Sukses

Beauty

Tips Memilih Sabun Pembersih Wajah untuk Pemilik Kulit Berminyak, Yakin Sudah Tepat?

Fimela.com, Jakarta Bicara soal perawatan kulit, membersihkan wajah menjadi salah satu ritual penting yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Dari sinilah kunci wajah glowing dan sehat yang selama ini jadi impian bisa terwujud. Jadi, penting untuk bisa memilih sabun pembersih wajah yang tepat, terutama yang menyesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.

Bagi pemilik kulit berminyak, memilih sabun pembersih wajah dengan formula yang tepat sangat penting agar bisa membersihkan minyak dengan maksimal sehingga tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Jadi, apa saja sih yang harus dipertimbangkan saat ingin memilih sabun pembersih wajah untuk kulit berminyak? Intip dulu di sini!

Selalu Perhatikan Formula Produk

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih sabun pembersih untuk pemilik kulit berminyak pastinya formula produk. Kenali kandungan yang seharusnya dihindari, seperti minyak mineral, petroleum, dan petrolatum yang berpotensi mengiritasi kulit.

Selain itu, sebaiknya pilih sabun yang mengandung asam salisilay, benzoil peroksida, asam glikolat, niacinamide, hyaluronic acid, dan gliserin. Formula ini dapat bekerja untuk membantu mengurangi produksi minyak di area wajah.

Produk Pembersih yang Berbusa

Ada beberapa jenis sabun pembersih wajah yang ada di pasaran, mulai dari gel, milky, hingga foam. Masing-masing jenis sabun tersebut dapat disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Khusus pemilik kulit berminyak, disarankan menggunakan sabun pembersih wajah berjenis foam atau yang memiliki busa.

Kenapa harus sabun yang berbusa? Pasalnya, buih busa pada sabun tersebut dapat bekerja mengangkat minyak di permukaan kulit secara maksimal, terutama jika menggunakan air hangat. Jadi, minyak dan kotoran dapat terangkat dengan baik tanpa menyumbat pori-pori.

Pilih Produk Noncomedogenic

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan label produk dan kandungan di dalamnya. Khusus pemilik wajah berminyak, disarankan menggunakan tipe sabun dengan formula noncomedogenic atau yang tidak mengandung minyak.

Produk dengan kandungan minyak berpotensi menyumbat pori-pori yang bisa memicu produksi minyak alami makin meningkat. Jadi, sebaiknya pilih yang memiliki formula ringan dan tidak menyebabkan pori-pori tersumbat.

Hindari Produk yang Mengandung Bahan Kimia Keras

Perhatikan juga jika produk sabun cuci muka yang digunakan mengandung bahan kimia keras. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, yang kemudian memicu produksi minyak alami lebih banyak untuk menjaga kelembapan kulit.

Jadi, penting untuk mengenali dan membaca label produk terlebih dulu sebelum digunakan. Hindari sabun yang mengandung alkohol dan bahan pewangi yang bisa memberikan efek keras pada kulit.

Beberapa tips di atas bisa jadi referensi saat akan memilih sabun pembersih wajah yang tepat bagi pemilik kulit berminyak. Selamat mencoba ya!

Loading