Sukses

Beauty

Pemula di Dunia Makeup Wajib Tahu, Inilah Perbedaan Bronzer dan Contour

Fimela.com, Jakarta Makeup sudah menjadi salah satu hal yang penting untuk perempuan. Selain dapat membuat tampilan wajah menjadi lebih cantik, fresh, dan menarik, makeup juga bisa meningkatakan kepercayaan diri. Tak heran banyak para perempuan yang rela menyisihkan waktunya untuk merias wajah menggunakan berbagai produk makeup.

Diantara banyaknya produk makeup yang digunakan untuk merias wajah, bagi para pemula di dunia permakeupan pasti pernah mengalami kebingungan dan kerap salah mengartikan fungsi dari suatu produk makeup dan bagaimana cara memakainya. Pasalnya banyak produk makeup yang serupa tapi memiliki fungsi dan cara pakai yang tak sama. Seperti halnya bronzer dan contour. Sekilas bronzer dan contour memiliki bentuk yang sama, namun sebenarnya keduanya memiliki banyak perbedaan.

Bagi kamu, sahabat fimela yang masih baru di dunia permakeupan dan masih bingung apa saja perbedaan antara bronzer dan contour, kamu bisa cari tahu jawabannya dibawah ini.

Fungsi Bronzer dan Contour

Meski memiliki bentuk yang hampir sama ternyata bronxer dan contour memiliki fungsi yang berbeda. Bronzer digunakan untuk menambahkan kesan hangat pada wajah. Bronzer digunakan untuk memberikan effect tan pada wajah seperti terkena paparan sinar matahari. Dengan menggunakan bronzer kulit wajah akan terlihat lebih eksotis. Selain itu bronzer juga dapat digunakan untuk tone down warna foundation atau bedak yang keputihan.

Sedangkan contour memilki fungsi untuk memberi dimensi dan menegaskan bayangan pada wajah. Contour berfungsi menutupi bagian pada wajah yang tidak ingin ditonjolkan. Contour membantu membentuk dan mendefinisikan kembali struktur wajah seseorang. Warna gelap pada contour dapat memberikan ilusi wajah lebih tirus, hidung lebih mancung, dan dahi terlihat lebih sempit.

Area pengaplikasian Bronzer dan Contour

Dliansir dari laman Byrdie bronzer sebaiknya diaplikasikan secara tipis diseluruh area wajah yang biasanya memantulkan cahaya matahari secara alami seperti pelipis, pipi, hidung, dan dagu. Selain itu kamu juga dapat mengaplikasikan bronzer pada leher untuk mencegah tampilan warna leher yang lebih terang daripada warna wajah.

Dilansir dari laman Teen Vogue contour diaplikaskan di beberapa area wajah meliputi area di bawah garis rahang, sisi pelipis, dan lekukan tulang pipi. Sisi hidung dan garis rambut juga merupakan area yang terkadang menjadi tempat diaplikasikannya contour.

Formula Bronzer dan Contour

Bronzer dan contour sama sama tersedia dalam berbagai bentuk. Bronzer biasanya tersedia dalam bentuk powder, krim ataupun liquid dan cenderung memiliki efek shimmer atau glowy dalam memberikan rona hangat pada kulit. Sedangkan contour biasanya berbentuk krim atau powder yang memiliki hasil akhir matte untuk menegaskan banyangan pada wajah.

Itulah perbedaan antara bronzer dan contour. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat khususnya bagi sahabat fimela yang baru di dunia permakeupan.

 

Penulis: Diah Ayu V.

What's On Fimela
Loading