Sukses

Beauty

5 Cara untuk Menghilangkan Kulit Mati di Kaki

Fimela.com, Jakarta Memiliki kaki yang mulus dan halus merupakan dambaan semua wanita, tak jarang para wanita melakukan perawatan pedicure untuk membuat kaki tampak lebih cantik. Selain itu, wanita juga ingin tampil maksimal, apalagi ke acara-acara formal menggunakan high heels namun seringkali terganggu oleh kehadiran kulit mati pada kaki.

Dilansir dari healthline.com kulit mati yang menumpuk pada kaki terjadi akibat kurangnya kelembaban karena wanita sering kali menggunakan sepatu atau kaus kaki yang tertutup. Selain itu, jika sahabat Fimela tidak teratur merawat kaki akan membuat penumpukan kulit mati.

“Kulit yang menebal adalah respons fisiologis untuk melindungi struktur yang lebih dalam di bawah permukaan kulit, seperti tulang,” kata Melanie Palm, dokter kulit bersertifikat di San Diego dikutip dari beydie.com.

Berikut 7 cara untuk menghilangkan kulit mati di kaki yang bisa dicoba sahabat Fimela.

1. Menggunakan batu apung

Batu apung merupakan salah satu batu lava alami yang dapat membantu menghilangkan kulit mati dan kapalan pada kaki. 

Cara penggunaannya:

  • Celupkan batu apung ke dalam air hangat, sahabat Fimela juga dapat merendam kaki selama 10-15 menit untuk membuat kaki lebih lembut.
  • Gosok batu pada kaki dengan gerakan lembut secara melingkar atau menyamping untuk menghilangkan kulit mati. Gerakan ini dapat membantu untuk meningkatkan pergantian sel kulit kaki yang sehat.
  • Pastikan kaki tidak digosok berlebihan karena dapat membuat kaki menjadi iritasi sehingga menimbulkan rasa sakit.
  • Setelah menggosok kaki menggunakan batu apung, sahabat Fimela dapat mengoleskan lotion atau minyak untuk melembutkan dan melembabkan kaki.

Selain itu, menurut dokter kulit bersertifikat di New York sekaligus Assistant Professor of Dermatology Icahn School of Medicine at Mount Sinai mengatakan bahwa sahabat Fimela juga dapat menambahkan garam epsom ke dalam air saat merendam kaki karena garam epsom dapat melembutkan kulit dan membantu menghilangkan kalus.

2. Menggunakan Paraffin Wax

Saat ini banyak sekali salon kecantikan yang menawarkan paraffin wax sebagai tambahan untuk perawatan pedicure. Paraffin wax sendiri merupakan lilin yang dilelehkan pada suhu sedang untuk perawatan kaki, biasanya lilin ini tidak boleh terlalu panas karena dapat membakar serta mengiritasi kulit.

Sahabat Fimela dapat menggunakan paraffin wax di rumah dengan melelehkan lilin ke dalam panci kemudian dipindahkan ke mangkuk sebelum merendam kaki. Setelah lilin mengeras sahabat Fimela dapat mengupas lilin, nantinya kulit mati di kaki akan hilang bersama lilin tersebut. 

3. Melakukan scrub kaki

Scrub kaki merupakan langkah paling mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kulit mati yang ada di kaki. Saat ini scrub dapat dijumpai di mana saja seperti supermarket, minimarket, dan pasar tradisional. 

Untuk cara penggunaannya, sahabat Fimela dapat mengoleskan langsung butiran scrub ke kaki kemudian digosok secara perlahan dengan telapak tangan atau spons untuk mengangkat kulit mati yang ada di kaki. 

4. Menggunakan oatmeal scrub

Untuk menghilangkan kulit mati yang ada di kaki, sahabat Fimela dapat menggunakan oatmeal sebagai eksfoliator pengganti scrub. Cara membuat oatmeal scrub adalah mencampurkan oatmeal dengan air mawar atau susu. Kemudian kedua bahan yang telah dicampur dioleskan ke kaki dan didiamkan selama 20-30 menit.

Setelah itu sahabat Fimela dapat menggunakan sikat untuk membersihkan scrub yang digunakan tadi, kemudian dibilas menggunakan air dingin dan diolesi krim kaki agar tetap lembab dan lembut.

5. Rendam dengan cuka

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa cuka memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, salah satunya cuka dapat membantu melembutkan dan menghilangkan masalah kulit mati, kering, dan pecah-pecah di kaki dengan menggunakan cuka sari apel atau cuka putih.

Caranya adalah campurkan cuka dengan air dingin di baskom, kemudian rendamlah kaki selama 5-10 menit. Sahabat Fimela juga dapat menambahkan batu apung untuk menghilangkan kulit kering.

Selanjutnya keringkan dan oleskan krim pelembab khusus kaki untuk mengunci kelembaban setelah berendam menggunakan cuka. Perawatan hanya boleh dilakukan 1-2 kali seminggu karena jika berlebihan akan membuat kulit semakin kering.

 

*Penulis: Angela Marici.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading