Sukses

Beauty

6 Tips Memilih Sunblock untuk Kulit Berminyak

Fimela.com, Jakarta Menjaga kulit dari paparan sinar matahari merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang, apabila kulit terpapar sinar matahari dapat menyebabkan masalah kuit seperti kulit kusam, iritasi, noda hitam, kering, hingga kanker kulit. Hal tersebut tentu sangat mengganggu, sehingga dibutuhkan sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Dilansir dari nbcnews.com menurut Centers for Disease Control, kanker kulit adalah penyakit paling umum yang sering terjadi di Amerika Serikut. Penyakit ini seringkali disebabkan oleh paparan sinar matahari, serta tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan hiperpigmentasi.

Meski dinilai penting, seringkali wanita yang memiliki jenis kulit berminyak enggan menggunakan sunblock karena dapat membuat kulit semakin terlihat berminyak. Oleh karena itu, terkadang pemiliki kulit berminyak menghindari penggunaan sunblock. Saat ini terdapat dua tabir surya yang sering digunakan oleh beauty enthusiast, yaitu sunblock dan sunscreen.

Perbedaan sunblock dan sunscreen

Sunblock dan sunscreen merupakan tabir surya pelindung kulit yang seringkali digunakan oleh setiap orang. Serupa tapi tak sama keduanya memiliki fungsi yang sama untuk melindungi kulit.

Dikutip dari verywellhealth.com sunscreen merupakan tabir surya yang dapat menyaring sianr UV matahari, sehingga membuat sebagian kulit terlindungi dari paparan sinar matahari namun di sisi lain membiarkan beberapa sinar matahari masuk ke kulit. Sunscreen sering kali disebut sebagai tabir surya kimia. 

Sedangkan sunblock merupakan tabir surya yang dapat menghalangi paparan sinar matahari menembus kulit, adapun cara kerjanya adalah dengan memantulkan kembali sinar tersebut dan sunblock seringkali disebut sebagai tabir surya fisik.

Jenis kulit bukanlah penghalang untuk selalu menggunakan sunblock, terutama bagi sahabat Fimela yang memiliki jenis kulit berminyak. Saat ini sudah banyak sunblock yang disesuaikan dengan jenis kulit. Apabila sahabat Fimela masih bingung cara memilih sunblock untuk kulit berminyak, berikut 6 tips yang dapat dicoba dikutip dari beautifullifestyleonline.com.

Non-comedogenic

Sebelum membeli sunblock pastikan sahabat Fimela memerhatikan istilah non-comedogenic yang berarti bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan iritasi, jerawat, atau noda pada kulit. Selain itu, sahabat Fimela perlu memilih produk sunblock yang bebas minyak dalam penggunaan sehari-hari agar minyak tidak semakin menumpuk di wajah.

2. Pilih Sunblock dengan SPF 30 atau Lebih Tinggi

Sun Protection Factor atau biasa dikenal dengan SPF merupakan cara mengukur perlindungan dari sinar UVB. Oleh karena itu, sahabat Fimela harus memilih produk sunblock dengan SPF yang tinggi agar semakin terlindungi dari paparan sinar matahari.

Selain itu, sunblock dapat memantulkan sinar UV ketika mengenai kulit, maka carilah sunblock yang dapat menempel dengan baik di kulit serta yang tidak meninggalkan white cast ketika diaplikasikan ke wajah.

3. Perlindungan Spektrum Luas

Sebagai pemilik jenis kulit kering, pastikan sahabat Fimela memilih sunblock yang memiliki spektrum luas karena dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA adalah sinar yang dapat membuat kulit menua, paparan sinar UVA yang berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit.

Sementara, sinar UVB adalah sinar yang dapat membakar kulit. Oleh karena itu pilihlah produk yang dapat menghalangi kulit dari sinar UVA dan UVB.

4. Pilih Produk Bertekstur Gel, Cairan dan Semprotan

Kulit berminyak cenderung lebih menyerap produk sunblock bertekstur gel, cairan dan semprotan dibandingkan lotion dan krim. Hal tersebut terjadi karena sunblock khusus kulit berminyak sangat ringan sehingga menyerap sempurna di kulit. Selain itu, sunblock bertekstur cair tidak menyebabkan kulit berjerawat seperti lotion dan krim.

5. Hindari PABA atau Oxybenzone

Jauhi sunblock yang mengandung PABA atau Oxybenzone karena cenderung mengiritasi kulit. Pilih sunblock yang mengandung sedikit alkohol karena cenderung tidak memperparah kondisi kulit.

6. Gunakan Sunblock Kontrol Minyak

Sunblock yang dapat mengontrol minyak dibuat khusus untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat. Oleh karena itu, pastikan sahabat Fimela memilih sunblock sesuai dengn jenis kulit dan jangan sampai dibutakan oleh harga atau labelnya.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading