Sukses

Beauty

Shade Foundation Tidak Sesuai? Ini Tips untuk Memilihnya Sesuai Warna Kulit

Fimela.com, Jakarta Foundation atau alas bedak merupakan salah satu tahapan awal dalam menggunakan make up. Pemilihan foundation yang sesuai dengan warna kulit sangat penting untuk menentukan hasil make up nantinya. 

Dilansir dari goodto.com founder Project Lip, Joy Howieson mengatakan tujuan utama dalam memilih foundation adalah untuk terlihat seperti versi yang disempurnakan dari kulit kita sendiri. Untuk mendapatkan hasil tersebut dapat memilih formula, hasil akhir, dan warna yang tersedia untuk membantu menentukan produk yang cocok. Kesalahan dalam memilih foundation dapat menyebabkan perbedaan warna antara leher dan wajah, menyebabkan breakout, hingga foundation yang mengendap menjadi garis halus.

Wanita yang menggunakan make up seringkali kesulitan untuk menentukan shade foundation sesuai dengan warna kulit. Tak jarang pula kesalahan dalam pemilihan warna tersebut menyebabkan hasil make up yang tidak sempurna. oleh karena itu, Fimela telah merangkum beberapa tips untuk memilih foundation sesuai dengan warna kulit.

Kenali Undertone

Undertone merupakan warna dasar kulit kita yang biasanya tidak akan berubah. Cara mudah untuk mengetahui undertone adalah dengan melihat warna urat nadi pada pergelangan tangan.

Jika warna urat nadi berwarna ungu atau biru berarti undertone yang dimiliki adalah cool undertone, dengan demikian sahabat Fimela dapat memilih foundation dengan shade complexion yang memiliki tone merah muda. Kemudian, jika warna urat nadi cenderung berwarna hijau, maka undertone yang dimiliki adalah warm undertone sehingga sahabat Fimela dapat memilih foundation dengan tone kekuningan.

Namun, jika urat nadi sahabat Fimela merupakan gabungan biru dan hijau, maka undertone yang dimiliki adalah neutral undertone, sehingga dapat memilih shade complexion yang tidak terlalu berwarna merah muda ataupun kuning.

"Neutral merupakan nada warna yang berada di tengah-tengah, warna kulit Anda bisa berubah arah - lebih hangat atau lebih dingin tergantung pada warna yang Anda kenakan atau mungkin jika Anda sedikit kecokelatan di musim panas atau lebih cerah di musim dingin”, kata make up artist di California, Lynn Simpson dilansir dari goodto.com.

Pilih Foundation Sesuai Jenis Kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Adanya jenis kulit dapat memengaruhi warna foundation yang dipilih karena setiap foundation dirancang dengan formula khusus sesuai dengan jenis kulit. Jika sahabat Fimela memiliki jenis kulit berminyak, janganlah memilih foundation yang mengandung banyak minyak. Sebaliknya, pilihlah foundation dengan formula yang matte.

Jika sahabat Fimela memiliki jenis kulit yang cenderung kering, pilihlah foundation yang memiliki kandungan pelembab serta kadar airnya lebih banyak sehingga dapat menghidrasi kulit. Namun, jika memiliki jenis kulit kombinasi pilihlah foundation yang mengandung formula satin karena sangat cocok untuk tipe jenis kulit ini. 

“Jenis kulit Anda pasti memengaruhi jenis warna foundation yang harus dipilih. Misalnya, jika Anda memiliki kulit kering, pastikan Anda menggunakan foundation yang menghidrasi,” kata No7  make up ambassador, Joy Adenuga dikutip dari goodto.com.

Selain itu, pastikan juga bahwa sahabat Fimela memilih foundation sesuai dengan warna kulit. Jika tidak diperhatikan kesalahan dalam memilih foundation yang tidak sesuai warna kulit akan membuat kulit terlihat kusam dan dapat berakibat fatal dalam hasil akhir make up nantinya

Aplikasikan pada Rahang atau Leher

Setelah memilih foundation janganlah diaplikasikan pada lengan. Sebaliknya, cobalah untuk mengaplikasikannya pada rahang atau leher. Setelah itu, pilihlah warna yang paling mendekati warna kulit serta jika sudah diaplilkasikan tunggulah beberapa saat untuk mengetahui apakah foundation yang tersebut mengalami oksidasi atau tidak.

Oksidasi sendiri merupakan kondisi di mana kulit mengalami perubahan warna ke arah lebih gelap setelah diaplikasikannya foundation. Jika kulit mengalami oksidasi, sahabat Fimela dapat memilih foundation dengan warna satu tingkat lebih cerah dari warna kulit.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

What's On Fimela
Loading