Sukses

Beauty

5 Cara Pakai Micellar Water yang Benar agar Wajah Bersih Maksimal dan Terhindar dari Jerawat

Fimela.com, Jakarta Micellar water merupakan salah satu skincare yang disukai banyak orang. Berbahan dasar air, sedikit glisern, dan konsentrasi surfaktan ringan, produk ini mampu mengangkat kotoran dengan mudah hanya dalam beberapa gesekan.

Karena penggunaan micellar water yang begitu simple, maka tak heran membuat produk ini banyak diminati. Namun, meski terkesan sederhana dan praktis, tidak jarang masih banyak orang yang keliru dalam mengaplikasikan micellar water.

Pengaplikasian micellar water yang tidak tepat ini justru dapat menimbulkan kerusakan pada kulit. Lantas, bagaimana cara menggunakan micellar water yang benar? Yuk, simak selengkapnya berikut ini, Sahabat Fimela!

 

1. Perhatikan Kandungan Micellar Water

Sebelum membeli micellar water, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu setiap kandungan micellar water yang ada di dalamnya. Sebab, tidak semua micellar water memiliki kandungan yang sama meski utamanya berbahan dasar air.

Dalam hal ini, Simone Sydel, Ahli Kecantikan Berlisensi menyarankan untuk membeli micellar water yang mengandung bahan keras seperti alkohol dan witch hazel.

“Ini adalah bahan-bahan yang sering ditemukan dalam air misel yang dipasarkan untuk kulit berminyak dan berjerawat, tetapi, pada kenyataannya, ini hanya akan mengeringkan dan mengeringkan kulit Anda dan memicunya untuk memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekeringan,”  kata Sydel,  dikutip dari The Skin Care Culture.

2. Gunakan untuk Menghapus Makeup

Cukup kocok botol dan tuangkan sedikit air misel Anda ke kapas atau bola. Ratakan kapas dengan lembut di kulit wajah.

Melansir Everyday Health, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2017, tidak seperti pembersih yang lebih agresif, micellar water sangat baik digunakan untuk menghilangkan kotoran permukaan, minyak, dan riasan tanpa mengurangi penghalang kulit.

3. Gunakan untuk Menghapus Kotoran dan Sunscreen di Kulit Wajah

Walaupun kamu tidak menggunakan makeup, kulit wajah tetap perlu dibersihkan dengan micellar water terlebih dahulu. Sebab, paparan polusi, debu, dan kotoran yang terbawa di udara, serta sunscreen yang tidak dibersihkan dengan benar bisa menjadi awal dari segala masalah kulit kamu, salah satunya jerawat.

“Hal yang sama berlaku untuk membersihkan wajah Anda di antara aplikasi tabir surya, yang berguna untuk memastikan beberapa lapisan tabir surya tidak menyumbat pori-pori Anda saat mereka menghalangi sinar matahari,” ujar  Tien Nguyen selaku dokter kulit di MemorialCare Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California.

4. Gosok Secara Lembut

Untuk menghapus makeup secara efektif dengan menggunakan micellar water, kamu hanya perlu menggosok kapas ke wajah dengan lembut. Kebanyakan orang menggosok kapas ke kulit wajah dengan kuat untuk menghapus makeup secara menyeluruh, padahal ini bisa membuat kulit wajah menjadi iritasi hingga muncul tanda-tanda penuaan dini.

“Tidak hanya gesekan, tarikan, dan tarikan yang merusak dan mengiritasi kulit dalam jangka pendek, tetapi gerakan yang kuat ini juga dapat menyebabkan hilangnya kolagen dini dan tanda-tanda penuaan dini, termasuk kulit kendur,” ujar Sydel.

5. Mencuci Wajah dengan Facial Wash

Walaupun micellar water berfungsi sebagai pembersih wajah, bukan berarti kamu tidak mencuci wajah lagi dengan facial wash. Sebab, micellar water merupakan water-based facial cleanser yang digunakan sebagai langkah pertama dalam double cleansing. Karena itu, membersihkan wajah dengan menggunakan micellar water saja tidak cukup.

 “Micellar water tidak sama dengan air biasa, dan pada kenyataannya, mereka meninggalkan residu pada kulit. Dalam residu ini, mungkin juga ada sisa-sisa riasan, kotoran, dan minyak yang tidak bisa dibersihkan oleh micellar water,” kata Sydel.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading