasakan.

Hal yang paling penting dengan Mindfulness, kamu bisa hadir dengan sepenuhnya saat melakukan sesuatu. Contoh diri tidak berkesadaran yang seringkali terjadi yaitu, saat kita sudah lelah namun tidak menanggapi tubuh dan tak kunjung beristirahat, atau mencoba ‘lari’ dari perasaan tak  nyaman misal sedih atau marah dengan cara membuka ponsel selama berjam-jam tanpa menyadari apa yang sedang dilakukan.

Melatih Mindfulness sebagai Wujud Mencintai Diri

Raden Prisya menyampaikan jika mindfulness dapat dilatih. Kamu bisa meluangkan waktu untuk duduk sejenak dengan posisi tegak, kemudian bernapas dan menyadari setiap nafas  yang ditarik dan hembuskan. Sebagai manusia, sangat wajar bila fokus terdistraksi, inilah waktu untuk kembali menyadari diri yang teralihkan fokusnya tanpa menghakimi, kemudian kembali sadar dan hadir dalam nafas. Selain duduk dengan sadar napas, kita juga dapat  melatih mindfulness sambil berkegiatan, misal makan, membaca, dan mandi.

Melatih mindfulness butuh kedisiplinan. Selalu luangkan hadir pada diri 5 hingga 10 menit setiap harinya. Hal ini penting untuk melatih diri hidup berkesadaran dalam kondisi tidak nyaman sekalipun. Jika kamu mindful, maka dengan sadar akan menjadi pengawas dan pengendali atas dirimu sendiri. 

Misalnya saat marah, kamu akan lebih bisa mengendalikan kemarahanmu. Sebagai manusia seringkali kita terlalu terbawa pikiran macam-macam. Lakukan mindful meditasi yaitu dengan meluangkan waktu untuk berlatih sadar.

Mindful Shower Melatih Mindfulness pada Diri agar Lebih Sadar

Mindful shower adalah salah satu cara untuk melatih mindfulness, sekaligus memberi perhatian utuh pada diri sendiri. Caranya adalah dengan dengan hadir sepenuhnya sewaktu mandi, sadari nafas dan  seluruh sensasi panca indera di setiap momennya. Jeda yang diberikan untuk diri dalam waktu tersebut diharapkan dapat mengistirahatkan pikiran sejenak dan membawa ketenangan dalam berpikir apabila dilakukan secara konsisten setiap hari.

Garden Of Na’eem yang diperkaya dengan Moroccan Argan Oil, dimana kata  “Na’eem” diambil dari bahasa Arab yang berarti “surga” atau “kenyamanan”, sangat tepat untuk menemani momen latihan mindfulness. Lebih lanjut Danti memberikan tips memanfaatkan Na’eem Shower menuju mindful shower yang bisa dilakukan sebagai berikut:

Menghadirkan Diri Sepenuhnya

Tutup mata, tarik nafas dan hembuskan perlahan. Apa pun masalahmu hari ini, ingatkan dirimu bahwa waktu ini hanya untukmu. 

Menyadari Apa yang Dirasakan

Apa yang sedang kamu rasakan secara fisik, emosional, mental? Nikmati momen mandi yang dapat memberimu kesegaran dan ketenangan dalam menghadapi harimu. 

Mengaktifkan Panca Indera

  • Mendengarkan - nyalakan keran air dan dengarkan suara menenangkan dari tetesan air.
  • Mencium aroma - usapkan Garden of Naeem ke kulitmu, bernafaslah dan nikmati aroma bunga  mekar yang menenangkan dan menyegarkan. Bayangkan kesibukan dan kekhawatiran kamu  selama ini tersapu hilang.
  • Melihat - perhatikan saat air jatuh menyentuh busa-busa dan mengalir diantaranya. 

Bagaimana Sahabat Fimela? Sudah siap untuk mindful shower untuk melatih mindfulness. Kesegaran wangi Taifi Rose yang terinspirasi oleh Ta’if, kota mawar di Mekah, yang dikenal dengan budidaya bunga Taifi Rose di dataran tinggi dipetik sejak fajar untuk kesegaran dan kemurnian  terbaik. Tak hanya itu Garden of Naeem diperkaya dengan organic moroccan argan oil yang bermanfaat untuk melembabkan dan mencerahkan kulitmu dan pastinya diformulasikan secara halal.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading