Sukses

Beauty

5 Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian wanita, memiliki rambut berwarna merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Namun, perawatan yang dilakukan pada rambut yang masih virgin dan berwarna tentu berbeda karena rambut berwarna membutuhkan perawatan khusus agar warnanya tidak memudar dan kering.

Dilansir dari tlabprofessional.com berikut 5 tips untuk merawat rambut berwarna agar lebih tahan lama.

1. Perhatikan Sampo yang Digunakan

Bagi sahabat Fimela yang baru saja mewarnai rambut, pastikan untuk tidak langsung keramas setelah meninggalkan salon. Sebaliknya, patuhi aturan keramas dengan mencuci rambut 4 hari setelah diwarnai agar warnanya lebih tahan lama dan mencegah rambut dari kerusakan.

Tak hanya itu, sahabat Fimela juga harus memerhatikan sampo yang digunakan. Oleh karena itu, pilihlah sampo yang dapat melindungi warna rambut agar lebih tahan lama dan menjaga kesehatan rambut setelah melakukan perawatan.

Salah satu sampo yang dapat digunakan adalah purple shampoo yang dapat membantu agar warna rambut lebih tahan lama. Setelah menggunakan sampo, bilaslah rambut dengan air dingin. Pastikan untuk tidak menggunakan air panas karena dapat membuat warna rambut jadi cepat luntur.

 

2. Jangan Lewatkan Kondisioner

Rambut yang diwarnai biasanya sangat mudah sekali untuk kering dan kusam, hal ini menandakan bahwa rambut kurang kelembapan. Oleh karena itu, untuk mengembalikan kelembapan rambut setelah diwarnai adalah dengan menggunakan kondisioner saat keramas.

Sahabat Fimela dapat menggunakan kondisioner yang dirancang khusus untuk rambut berwarna agar warna lebih tahan lama dan membuat rambut berkilau. Jangan lupa gunakan kondisioner pada ujung rambut karena daerah tersebutlah yang paling butuh perawatan ekstra.

Kondisioner yang baik untuk rambut berwarna adalah kondisioner yang mengandung minyak organik, ekstrak delima, dan sutra terhidrolisis yang dapat mengunci warna rambut agar lebih tahan lama dan terlihat stunning!

3. Perawatan Rambut Wajib

Menggunakan sampo dan kondisioner saja tidak cukup untuk merawat rambut yang berwarna. Maka dari itu, sahabat Fimela perlu rangkaian rutinitas mingguan perawatan rambut jika ingin mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau setelah pewarnaan.

Gunakan hair mask, hair vitamin, dan hair serum untuk menutrisi rambut agar tetap sehat dan mudah diatur. Hal ini wajib untuk dilakukan setiap minggu karena rambut yang diwarnai cenderung lebih mudah kusut dan susah diatur. Selain itu, sahabat Fimela dapat menggunakan kondisioner tanpa bilas yang dapat melindungi warna rambut dan melindunginya dari kekeringan. 

 

 

4. Jangan Lupakan Hair Protect

Memiliki rambut yang berwarna membuat kebanyakan wanita senang untuk melakukan styling pada rambut. Oleh karena itu, sebelum menggunakan catokan atau alat apapun untuk styling rambut pastikan bahwa sahabat Fimela telah menggunakan hair protect untuk melindungi rambut dari panas dan kerusakan.

Untuk itu, pilihlah pelindung rambut yang memiliki kandungan jojoba oil, plant keratin, dan silk protein yang mencegah rambut dari UV dan kerusakan. Tak hanya itu, kandungan ini mampu memelihara dan memperbaiki struktur rambut yang rusak. Pastikan juga sahabat Fimela mengaplikasikan hair protect sebelum menggunakan hair dryer yang dapat membuat rambut menjadi kering dan tidak ternutrisi.

5. Rutinitas Merawat Rambut

Tips terakhir yang dapat dicoba oleh sahabat Fimela adalah dengan rutin memotong rambut setiap dua bulan sekali untuk mengurangi rambut yang mudah patah dan bercabang. Hal ini dilakukan karena rambut yang mudah patah dan bercabang cenderung dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada rambut.

Selain itu, pastikan untuk tidak sering mewarnai rambut karena dapat membuat rambut kering dan mudah rusak. Sebagai gantinya sahabat Fimela harus rutin untuk melakukan perawatan rambut agar warnanya menjadi lebih tahan lama, serta membuat rambut semakin sehat dan mudah diatur.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading