Sukses

Beauty

How To: Langkah Tepat Mengaplikasikan Milk Cleanser

Fimela.com, Jakarta Dalam langkah-langkah perawatan kulit, cleansing penting untuk menjaga kesehatan kulit. Cleansing mampu membersihkan polusi, kotoran, dan kosmetik sehingga memulihkan dan memberikan energi pada kulit. Namun, cleansing juga bisa membuat kulit menjadi kering.

Salah satu opsi pembersih wajah tanpa membuat kering adalah milk cleanser. Milk cleanser adalah produk perawatan kulit yang mampu menghilangkan kotoran yang terkumpul sepanjang hari. Cleansing ini tidak mengandung bahan kimia atau pembersih yang keras, sehingga efektif dan sesuai pemilik jenis kulit tertentu seperti jenis kulit sensitif dan kering.

Mengutip dari laman The Skincare Edit, cleansing milk memiliki tekstur yang tipis dan milky. Cleansing ini terbuat dari emolien minyak ringan dan biasanya bebas dari kandungan sulfat. Selain itu, cleansing milk tidak menghasilkan busa  dan mampu membersihkan kulit tanpa mengikis minyak alami kulit. Dan yang utama, mampu memberikan kelembapan pada kulit.

Manfaat menggunakan milk cleanser

Milk cleanser merupakan bisa jadi pilihan utama dalam membersihkan wajah selain sabun pembersih wajah.  Menggunakan milk cleanser dipercaya untuk membersihkan, mengencangkan, dan melembapkan kulit. Tidak hanya itu, cleanser ini juga mampu menutrisi wajah dengan baik.

Manfaat utama penggunaan milk cleanser adalah menghapus makeup. Saat mengaplikasikan milk cleanser ke wajah, pijatan pelan mampu membersihkan kotoran, sisa makeup secara maksimal, dan menjaga kulit tetap halus dan lembut.

Cara mengaplikasikan milk cleanser yang tepat

1. Oleskan pada wajah yang kering

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan ketika mengaplikasikan milk cleanser yaitu menggunakannya pada kulit basah. Cara ini hanya akan membuat produk menjadi encer dan membuat efektifitasnya menurun.

Karena itu, pastikan mengaplikasikan milk cleanser pada kulit yang kering. Ingatlah bahwa milk cleanser cenderung diformulasi dengan minyak—dan minyak menarik minyak, membantu memecah dan mengangkat riasan atau kotoran pada kulit.

2. Oleskan milk cleanser dengan jari atau kapas

Langkah selanjutnya, oleskan milk clenaser ke seluruh wajah dengan dua cara. Pertama menggunakan ujung jari yang memungkinkan penyerapan lebih baik di area padat. Kedua menggunakan kapas bisa lebih higienis. Karena itu, pastikan jari dalam kondisi bersih.

3. Aplikasikan dengan memijat pelan

Ketika mengaplikasikan milk clenaser lakukan gerakan memijat untuk meratakannya ke seluruh kulit. Cara ini dapat membantu menghilangkan kotoran dan penyerapan lebih baik ke kulit. Lakukan hal ini selama 30 detik atau lebih.

4. Bersihkan sisa-sisa milk cleanser

Setelah mengaplikasikan serta memijat lembut, bersihkan cairan cleanser dari kulit dengan kapas kering ataupun basah sesuai keinginan. Lakukan gerakan melingkar ketika membersihkannya. Membersihkan wajah dengan milk cleanser perlu diulangi satu hingga tiga kali jika banyak menggunakan makeup.

5. Gunakan toner atau micelar water sebagai tahap akhir

Langkah terakhir setelah mengaplikasikan milk cleanser, oleskan toner ke seluruh wajah dan leher. Toner juga bisa membantu untuk memastikan kulit benar-benar bersih dari kotoran dan sisa milk cleanser.

Untuk beberapa kulit, sisa residu milk cleanser di wajah mungkin tidak menyebabkan masalah. Bagi yang lain, hal ini bisa menyebabkan iritasi, pori-pori tersumbat dan bahkan jerawat. Perlu diingat bahwa lapisan apa pun pada kulit dapat bertindak seperti penghalang yang mencegah bahan topikal lainnya menembus kulit dengan benar.

 

*Penulis: Tasya Fadila.

Rekomendasi Milk Cleanser

1. Wardah Lightening Cleansing Milk

Wardah Lightening Cleansing Milk adalah milk cleanser yang memiliki tekstur lembut. Produk ini memiliki kandungan advanced niacinamide yang mampu mengangkat kotoran di wajah. Selain itu, rutin menggunakan milk cleanser dari Wardah dapat membuat kulit menjadi lebih cerah.

2. Viva Milk Cleanser Bengkuang

Apakah Sahabat Fimela ingin produk mlik cleanser yang harganya ekonomis? Gunakan Viva Milk Cleanser Bengkuang yang mengandung ekstrak bengkuang dan sun flower oil. Milk cleanser ini bisa digunakan untuk pemilik kulit normal.

3. Pond's Bright Beauty Cleansing Milk

Milk cleanser tidak hanya berfungsi untuk membersihkan wajah saja. Namun, bisa juga membantu mencerahkan kulit wajah, seperti produk dari Pond's Bright Beauty Cleansing Milk. Karena produk ini mengan niacinamide dan AHA.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading