Sukses

Beauty

5 Cara Menggunakan Rose Water dan Manfaatnya untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Bunga mawar biasanya digunakan untuk bahan pewangi. Namun ternyata mawar juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Rose water atau air mawar dibuat dengan menyuling kelopak mawar dengan air.

Saat ini, cukup banyak produk skincare atau makeup yang memiliki kandungan bunga mawar. Hal ini karena kandungan pada bunga mawar memiliki banyak manfaat seperti dapat melembapkan kulit, mencegah penuaan dini, dan lain sebagainya.

Melansir dari Mindbodygreen, air mawar dapat digunakan sebagai rangkaian skincare untuk memberi manfaat yang baik bagi kulit. Berikut cara menggunakan air mawar beserta manfaatnya.

1. Digunakan sebagai Campuran Toner

Selain memiliki aroma yang menenangkan, air mawar juga dapat digunakan sebagai toner untuk wajah. Kandungannya pada air mawar dapat membantu mengontrol produksi sebum di wajah. Cara menggunakannya dapat dimasukkan pada toner dan digunakan sesuai rangkaian skincare milikmu.

2. Face Mist

Selain untuk melembapkan kulit, face mist biasanya juga digunakan untuk menyegarkan kulit wajah saat terasa lelah atau lama terpapar sinar matahari. Air mawar dapat digunakan untuk face mist. Simpanlah dalam botol semprot yang dapat dibawa kemana pun dan gunakan saat wajah terasa lelah. Menggunakan air mawar sebagai face mist dapat memberi efek segar pada wajah.

3. Diaplikasikan Sebelum dan Sesudah Makeup

Menggunakan air mawar sebelum makeup dapat membantu makeup lebih mudah diaplikasikan pada wajah. Sebelum mulai menggunakan riasan, pastikan air mawar telah meresap dengan baik pada kulit. Selain itu, penggunaan air mawar setelah makeup sebagai setting spray mampu membuat makeup lebih tahan lama.

4. Air Mawar untuk Hair Mist

Sifat antioksidan yang terkandung pada air mawar bermanfaat untuk kulit dan rambut. Penggunaan air mawar sebagai hair mist dapat memberi hidrasi pada rambut agar rambut tampak sehat. Selain itu, menyemprotkan air mawar pada kulit kepala dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala yang menyebabkan rambut lepek.

5. Bahan Tambahan untuk Masker Wajah

Masker wajah tersedia dalam berbagai bentuk, seperti bubuk, krim, tanah liat, atau lembaran kertas. Pada masker wajah berbentuk bubuk, krim, dan tanah liat air mawar dapat dijadikan campuran sebelum mengaplikasikan pada wajah. Pada sheet mask atau lembaran masker wajah, air mawar dapat di semprot terlebih dahulu sebelum menggunakan sheet mask. Kandungan yang baik pada air mawar cocok untuk dijadikan tambahan pada berbagai jenis masker wajah untuk memberi hasil optimal.

Air mawar adalah salah satu bahan paling sederhana dalam produk perawatan kulit. Kandungannya yang baik dapat memberi beragam manfaat pada kesehatan kulit. Sahabat Fimela tertarik untuk mencoba?

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading