Sukses

Beauty

Urutan Tepat Mengaplikasikan Makeup pada Kulit Berminyak untuk Hasil Akhir Bebas Kilap

Fimela.com, Jakarta Merias wajah dengan makeup merupakan salah satu cara untuk mempercantik tampilan diri dan meningkatkan rasa percaya diri. Tentunya semua orang menginginkan hasil akhir makeup flawless dan tahan lama. Namun, untuk memperoleh hasil tersebut tidak mudah bagi pemilik kulit berminyak.

Produksi minyak berlebihan dikulit wajah membuat makeup tidak menempel sempurna dan membuat wajah terlihat kusam, bukannya glowing. Mengutip dari Stylecraze.com, untuk menangani hal ini, pemilihan produk makeup spesifik yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

Melalui pemilihan produk dan langkah pemakaian makeup yang tepat, para pemilik kulit berminyak tetap bisa memperoleh hasil akhir flawless, tahan lama, dan glowing. Ada beberapa urutan pemakaian makeup yang disarankan oleh makeup artist dan dermatolog yang dikutip dari WebMD.

Langkah 1: Gunakan cleanser, toner, dan moisturizer

Langkah pertama kali yang harus dilakukan adalah mempersiapkan wajah sebelum makeup dipasang. Bersihkan wajah dengan cleanser wajah dengan komposisi yang aman untuk pemilik kulit berminyak. Produk dengan formula salicylid acid bekerja dengan baik pada tipe kulit ini.

Selanjutnya, aplikasikan toner ke seluruh wajah dengan merata. Kemudian, lembapkan wajah dengan produk moisturizer yang berbahan dasar cream atau lotion dan ratakan ke kulit wajah. Pastikan juga pelembap yang digunakan oil-free. Diamkan beberapa saat hingga pelembap meresap sempurna.

Langkah 2: Semprotkan air mawar atau setting spray ke wajah

Air mawar mampu membantu memunculkan sinar natural dari wajah dan membuatnya terlihat segar sepanjang hari. Semprotkan ke seluruh wajah hingga leher dan biarkan mengering alami sebelum mengaplikasikan makeup ke wajah.

Opsi lain, menyemprotkan setting spray sebelum memasang makeup akan membantu menciptakan layer tipis pada kulit. Sehingga mencegah minyak menembus ke lapisan makeup yang akan diaplikasikan nantinya sehingga hasil akhir yang didapatkan bisa tahan lama.

Langkah 3: Wajib aplikasikan primer

Untuk membuat kulit terlihat lembut dan membuat makeup melekat dengan baik di kulit hingga tahan sepanjang hari, wajib gunakan primer. Selain itu, mengaplikasikan primer juga mampu mengontrol sebum dan produksi minyak dengan baik.

Makeup artist, Emily Kate Warren menjelaskan  setidaknya pemilik kulit berminyak harus mengaplikasikan primer pada area berminyak, seperti daerah T-Zone. Gunakan primer yang oil-free dan anti-shine. Pasangkan sebelum mengaplikasikan foundation ke wajah.

Langkah 4: Aplikasikan foundation

Setelah mempersiapkan kulit dan memasang primer, saatnya mengaplikasikan foundation ke kulit. Pilihkan foundation dengan formula yang membuat kulit tetap matte. Ratakan ke seluruh kulit wajah secara merata sehingga tidak terlihat belang. Blend menggunakan sponge dan pastikan memakai dalam layer tipis.

Langkah 5: Gunakan concealer

Aplikasikan concealer pada bagian mata jika Sahabat Fimela kurang percaya diri dengan masalah kulit mata. Seperti kantung mata menghitam, oleskan sedikit dan blend dengan merata menggunakan blend sponge sehingga kulit jadi terlihat flawless.

Di sisi lain, jika Sahabat Fimela merasa kurang nyaman menggunakan councealer, Warren mengatakan bahwa penggunaan primer yang spesifik ditujukan untuk eyelid akan menciptkan canvas untuk eyeshadow dan eyeliner yang baik. Disaat yang sama menyerap minyak sepanjang hari.

Langkah 6: Set dengan bedak powder

Aplikasikan bedak powder pada wajah. Penggunaan bedak bubuk dipercaya cocok untuk kulit berminyak. Namun tetap saja jika menggunakan terlalu banyak akan jadi bumerang bagi pori-pori kulit sehingga memproduksi lebih banyak minyak.

Pakai bedak pada bagian-bagian yang terlihat mengkilap. Pemilihan bedak dengan  formula matte translucent lebih disarankan, karena mengurangi tampilan kilap berlebihan pada wajah. Selain itu, mengaplikasikan bedak bubuk menggunakan sponge lembap juga jadi trik yang bekerja baik untuk menjaga kulit berminyak tetap matte dan bebas kilap lebih lama.

Langkah 7: Gunakan setting spray

Langkah akhir sebelum benar-benar mulai memasang eye shadow, eyeliner, dan produk makeup lainnya, semprotkan setting sray. Gunakan ke seluruh wajah hingga leher. Dan pastikan untuk tidak menggunakannya terlalu banyak. Layer tipis saja cukup sehingga membantu mengunci makeup untuk tahan lama.

Langkah 8: Saatnya memakai makeup

Kulit wajah sudah dipersiapkan dengan baik untuk memakai makeup tahan lama di kulit dengan tipe berminyak. Saatnya menuangkan kreativitas dan kemampuan makeup pada wajah tanpa khawatir minyak kulit akan menghalangi tampilan sempurna makeup Sahabat Fimela.

*Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

What's On Fimela
Loading