Sukses

Beauty

Tips Melindungi Rambut Panjang dari Kusut dan Rontok Saat Tidur di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Punya rambut panjang yang terlihat sehat memang nggak bisa diperoleh secara instan. Kamu perlu melakukan perawatan secara teratur untuk mewujudkan setiap helai rambut yang halus, sehat, dan bebas rontok. Nggak hanya saat beraktivitas saja, perawatan juga perlu dilakukan saat malam hari yang bertujuan melindungi rambut selama tidur, lho.

Sering mengalami dilema rambut panjang yang tampak kusut dan rontok saat bangun tidur di pagi hari? Saatnya lindungi rambut panjangmu di malam hari dengan beberapa tips ini, Sahabat Fimela!

Sisir Rambut Sebelum Tidur

Salah satu rules untuk menjaga rambut agar tidak kusut adalah memastikan untuk menyisir rambut sebelum tidur. Hal ini penting untuk mengurai kekusutan rambut yang bisa semakin parah jika dibiarkan hingga pagi hari.

Jangan lupa untuk memilih jenis sisir yang tepat sesuai dengan jenis rambut. Jika memiliki tipe rambut lurus, sisir bergigi rapat bisa membantu mengurai helai rambut yang kusut. Namun, jika jenis rambutmu adalah bergelombang atau keriting, pilih sisir dengan gigi jarang.

Gunakan Serum Rambut

Sama seperti kulit, rambut juga memerlukan perawatan yang tepat untuk menjaganya tetap lembap di malam hari. Hal ini penting, karena kondisi rambut yang kering akan membuatnya mudah rapuh saat bergesekan dengan bantal yang kemudian memicu kondisi pecah-pecah hingga bercabang.

Jadi, pastikan lindungi rambut dengan serum khusus mulai dari bagian tengah hingga ujungnya. Bisa juga memanfaatkan minyak essensial seperti Argan Oil atau Almond Oil yang juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, gunakan minyak ini secukupnya saja agar tidak menyebabkan rambut jadi semakin berminyak di pagi hari.

Ganti Sarung Bantal dengan Bahan Satin atau Sutera

Ternyata penggunaan sarung bantal yang digunakan demi menjaga kesehatan rambut nggak boleh sembarangan. Pastikan memilih sarung bantal yang lembut untuk mencegah rambut bergesekan yang menyebabkan frizzy hingga bercabang.

Disarankan untuk menggunakan sarung bantal berbahan satin atau sutera yang lebih lembut, sehingga meminimalisir rambut rusak. Selain baik untuk rambut, tipe bahan ini juga disarankan untuk menjaga kecantikan karena dapat meminimalisir kerutan saat bergesekan atau terkena kulit wajah.

Ikat atau Kepang Rambut

Bagi pemilik rambut panjang, salah satu cara untuk mencegah rambut kusut dan rontok saat tidur adalah dengan cara mengikat atau mengepang rambut, lho. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kesehatan rambut yang dimiliki.

Bagi pemilik rambut lurus, mengikat rambut saat tidur bisa jadi pilihan untuk mencegah rambut kusut dan 'rambut singa' saat bangun tidur. Namun, pastikan pilih karet rambut yang lembut seperti scrunchies dan hindari ikatan yang terlalu rapat. Sementara itu, bagi pemilik rambut keriting, mengepang rambut bisa jadi pilihan untuk mencegah rambut kusut.

Ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melindungi rambut panjang agar tetap sehat selama tidur. Perhatikan beberapa tips di atas demi rambut sehat impianmu, Sahabat Dream!  

What's On Fimela
Loading