Sukses

Beauty

3 Cara Menjaga Kelembaban Wajah yang Kering Akibat Teriknya Matahari

Fimela.com, Jakarta Sebagai negara dengan iklim tropis, terik matahari selalu menjadi musuh bebuyutan bagi para perempuan. Nggak hanya bikin kulit menjadi gelap dan belang.  Kulit kering dan kusam menjadi salah satu masalah yang sering dialami. Bahkan, terkena sinar matahari yang terlalu lama juga sering menyebabkan kulit menjadi mengelupas dan perih.

Buat yang selalu beraktivitas diluar ruangan, sangat tidak nyaman apabila kulit wajah atau bagian tubuh lain terbakar akibat sinar matahari. Untuk mencegah kulit kering serta mengelupas penting sekali buat kamu selalu menggunakan dan mengoleskan sunblock kembali saat diluar.

Namun, masih ada banyak perawatan kulit kering yang wajib kamu tahu, berikut 3 tips melembabkan dan menyegarkan wajah kembali.

1. Banyak Minum Air Putih

Kulit diibaratkan seperti tanah, kenapa? Jika tanah sedang kering dan gersang itu pertanda kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Begitu juga dengan kulit, kering dan kusam terjadi karena kekurangan cairan. Maka dari itu, cairan dalam tubuh harus dijaga.

Minum air putih adalah salah satu cara paling mudah, murah, dan ampuh dalam mengembalikan kekurangan cairan tubuh. Begitu juga pada kulit wajah, hal ini dapat membantu mengatasi kulit kering dan mengelupas karena sinar matahari. Pastikan kamu selalu mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap harinya, ya! Semakin banyak cairan yang diminum, masalah kulit kering bisa diatasi.

 

2. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Perawatan kulit untuk menjaga kelembaban dan kesegaran wajah bisa dilakukan secara internal. Dengan mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang mengandung kaya akan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E. Kandungan yang disebutkan dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit wajah.

Semakin sering beraktivitas di bawah terik matahari, semakin banyak juga tubuh membutuhkan cairan. Kamu bisa mengkonsumsinya mulai dari makan sayuran seperti tomat, selada, wortel, bayam. Dan mengkonsumsi buah-buahan  seperti kiwi, apel, semangka, alpukat. Tidak hanya dikonsumsi sebagai cemilan, kamu bisa mencampurkan dengan bahan lain untuk menjadi smoothie yang lezat dan menyegarkan. Berikut ini salah satu resep smoothie bowl yang dikutip dari Cookpad.

Bahan - Bahan :

●  1 mangkok (bowl)

●  100 gr frozen buah strawberry

●  100 gr frozen buah pisang

●  50 gr frozen buah naga

●  100 ml yogurt atau susu

●  1 sdt madu

● Topping : potongan buah strawberry, buah naga, pisang, dan granola

Cara Membuat :

1. Masukkan semua bahan seperti buah strawberry, pisang, dan buah naga yang sudah di bekukan atau frozen.

2. Tuangkan 100ml yogurt atau susu, dan berikan 1sdt madu.

3. Blender hingga tercampur rata dan halus.

4. Tuangkan smoothie ke dalam bowl, lalu berikan topping dengan potongan buah dan  granola.

3. Menggunakan Pelembab

Selain minum setidaknya 8 gelas cairan dalam sehari,  menggunakan produk perawatan kulit yang tepat dapat melembabkan dan menyegarkan wajah kembali. Menggunakan pelembab adalah kunci terpenting untuk merawat kulit yang kering dan mengelupas karena sinar matahari. Tapi sebelum itu, cermati dahulu bahan-bahan yang terkandung dalam pelembab yang kamu pilih agar terhindar dari iritasi.

Pilihlah krim pelembab yang bisa meredakan kulit kering dan melembabkan, atau bisa menggunakan produk yang mengandung Centella Asiatica. Centella Asiatica adalah sejenis tanaman herbal yang dipercaya sebagai obat berbagai penyakit kulit.

Berada di negara tropis memang memiliki risiko seperti mengalami kulit kering. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Dengan menggunakan krim pelembab dan menerapkan tips tersebut diatas, dijamin bisa terhindar dari masalah kulit.

Masih khawatir sama kulit kering akibat terik matahari? Langsung saja ikuti 3 tips untuk menjaga kelembaban dan kesegaran wajah selama beraktivitas diluar. Selamat mencoba, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading