Sukses

Beauty

7 Tips Makeup yang Aman untuk Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Masa kehamilan merupakan waktu dimana perempuan membutuhkan perawatan maksimal dalam hal rutinitas dan kesehatan pola makan. Perubahan hormonal dan fisik yang terjadi pada masa kehamilan sangat mempengaruhi tubuh seorang perempuan. Salah satu bagian tubuh yang paling sensitif selama sembilan bulan masa kehamilan adalah kulit wajah. Maka dari itu banyak sekali ibu hamil yang kurang percaya diri dengan wajahnya dan memerlukan makeup saat berkegiatan di luar rumah.

Kondisi kulit yang biasa dialami oleh ibu hamil diantaranya adalah noda hitam, bengkak pada wajah, dan jerawat. Kondisi wajah seperti ini dapat diakali dengan pengaplikasian makeup pada ibu hamil, namun tentunya harus melihat komposisi makeup terlebih dahulu agar tidak berdampak buruk pada janin yang ada dalam kandungan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut 7 tips makeup yang dapat bermanfaat untuk ibu hamil.

1. Oil-Free Moisturizer

Beberapa orang mungkin mengalami fase "Pregnancy Glow" yang membuat kulit wajah terlihat lebih glowing karena wajah memproduksi minyak lebih banyak dari biasanya. Namun, minyak pada wajah menjadi tidak baik jika berlebihan. Oleh karena itu, pilihlah moisturizer yang tidak memiliki kandungan minyak di dalamnya.

Mengutip dari thebump.com, Markphong, seorang makeup artist yang berbasis di New York mengatakan, "Perempuan yang sedang hamil disarankan untuk menggunakan moisturizer dan sunscreen yang tidak memiliki komposisi minyak di dalamnya. Hal ini untuk mencegah penyumbatan pori-pori yang nantinya akan berdampak buruk pada kulit wajah."

2. Sunscreen

Hormon yang dihasilkan pada masa kehamilan terkadang membuat kulit ibu hamil menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari dan alergi lainnya. Penggunaan sunscreen yang memadai dapat membantu meminimalisir kemungkinan hiperpigmentasi yang dapat terjadi pada kulit wajah. Melansir dari parents.com, ibu hamil disarankan untuk menghindari chemical sunscreen yang memiliki kandungan Avobenzone, homosalate, octisalate, octocrylene, oxybenzone, oxtinoxate, menthyl anthranilate dan oxtocrylene di dalamnya.

4. Lip Balm Berwarna

Pada masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk menghindari penggunaan lipstik merah yang biasa dipakai pada saat sebelum hamil. Hal ini dikarenakan lipstik merah mengandung aluminium lebih banyak dibanding dengan shade lipstik lainnya. Aluminium sangat berbahaya bagi janin dalam kandungan. Oleh karena itu, penggunaan lip balm yang berwarna atau tinted lip balm lebih dianjurkan karena dapat melembapkan bibir dan juga memberikan warna yang soft pada bibir.

5. Hindari Penggunaan Maskara

Beberapa maskara yang beredar di pasaran mengandung diazolidinyl urea, sebuah pengawet yang melepaskan kandungan formaldehyde yang tidak baik bagi janin. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk menggunakan penjepit bulu mata yang tergolong lebih aman dibandingkan maskara.

6. Concealer not Foundation

Foundation tergolong ke dalam makeup berat yang dapat menyumbat pori-pori pada wajah ibu hamil. Oleh karena itu, penggunaan concealer lebih dianjurkan karena komposisinya yang lebih ringan dan juga dapat menjadi salah satu cara bagi ibu hamil untuk tetap tampil fresh tanpa takut timbulnya jerawat.

Mengutip dari thebump.com, Markphong mengatakan, "Aplikasikan concealer di bawah mata untuk menutupi kantong mata atau mata panda dan meratakan warna kulit." Pilihlah concealer yang aman yang dapat menyamarkan kemerahan pada kulit serta menenangkan kulit yang sedang iritasi.

7. Gunakan Blush On

Mengkontur wajah mungkin menjadi salah satu trik makeup yang sering dilakukan oleh perempuan sebelum masa kehamilan. Namun, konturing bisa menjadi sesuatu yang berat bagi kulit ibu hamil karena kulit sudah menjadi lebih sensitif. Oleh karena itu, penggunaan blush sangat disarankan untuk membuat dimensi pada wajah terlihat lebih tegas dan segar.

Komposisi yang Harus Dihindari

Melansir dari timesofindia.com, berikut merupakan komposisi dalam makeup atau produk kecantikan yang harus dihindari oleh ibu hamil:

1. Salicylic Acid: Meskipun komposisi satu ini dapat berfungsi untuk membersihkan pori-pori wajah, penggunaan dengan dosis tinggi secara terus menerus dapat mengakibatkan cacat lahir yang serius.

2. Komposisi antiaging: Retinoid merupakan salah satu agen untuk antipenuaan dini yang banyak ditemukan dalam produk kecantikan. Namun, komposisi yang satu ini harus dihindari penggunaannya untuk ibu hamil karena efek buruknya pada janin.

Selain menghindari komposisi di atas, ibu hamil juga disarankan meminum banyak air putih untuk menjaga hidrasi kulit wajah sehingga terhindar dari kondisi kulit kering.

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading