Sukses

Beauty

10 Kesalahan yang Membuat Foundationmu Terlihat Cakey

Fimela.com, Jakarta Makeup menjadi salah satu hal yang penting bagi kaum hawa. Makeup membuat tampilan menjadi lebih menarik dan cantik. Makeup juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Oleh karena itu banyak kaum hawa yang rela menyisihkan uangnya untuk membeli makeup dan menyisihkan waktunya untuk merias wajah mereka sebelum memulai aktivitasnya.

Salah satu produk makeup yang penting dalam merias wajah adalah foundation. Foundation dapat menyamarkan kekurangan-kekurangan pada kulit wajah seperti bitnik hitam dan bekas luka. Namun penggunaan foundation ini cukup tricky. Jika tidak benar dalam mengaplikasikan foundation maka riasan akan terlihat kurang menarik dan cakey.

Agar tampilan foundationmu terlihat flawless dan anti cakey kamu bisa menghindari beberapa kesalahan berikut ini.

1. Tidak Melakukan Eksfoliasi

Rutin melakukan eksfoliasi tidak hanya berguna untuk merawat kesehatan kulitmu saja tapi juga merupakan suatu hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir tampilan foundation yang cakey. Eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati. Jika tidak melakukan eksfoliasi, maka sel kulit mati akan menumpuk dan membuat foundationmu terlihat cakey. Oleh sebab itu kamu harus rutin melakukan eksfoliasi agar kulitmu tetap sehat dan foundation yang kamu aplikasikan terlihat halus.

2. Tidak Melakukan Skin Prep

Melakukan skin prep menggunakan produk skincare pebting untuk kamu lakukan sebelum memoleskan makeup pada wajah. Kamu harus memastikan kondisi kulitmu cukup lembap saat akan menggunakan makeup terutama saat akan menggunakan foundation. Karena foundation akan lebih mudah saat kulitmu lembap. Saat kulitmu lembap foundation akan lebih mudah menempel dan hasilnya akan lebih flawless. Untuk itu jangan lupa untuk menggunakan skincaremu fovoritemu sebelum menggunakan makeup. Kamu bisa menggunakan moisturizer sebelum mengaplikasikan makeup.

3. Tidak Menggunakan Primer dengan Benar

Kesalahan yang dapat membuat foundationmu terlihat cakey selanjutnya adalah tidak menggunakan primer dengan benar. Sebelum menggunakan foundation kamu harus menggunakan primer terlebih dahulu. Primer berfungsi untuk menyamarkan pori-pori di kulit agar foundationmu terlihat lebih flawless. Selain itu primer juga berfungsi agar foundation dapat tahan lama.  Ketika mengggunakan primer pastikan primermu meresap dengan sempurna sebelum kamu menimpanya menggunakan foundationmu

4. Menggunakan Shade yang Salah

Agar foundationmu tidak cakey hal yang harus kamu hindari adalah menggunakan shade foundation yang tidak sesuai dengan warna kulitmu. Menggunakan shade yang salah akan membuat tampilan foundationmu menjadi kurang natural dan terkesan kurang menyatu pada kulit. Untuk itu pastikan sebelum kamu membeli foundation kamu harus coba dulu agar shade foundationmu tepat. Kamu juga harus tahu undertone dan skintonemu agar kamu bisa lebih mudah saat memilih foundation.

5. Menggunakan Formula Foundation yang Salah

Selain undertone dan skintone yang perlu kamu ketahui untuk memilih foundation yang tepat adalah tipe kulitmu. Cari tahu tipe kulitmu apakah kulitmu tipe yang berminyak, normal, kering, atau kombinasi. Untuk kamu pemilik tipe kulit berminyak ada baiknya kamu memilih foundation dengan formula matte finish agar makeup tidak mudah luntur. Untuk kamu pemilik kulit kering kamu bisa memilih foundation dengan formula dewy finish yang tidak membuat kulitmu tambah kering dan membuat foundationmu terlihat glowing alami di atas kulit keringmu. Untuk kamu yang memiliki kulit normal dan kombinasi kamu bisa memilih foundation dengan formula satin finish. Formula satin finish ini berda ditengah tengan mate finish dan dewy finish. Formulanya tidak terlalu matte seperti foundation matte finish dan masih memiliki glowy efek namun tidak seintens foundation dengan dewy finish.

6. Kamu Menggunakan Terlalu Banyak Foundation

Agar makeupmu terlihat flawess dan terkesan natural gunakanlah foundation secukupnya. Jangan menggunakan foundation terlalu banyak karena akan membuat makeupmu terkesan lebih tebal dan menyatu dengan kulit.

7. Tidak Menggunakan Aplikator yang Sesuai

Kesalahan selanjutnya dalam menggunakan foundation dan menjadikannya terlihat cakey adalah menggunakan aplikator yang tidak sesuai. Memoleskan foundation menggunakan jari tangan memang lebih simpel dan praktis. Tapi cara ini sebaiknya kamu hindari karena saat mengoleskan foundation dengan jari tanganmu akan menghasilkan garis-garis halus yang membuat tampilan foundationmu jadi kurang flawless. Sebaiknya kamu menggunakan brush khusus foundation saat mengaplikasikan foundation ke kulit wajahmu. Kamu juga bisa menggunakan beauty blender saat mengaplikasikan foundationmu ke kulit wajahmu. Aplikasikan foundation secara merata sambil di tap-tap agar hasilnya lebih natural.

8. Foundation yang Kamu Gunakan Tidak Sesuai dengan Aktivitasmu

Memilih foundation yang sesuai dengan aktivitasmu juga cukup penting. Jika kamu berada di luar ruangan dan melakukan banyak aktivitas fisik kamu bisa memilih foundation dengan memiliki coverage yang tinggi serta memilki formula long lasting agar tidak cepat luntur. Jika kamu beraktivitas di dalam ruangan yang ber-AC kamu bisa memilih foundation yang mengandung moisturizer agar kulitmu tidak kering.

9. Tidak Mengunci Foundation dengan Bedak

Hal penting yang tidak boleh kamu lupakan setelah memoleskan foundationmu secara merata pada kulit wajah adalah tidak mengunci foundationmu menggunakan translucent powder. Mengunci foundationmu dengan translucent powder dapat membuat foundationmu lebih tahan lama dan tampilannya terlihat lebih flawless.

10. Melewatkan Setting Spray untuk Finishing

Selain menggunakan translucent powder untuk mengunci foundation agar lebih tahan lama dan terlihat flawless kamu sebaiknya juga menggunakan setting spray saat kamu sudah menyelesaikan riasanmu. Menggunakan setting spray di akhir proses merias wajah akan membuat makeupmu khususnya foundationmu terlihat lebih membaur dengan kulit sehingga terlihat flawless dan tidak cakey. Selain itu setting spray juga membuat makeupmu tahan lebih lama.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan apa saja kesalahan saat menggunakan foundation. Agar foundationmu terlihat flawless dan anti cakey kamu bisa hindari kesalahan-kesalahan diatas ya sahabat Fimela. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untukmu.

 

Penulis: Diah Ayu V. 

 

 

What's On Fimela
Loading